PENGARUH KARAKTERISTIK PEKERJAAN DAN PENGALAMAN KERJA TERHADAP KOMITMEN ORGANISASIONAL YANG DIMODERASI SELF-EFFICACY (Studi pada Pegawai Pegawai Puskesmas Kendalsari Kota Malang)

Authors

  • Sari Universitas Widygama Malang
  • Firda Puspita Universitas Widygama Malang
  • Survival Universitas Widygama Malang
  • Zulkifli Universitas Widygama Malang

DOI:

https://doi.org/10.55681/economina.v2i5.502

Keywords:

Karakteristik Pekerjaan, Komitmen Organisaional, Pengalaman Kerja, Self-Efficacy

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana pengaruh  karakteristik pekerjaan terhadap komitmen organisasi yang dimoderasi self-efficacy. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah explanatory dengan menggunakan cara Adjusment Sampling. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pegawai PNS Puskesmas Kendalsari Kota Malang mengambil 35 responden. Penelitian ini terdapat metode yang akan digunakan adalah angket yang menggunakan kuesinoer. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif, yang akan menghasilkan data numerik dan diolah menggunakan software smart partial least square (PLS). Alat analisis yang digunakan adalah analisis jalur atau path analysis. 

Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Karakteristik pekerjaan berpengaruh positif terhadap komitmen organisasional, 2) pengalaman kerja tidak berpengaruh positif dan signifikan terhadap komitmen organisasional, 3) self-efficacy berpengaruh positif dan signifikan terhadap komitmen organisasional, 4) karakteristik pekerjaan dengan dimoderasi oleh self-efficacy tidak berpengaruh positif dan signifikan terhadap komitmen organisasional, 5) pengalaman kerja dengan dimoderasi oleh self-efficacy tidak berpengaruh positif dan signifikan terhadap komitmen organisasional.

Downloads

Download data is not yet available.

References

A Fachrudin, d. (2022). Pengaruh Karakteristik Individu, Karakteristik Pekerjaan dan Disiplin Kerja Terhadap Kepuasan Kerja Pegawai Dinas Kesehatan Kota Batu. e-Jurnal Riset Manajemen Prodi Manajemen, 7.

Anggraeni. (20). Pengaruh Dukungan Organisasi dan Self Efficacy terhadap Kinerja Karyawan dengan Komitmen Organisasional sebagai Variabel Mediasi dalam Perspektif Ekonomi Islam. reposity.radenintan.ac.id, 34.

Ardiana. (2020). Pengaruh Karakteristik Pekerjaan, Kompetensi, dan Kemampuan Teknologi Informasi terhadap Kepuasan Kerja Karyawan di Kantor Keluarga Berencana Kabupaten Bogor. Universitas Muhammadiyah Ponorogo, 17.

Arifin, M. d. (2022). Studi Empiris Tentang Pengawasan Kerja, Pengalaman Kerja, dan Kemampuan Kerja Serta Pengaruhnya terhadap Motivasi Berprestasi Karyawan. Relasi Jurnal Ekonomi, 21.

Arikuntoro. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Kombinasi (Mixed Methods). Bandung; Alfabeta, 33.

Hariani, d. (2019). Pengaruh Iklim Organisasi, Pengalaman Kerja dan Motivasi Kerja terhadap Komitmen Kerja Karyawan. Management & Accounting Research Journal 3, 41.

Hayati, A. d. (2022). Karakteristik Pekerjaan, Kewargaorganisasian dan Kinerja Dosen Universitas Islam Riau. Journal of Economic, Business and Accounting, 5.

Heryanda, P. d. (2019). Pengaruh Kompensasi dan Pengalaman Kerja terhadap Kinerja Karyawan pada PT. Indo Bali Negara. ejournal.undiksha.ac.id, 62.

Ilham. (2022). Peran Pegalaman Kerja Dalam Meningkatkan Kinerja Karyawan: Suatu Tinjauan Teoritis dan Empiris. JMM UNRAM 19.

Judge, R. a. (2017). Essential of Organizational Behavior. Pearson Education, 41.

Kannan, D. (2019). Effectiveness of Organizational Citizenship Behaviour on the Retention of Employees: An Analytical Review. Think India Journal, Vol 22, Issue. 35, December 2019, 57.

Luthans. (2006). Perilaku Organisasi. Edisi Sepuluh, Yogyakarta: Andi, 46.

Mahmuddin. (2018). Pengaruh Pengalaman, Komitmen, Motivasi Kerja terhadap Kinerja Pegawai pada Dinas Pendidikan Kota Padang. EKOBISTEK, 48.

Mayer, A. a. (1991). The Measurement and Antecedents of Affective, Continuance and Normative Commitment to the Organization. Journal of Occuptional Psychology. Volume 63, Issue 1, 54.

Pambudi. (2019). Hubungan Antara Perceived Organizational Support (POS) Dengan Komitmen Organisasi Pada Karyawan di CV Seken Yogyakarta. Universitas Mercu Buana, 24.

Purnama, d. (2018). Pengaruh Keterlibatan Kerja dan Pengalaman Kerja terhadap Komitmen Organisasi Pegawai di Dinas Pendidikan Kabupaten Bekasi. Cyberpreneurship Innovative and Creative Exact and Social Science 4, 31.

Putri. (2019). Pengaruh Budaya Organisasi dan Pengalaman Kerja terhadap Komitmen Organisasi Karyawan Sales Force PT.World Innovative Telecommunication Jember. Digital Reposity Universitas Jember, 32.

Rachmawati, d. (2019). Karakteristik Pekerjaan dan Karakteristik Individu Terhadap Kepuasan Kerja Pegawai. Journal of Chemical Information and Modeling 53, 9.

Rahayu, N. d. (2022). Karakteristik Pekerjaan, Kepemimpinan Transformasional dan Kinerja Karyawan Bank BPD Daerah Istimewa Yogyakarta Cabang Senopati. jurnal.ustjogja.ac.id, 11.

Rijanti, A. d. (2022). Pengaruh Karakteristik Pekerjaan Po-Fit terhadap Komitmen Organisasional Pemediasi Kepuasan Kerja di Setda Kabupaten Pekalongan. Journal Business Economics and Entrepreneurship, 27.

Setiono. (2018). Pengaruh Budaya Organisasi, Karakteristik Individu, Karakteristik Pekerjaan Terhadap Kinerja Karyawan PT. Pelindo III Surabaya. Jurnal Aplikasi Pelayaran dan Kepelabuhanan 6, 16.

Soliha, Y. d. (2019). Kepuasan Kerja sebagai Pegaruh Karakteristik Pekerjaan dan Kompetensi terhadap Komitmen Organisasional. NCAB, 29.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. 46.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif. R & D. Bandung: Alfabeta, 57.

Surenggono, D. d. (2022). Pengaruh Pemberdayaan (Empowerment) dan Karakteristik Pekerjaan pada Komitmen Organisasional. Jurnal Perkusi, 23.

Tsani, P. d. (2020). Pengaruh Pelatihan dan Kompetensi terhadap Komitmen Organisasi melalui Motivasi Berprestasi sebagai Variabel Intervening (Studi pada Staf Operator SAS Bawaslu Kabupaten/Kota se-Jawa Tengah). Jurnal Ilmiah Mahasiswa Manajemen Bisnis dan Akuntansi (JIMMBA), Vol. 2, 61.

Tumewu, d. (2014). Karakteristik Individu, Karakteristik Pekerjaan, dan Karakteristik Organisasi terhadap Kepuasan Kerja Karyawan pada Event Organizer Reborn Creative Center Manado. Journal EMBA, 51.

Wibowo. (2020). Pengaruh Sel-Efficacy dan Motivasi terhadap Komitmen Organisasi pada Anggota LSO (Lembaga Semi Otonomi) di Fakultas Psikologi UIN Malang. etheses.uin-malang.ac.id, 35.

Yeni. (2022). Pengaruh Karakteristik Pekerjaan dan Kepuasan Kerja terhadap Komitmen. Journal of Innovation Research and Knowledge , 28.

Downloads

Published

2023-05-14

How to Cite

Sari, S., Puspita, F., Survival, S., & Zulkifli, Z. (2023). PENGARUH KARAKTERISTIK PEKERJAAN DAN PENGALAMAN KERJA TERHADAP KOMITMEN ORGANISASIONAL YANG DIMODERASI SELF-EFFICACY (Studi pada Pegawai Pegawai Puskesmas Kendalsari Kota Malang). JURNAL ECONOMINA, 2(5), 1006–1023. https://doi.org/10.55681/economina.v2i5.502