PENGARUH CITRA MEREK DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PAKAIAN ELEVEN MARCH STORE KOTA PADANG

Authors

  • Aminar Sutra Dewi Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi KBP
  • Nanda Habiburahman Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi KBP

DOI:

https://doi.org/10.55681/economina.v2i5.543

Keywords:

Brand Image, Bukti Nyata, Daya Tanggap, Empati, Jaminan, Keputusan Pembelian, Kualitas Pelayanan, Reliabilitas

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji hubungan atau pengaruh antara brand image dan kualitas pelayanan terhadap keputusan pembelian pakaian di Eleven March Store di Kota Padang, oleh karena itu penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian eksplanasi. Dalam penelitian ini, penulis menjadikan orang-orang yang pernah berbelanja pakaian di Eleven March Store di kota Padang sebagai sampel penelitian, dan disesuaikan dengan kebutuhan data yang dibutuhkan dalam penelitian ini. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah non-probability sampling, yaitu teknik pengambilan sampel yang tidak memberikan kesempatan/kesempatan yang sama bagi setiap anggota populasi untuk dipilih sebagai sampel. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda. Hasil dari penelitian ini adalah terdapat pengaruh yang signifikan antara brand image terhadap pengaruh keputusan pembelian. Ada pengaruh yang signifikan antara bukti nyata pada keputusan pembelian. Ada pengaruh yang signifikan antara keandalan pada keputusan pembelian. Ada pengaruh yang signifikan antara responsivitas terhadap keputusan pembelian. Ada pengaruh yang signifikan antara jaminan pada keputusan pembelian. Ada pengaruh yang signifikan antara empati pada keputusan pembelian. Secara bersamaan (bersama-sama) citra merek, bukti nyata, keandalan, daya tanggap, jaminan, dan empati memiliki pengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amilia, S. (2017). Pengaruh citra merek, harga, dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian handphone merek xiaomi di kota langsa. Jurnal Manajemen Dan Keuangan, 6(1), 660–669.

Armstrong, G., Adam, S., Denize, S., & Kotler, P. (2014). Principles of marketing. Pearson Australia.

Ghozali, I. (2013). Multivariate analysis application with SPSS program. Semarang: Diponegoro University Publishing Agency.

Hapsarie, A. A., Lupiyoadi, R., Sulistyarini, I., & Daryanti, S. (2013). Analisis pengaruh pendidikan kewirausahaan terhadap intensi berwirausaha mahasiswa ekstensi jurusan manajemen FEUI. Undergradate Thesis, Universitas Indonesia.

Keller, P., & Kotler, P. (2012). Manajemen Pemasaran Edisi 12. Jakarta: Erlangga, 106.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). A framework for marketing management. Pearson Boston, MA.

Lovelock, C., Wirtz, J., & Hemzo, M. A. (2011). Marketing de serviços: pessoas, tecnologia e estratégia. Saraiva Educação SA.

Lupo, T., & Bellomo, E. (2019). DINESERV along with fuzzy hierarchical TOPSIS to support the best practices observation and service quality improvement in the restaurant context. Computers & Industrial Engineering, 137, 106046.

Schiffman, L. (2016). G. dan Leslie Lazar Kanuk.(2007). Perilaku Konsumen. Edisi Ke-7. Diterjemahkan Oleh Zoelkifli Kasip. PT. Indeks, Jakarta.

Sulistianingrum, D. (2014). Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Keputusan Pembelian Pada The Coffee Shop Jl. Ketintang No. 73 Surabaya. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 2(2).

Sumarwan, U. (2019). Pemasaran Strategik: Perspektif perilaku konsumen dan Marketing plan. PT Penerbit IPB Press.

Tjiptono, F., & Chandra, G. (2011). Service, Quality & Satisfaction Edisi 3. Yogyakarta: Andi, 1.

Downloads

Published

2023-05-25

How to Cite

Dewi, A. S., & Habiburahman, N. (2023). PENGARUH CITRA MEREK DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PAKAIAN ELEVEN MARCH STORE KOTA PADANG. JURNAL ECONOMINA, 2(5), 1135–1142. https://doi.org/10.55681/economina.v2i5.543