PERAN PROMOSI SEBAGAI UPAYA DALAM MENINGKATKAN JUMLAH KUNJUNGAN WISATAWAN (Studi Wisata pada Singapore Waterpark Desa Karangsari, Kecamatan Rejotangan)

Authors

  • Sela Indah Setiyawati Universitas Bhinneka PGRI
  • Hari Subiyantoro Universitas Bhinneka PGRI

DOI:

https://doi.org/10.55681/economina.v2i9.816

Keywords:

Meningkatkan Kunjungan Wisatawan, Peran Promosi, Singapore Waterpark

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui upaya pengelola dalam meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan dan untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat upaya promosi dalam meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan Singapore Waterpark Desa Karangsari, Kecamatan Rejotangan. Metode penelitian yang digunakan dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif, pengumpulan datanya  melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan upaya promosi oleh pengelola dalam meningkatkan jumlah kunjungan yakni: pemberian potongan harga, pemasaran secara online dan bekerjasama dengan instansi sekolah. Sedangkan faktor pendorong upaya promosi di Singapore Waterpark antara lain: media sosial, banyaknya sekolah-sekolah di Kabupaten Tulungagung, Pola hidup masyarakat yang membutuhkan rekreasi dan legalitas pendirian wisata. Selain itu, yang mnejadi faktor penghambat upaya promosi antara lain: cuaca, fasilitas, dan tidak semua masyarakat memiliki media sosial.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Pitana, I. G., & Diarta, I. K. S. (2009). Pengantar Ilmu Pariwisata (S. F. Suyantoro (ed.)). C.V ANDI OFFSET.

Putri, R. D., Ardiansyah, A., & Arief, A. (2019). Identifikasi Potensi Pengembangan Objek Wisata Alam Danau Picung Ditinjau Dari Aspek Produk Wisata Di Muara Aman Provinsi Bengkulu. NALARs, 18(2), 93. https://doi.org/10.24853/nalars.18.2.93-98

Rangkuti, F. (2009). Strategi Promosi yang Kreatif dan Analisis Kasus Integrated Marketing Communication. PT Gramedia Pustaka Utama.

Saniati, S., Assuja, M. A., Neneng, N., Puspaningrum, A. S., & Sari, D. R. (2022). Implementasi E-Tourism sebagai Upaya Peningkatan Kegiatan Promosi Pariwisata. International Journal of Community Service Learning, 6(2), 203–212. https://doi.org/10.23887/ijcsl.v6i2.45559

Sriwijaya. (2019). BAB II Tinjauan Pustaka BAB II Pariwisata. Gastronomía Ecuatoriana y Turismo Local., 1(69), 5–24.

Yoeti, O. A. (2015). Pengantar Ilmu Pariwisata. ANGKASA.

Downloads

Published

2023-09-06

How to Cite

Setiyawati, S. I., & Subiyantoro, H. (2023). PERAN PROMOSI SEBAGAI UPAYA DALAM MENINGKATKAN JUMLAH KUNJUNGAN WISATAWAN (Studi Wisata pada Singapore Waterpark Desa Karangsari, Kecamatan Rejotangan). JURNAL ECONOMINA, 2(9), 2361–2374. https://doi.org/10.55681/economina.v2i9.816