PERAN LABELISASI HALAL, HARGA DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN AI-CHA ICE CREAM & TEA SUMMARECON BEKASI

Authors

  • Roddiyah Cahyani Universitas Bhayangkara Jakarta Raya
  • Andrian Universitas Bhayangkara Jakarta Raya
  • Franciscus Dwikotjo Sri Sumantyo Universitas Bhayangkara Jakarta Raya

DOI:

https://doi.org/10.55681/economina.v2i9.747

Keywords:

Harga, Kualitas Produk, Labelisasi Halal, Minat Beli

Abstract

Penelitian ini digunakan untuk megukur peran labelisasi halal, harga dan kualitas produk terhadap minat beli konsumen Ai-Cha Ice Cream & Tea Summarecon Bekasi. Penelitian ini ialah penelitian kuantitatif yang melibatkan semua pelanggan yang melakukan pembelian Ai-Cha Ice Cream & Tea Summarecon Bekasi minimal 1-3 kali pembelian. Penelitian ini dilakukan dengan teknik sampel purposive sampling dan menggunakan rumus Hair untuk menentukan jumlah sampel penelitian. Besar sampel penelitian ini dipilih 190 responden sebagai sampel. Rancangan yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari pengujian hipotesis dengan menggunakan teknik analisis regresi liniear berganda dengan menggunakan tools aplikasi SPSS versi 26. Hasil penelitian ini memperjelas bahwa labelisasi halal secara parsial tidak berpengaruh signifikan terhadap minat beli. Harga secara parsial berpengaruh signifikan terhadap minat beli. Kualitas produk secara parsial berpengaruh signifikan terhadap minat beli. labelisasi halal, harga dan kualitas produk secara simultan berpengaruh signifikan terhadap minat beli.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amirullah. (2021). Prinsip-Prinsip Manajemen Pemasaran (D. W. M.M, ed.). Indomedia Pustaka.

Andrian. (2019). "Dampak Digital Marketing dan Ragam Produk Terhadap Minat Beli Konsumen pada Toko Online Shopee (Studi Kasus pada Mahasiswa Prodi Manajaemen Fakultas Ekonomi Universitas Bhayangkara Jakarta Raya Angkatan 2016)". Ekspektra: Jurnal Bisnis Dan Manajemen, 3 (1), 14–24.

Andrian, Narpati, B., & Nursal, F. (2020). "Pengaruh Turnover Intention dan Kepuasan Kerja Terhadap Produktivitas Kerja Sales Promotion Girl (SPG) Matahari Departmen Store - Bekasi". Business and Management Analysis, 3 (2), 174–188.

Fasha, A. F., Robi, M. R., & Windasari, S. (2022). "Determinasi Keputusan Pembelian Melalui Minat Beli: Brand Ambassador dan Brand Image (Literature Review Manajemen Pemasaran)". Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 3 (1), 30–42.

Ferdinand, A. (2006). Metode Penelitian Manajemen: Pedoman Penelitian untuk skripsi, Tesis dan Disertai Ilmu Manajemen. Semarang: Universitas Diponegoro.

Ghozali, I. (2016). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 23. Edisi 8. Badan Penerbit Universitas Di Ponegoro.

Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 25. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Halim, N. R., & Iskandar, D. A. (2019). "Pengaruh Kualitas Produk, Harga dan Persaingan Terhadap Minat Beli". Jurnal Riset Manajemen Dan Bisnis (JRMB) Fakultas Ekonomi UNIAT, 4 (3), 415–424.

Hidayat, R., & Resticha, D. (2019). "Analisisi Pengaruh Variasi Produk dan Labelisasi Halal Terhadap Kepuasan Konsumen Untuk Meningkatkan Minat Beli Ulang Pada Kosmetik Wardah Di Kota Batam)". Journal of Applied Business Administration, 3 (1), 40–52.

Iltiham, M. F., & Nizar, M. (2020). "Pengaruh Label Halal Majelis Ulama Indonesia (MUI), Harga pada Oleh-oleh Makanan Khas Pasuruan Terhadap Minat Beli dan Keputusan Pembelian". Malia: Jurnal Ekonomi Islam, 11 (2), 311–326.

Kotler, P., & Amstrong, G. (2009). Prinsip-Prisnsip Pemasaran. Jilid dua. Jakarta: Erlangga.

Limakrisna, N., & Purba, T. P. (2017). Manajemen Pemasaran Teori dan Aplikasi dalam Bisnis (2nd ed.). Penerbit Mitra Wacana Media.

Mowen, J., & Minor, M. (2012). Perilaku Konsumen Dialih Bahasakan oleh Dwi Kartika Yahya. Jakarta: Erlangga.

Mujid, A., & Andrian. (2021). "Strategi Citra Merek, Kualitas Pelayanan, Dan Harga Terhadap Minat Melanjutkan Sekolah". Jurnal Ilmiah Manajemen Ubhara, 3 (2), 66–76.

Muljani, N., & Koesworo, Y. (2019). "The Impact of Brand Image, Product Quality dan Price on Purchase Intention of Smartphone". International Journal of Research Culture Society, 3(1), 99–103.

Mundir, A., Nizar, M., Mustaqimah, A. R., & Faujiah, A. (2021). "Pengaruh Iklan, Brand Image dan Labelisasi Halal Terhadap Minat Beli Santriwati Pada Produk Kecantikan Kosmetik Wardah Menurut Presfpektif Ekonomi Islam Di Asrama I Pondok Pesantren Ngalah Purwosari Pasuruan". Jurnal Ekonomi Syariah, 8 (2), 1–28.

Nazarani, M. R., & Suparna, G. (2021). "The Effect of Luxury Brand, Brand Image, and Product Quality on Purchase Intention". American Journal of Humanities and Social Sciences Research (AJHSSR), 5(1), 290–295.

Paramita, A. (2022). Model Keputusan Pembelian Melalui Minat Beli Konsumen: Analisis Labelisasi Halal dan Kualitas Produk. Bekasi: UBHARA

Pratiwi, N. I., & Marlien, R. . (2022). "Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk dan Persepsi Harga Terhadap Co Branding Berdampak pada Niat Beli Pelanggan (Studi Pada Konsumen Cornetto Silverqueen di Kabupaten Grobogan)". YUME: Journal of Management, 5 (1), 51–66.

Sari, M. R., & Lestari, R. (2019). "Pengaruh Persepsi Harga, Kualitas Pelayanan dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Dan Dampaknya Pada Minat Pembelian Ulang Konsumen Kereta Api Kelas Eksekutif Argo Parahyangan". Jurnal Ilmu Manajemen, 15 (1), 30–44.

Setiawan, R. (2020). "Pengaruh Kualitas Produk dan Promosi Terhadap Minat Beli Yang Berdampak Pada Keputusan Pembelian Pada Pelanggan Aprilia Bakery". Jurnal Pemasaran Kompetitif, 3 (3), 59–65.

Setyaningsih, E. D., & Marwansyah, S. (2019). "The Effect of Halal Certification and Halal Awareness through Interest in Decisions on Buying Halal Food Products". Syiar Iqtishadi: Journal of Islamic Economics, Finance and Banking, 3(1), 65–79.

Sugiyono. (2006). Metode Penelitian Pendidikan, Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: ALFABETA.

Sunardi, P. N., Sari, P. R., & Cahyani, R. (2022). "Determinasi Keputusan Pembelian Melalui Minat Beli: Kualitas Produk dan Harga (Suatu Kajian Studi Literatur Manajemen Pemasaran)". Jurnal Ilmu Manajamen Terapan, 3(3), 302–315.

Tania, A. E., Hemawan, H., & Izzuddin, A. (2022). "Pengaruh Lokasi dan Harga Tehadap Minat Beli Konsumen". Jurnal Manajemen Sumber Daya Manusia, Administrasi Dan Pelayanan Publik, 9 (1), 75–84.

Tjiptono, F. (2008). Strategi Pemasaran. Edisi Ketiga. Yogyakarta: Andi Offset.

Umar, H. (2008). Desain Penelitan MSDM dan Perilaku Karyawan: Paradigma Positivistik dan Berbasis Pemecahan Masalah. Edisi I, Cetakan Pertama. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Wijaya, S. (2020). Pengaruh Citra Merek dan Kualitas Produk Terhadap Minat Beli Produk Smartphone Xiaomi (Studi Kasus Fakultas Ekonomi Angkatan 2015 Universitas Bhayangkara Jakarta Raya). Bekasi: UBHARA

Yanti, N. D., & Darwanto. (2021). "Analisis Pengaruh Labelisasi Halal dan Digital Selling Terhadap Minat Beli Kosmetik Halal". Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Islam, 5 (01), 1–22.

Downloads

Published

2023-09-06

How to Cite

Cahyani, R., Andrian, A., & Sumantyo, F. D. S. (2023). PERAN LABELISASI HALAL, HARGA DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN AI-CHA ICE CREAM & TEA SUMMARECON BEKASI. JURNAL ECONOMINA, 2(9), 2258–2273. https://doi.org/10.55681/economina.v2i9.747