PENGARUH GAYA HIDUP HEDONIS DAN MEDIA SOSIAL TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN EKONOMI SEMESTER IV, VI DAN VIII UNIVERSITAS BHINNEKA PGRI TULUNGAGUNG TAHUN AKADEMIK 2022/2023

Authors

  • Ayu Nuro’im Universitas Bhinneka PGRI
  • Muhammad Anasrulloh Universitas Bhinneka PGRI

DOI:

https://doi.org/10.55681/economina.v2i9.811

Keywords:

Gaya Hidup Hedonis, Media Sosial, Perilaku Konsumtif

Abstract

Perilaku konsumtif mengakibatkan seseorang merasa senang, dan puas serta hidup mewah yang umumnya sering dialami oleh generasi remaja. Hal ini dapat diakibatkan salah satunya dengan adanya perkembangan teknologi yang semakin masif. Penelitian ini bertujuan untuk ntuk mengetahui pengaruh gaya hidup hedonis terhadap perilaku konsumtif, pengaruh media sosial terhadap perilaku konsumtif, pengaruh gaya hidup hedonis dan media sosial terhadap perilaku konsumtif mahasiswa program studi pendidikan ekonomi semester IV, VI, dan VIII Universitas Bhinneka PGRI Tulungagung tahun akademik 2022/2023. Penelitian ini berjenis non eksperimen dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini adalah 72 mahasiswa. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik yang terdiri dari uji normalitas, uji multikolnearitas, uji heteroskedasitas, uji hipotesis  dengan uji t, dan uji f, serta koefisien determinasi.. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa  gaya hidup hedonis memiiki pengaruh secara signifikan terhadap perilaku konsumtif mahasiswa, media sosial memiliki pengaruh signifikan terhadap perilaku konsumtif mahasiswa,  gaya hidup hedonis dan media sosial secara simultan memiliki pengaruh signifikan terhadap perilaku konsumtif mahasiswa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anggraeni, E., & Setiaji, K. (2018). Pengaruh Media Sosial dan Status Sosial Ekonomi Orang Tua Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa. Economic Education Analysis Journal, 7(1), 172–180.

Aplaha, & Zakiroh, S. D. (2021). Pengaruh Gaya Hidup Hedonis Terhadap Perilaku Konsumtif Pada Siswa SMP Negeri 5. 7(2), 59–67.

Egita, S., & Dwiridotjahjono, J. (2021). Pengaruh Iklan, Konformitas dan Gaya Hidup Hedonis Terhadap Perilaku Konsumtif Pengguna E-Comerce Shopee di Kota Mojokerto. Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Bisnis, 14(1), 26–39.

Farasyi, fikri al, & Iswati, H. (2021). Pengaruh Media Sosial, E-Lifestyle dan Budaya Digital Terhadap Perilaku Konsumtif. 3(11), 2356–2371.

Ghozali. (2016). Desain Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif (edisi 1). Yoga Pratama.

Khairat, M., Yuliana, S., & Yusri, nur ’aisyiah. (2018). Hubungan Gaya Hidup Hedonis Dengan Perilaku Konsumtif Pada Mahasiswi. Jurnal Psikologi Islam, 9(2), 130–139.

Lindratno, N. E. N., & Anasrulloh, M. (2022). PENGARUH GAYA HIDUP DAN PENGENDALIAN DIRI TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF MASYARAKAT TULUNGAGUNG (Studi Kasus Pada Rumah Putih Coffee House). Jurnal Economina, 1(2), 272–284. https://doi.org/10.55681/economina.v1i2.43

Mustomi, D., & Puspasari, A. (2020). Pengaruh Media Sosial Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa The Influence of Sosial Media on Consumtive Behavior of Students. 4(1), 133–147.

Sa’idah, F., & Fitrayati, D. (2022). Analisis Pengaruh Literasi Ekonomi dan Gaya Hidup Hedonis Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa di Era Pandemi Covid-19. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 9(3), 467–475.

Sari, rini kartika, & Subaida, I. (2019). Pengaruh Media Sosial Terhadap Perilaku Konsumtif Online Shopping Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Abdurachman Saleh Situbondo The Effects of Social Media on Consumtive Online Shopping Behavior of the Students of Faculty of Economics at Univers. 3(1), 38–51.

Susilowati, Zain, R., Majdi, M. Z., & Hesti, J. (2022). Pengaruh Media Sosial Dan Status Sosial Ekonomi Orang Tua Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi Universitas Hamzanwadi. Jurnal Pendidikan Ekonomi Dan Kewirausahaan, 6(1), 186–199. https://doi.org/10.29408/jpek.v6i1.5715

Downloads

Published

2023-09-06

How to Cite

Nuro’im, A., & Anasrulloh, M. (2023). PENGARUH GAYA HIDUP HEDONIS DAN MEDIA SOSIAL TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN EKONOMI SEMESTER IV, VI DAN VIII UNIVERSITAS BHINNEKA PGRI TULUNGAGUNG TAHUN AKADEMIK 2022/2023. JURNAL ECONOMINA, 2(9), 2294–2309. https://doi.org/10.55681/economina.v2i9.811