ANALISIS SWOT SEBAGAI STRATEGI MENINGKATKAN DAYA SAING PADA JASA TRANSPORTASI ONLINE AO RIDER KUPANG

Authors

  • Rudiyanto Sait Sanadji FKIP Undana
  • Jacob Abolladaka FKIP Undana

DOI:

https://doi.org/10.55681/economina.v1i2.77

Keywords:

Kekuatan, Kelemahan, Peluang, Ancaman

Abstract

Analisis SWOT Sebagai Strategi Meningkatkan  Daya Saing Pada Jasa Transportasi Online Ao Rider Kupang.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Bagaimana Analisis SWOT Sebagai Suatu Alternatif Strategi Perusahaan Dalam Meningkatkan Daya Saing Pada Jasa Transportasi Online Ao Rider Kupang.

Metode yang digunakan adalah deskriptif kualititatif. Sumber informasi penelitian ini adalah Manejer Ao Rider Kupang, karyawan serta driver.

Hasil penelitian Faktor internal PT. Ao Rider Kupang terdiri dari Kekuatan, meliputi: Hubungan yang baik dengan mitra kerja, pengantar barang, layanan shopping dan go-food, Driver mendapatkan santunan kesehatan dan kecelakaan, tidak terikat dengan kontrak kerja seperti pada perusahaan pada umumnya, Kemudahan pemesanan, Harga jasa terjangkau. Kelemahan, meliputi: Belum memiliki gedung kantor, Aplikasi hanya tersedia di Play Store, belum bisa melakukan pembayaran secara online. Faktor Eksternal PT. Ao Rider Kupang yang meliputi Peluang: Memiliki pasar yang potensial, Resmi beroperasi dibeberapa Kabupaten di NTT dan kota besar Indonesia, bermitra berpengalaman dan terpercaya, Kebutuhan masyarakat akan jasa transportasi yang semakin tinggi, pola perilaku dan selera konsumen yang semakin berkembang, Teknologi aplikasi online terus berkembang, Pekerjaan Ao Rider  dianggap lebih mengguntungkan Dan ancamanya, meliputi: Semakin banyak usaha yang sejenis, Persaingan tarif, Kegiatan promosi penawaran layanan, Para driver terkadang mendapat ancaman atau serangan dari transportasi konvensional.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Azis, Abdul Hafiz. 2017. Analisis SWOT Sebagai Strategi Meningkatkan Daya saing Pada Produk Fariz Fashion. Bandung: Universitas Telkom.

Diyanti, Yulihar. (2018). Analisis SWOT Sebagai Strategi Meningkatkan Daya Saing Usaha Tahu Di Desa Hajoran Kecamatan Sungai Kanan Kabupaten Labuhan Batu Selat. Islamic Economy Journal Faculty of Islamic Economy Development, Edisi 1 Februari- 1 Maret 2018

Hunger, J. David dan Thomas L. Wheelen. 2003. Manajemen Strategis.Yogyakarta: Penerbit Andi

Jayanti, Dewi. 2011. Analisis Swot Sebagai Strategi Meningkatkan Daya Saing Pada Hotel Cherry Pink Kh.Wahid Hasyim Medan. Medan: Universitas Sumatra Utara.

Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) Luar Jaringan (offline). 2016. Jakarta: Pusat Bahasa Kementerian Pendidikan Nasional.

Napitupulu, Franky. (2009). Analisis SWOT Dalam Meningkatkan Daya Saing Pada PT. Bussan Auto Finance Cabang Medan. Publikasi Ilmiah, Edisi 7 Januari-Juni 2009. Universitas Sumatera Utara

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 41 Tahun 2007

Putri, Paramitha Elysa. 2009. Analisis Swot Sebagai Strategi Meningkatkan Daya Saing Pada Bisnis Usaha Batik (Studi Kasus: Industri Batik SYN Surakarta). Surakarta: Universitas Muhammadiah Surakarya

Rangkuti, Freddy. 2000. Analisis SWOT Teknik Membedah Kasus Bisnis.Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Sugiono. 2017. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta

Sugiono, 2015. Metode Penelitian Kuamtitatif kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta

Sugiono, 2015. Metode penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta

Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945

Downloads

Published

2022-10-17

How to Cite

Sanadji, R. S., & Abolladaka, J. (2022). ANALISIS SWOT SEBAGAI STRATEGI MENINGKATKAN DAYA SAING PADA JASA TRANSPORTASI ONLINE AO RIDER KUPANG. JURNAL ECONOMINA, 1(2), 365–376. https://doi.org/10.55681/economina.v1i2.77