PENGARUH IMPULSE BUYING DAN SALES PROMOTION TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA PRODUK SKINCARE MEREK POND’S DI GOLDEN SWALAYAN TULUNGAGUNG

Authors

  • Yuniar Purbo Rini Universitas Bhinneka PGRI
  • Muhammad Anasrulloh Universitas Bhinneka PGRI

DOI:

https://doi.org/10.55681/economina.v1i2.48

Keywords:

Impulse Buying, Sales Promotion, Keputusan Pembelian

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh impulse buying dan sales promotion terhadap keputusan pembelian pada produk skincare merek POND’S di Golden Swalayan Tulungagung. Penelitian ini menggunakan kuesioner sebagai teknik pengumpulan data. Teknik analisis data menggunakan Uji Instrumen Penelitian berupa uji validitas dan uji reabilitas, Uji Asumsi Klasik meliputi Uji Normalitas, Uji Linieritas, Uji Multikolonieritas, dan Uji Heteroskedastisitas, Uji Hipotesis yang meliputi Uji t dan Uji F, Analisis Regresi Linier Berganda dan Koefisien Determinasi. Hasil penelitian menunjukkan secara parsial Impulse Buying berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian. Secara parsial Sales Promotion tidak berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian. Secara simultan Impulse Buying dan Sales Promotion berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agustianti, A. P. (2019). Pengaruh Diskon dan Impulse Buying Terhadap Keputusan Pembelian Online Shop Shopee (Studi Kasus pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Bisnis Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara).

Arikunto, S. (2018). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik (Edisi Revi). Rineka Cipta.

` Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariete dengan Program IBM SPSS 25 (ke-9th ed.). Universitas Diponegoro.

Harahap, R. A., & Luthfie, H. (2020). Pengaruh Promosi Penjualan Terhadap Keputusan Pembelian Produk Indihome (Studi Kasus Telkom Cijawura Tahun 2020). E-Proceeding of Applied Science, 6(2), 1341–1346.

Haryani, D. S. (2019). Pengaruh Periklanan Dan Promosi Penjualan Terhadap Keputusan Pembelian Pada Perumahan Griya Puspandari Asri Tanjungpinang. Dimensi, 8(1), 54–70.

Karim, N. U., Nisa, N. un, & Shahid, S. (2021). Investigating the Factors that Impact Online Shopping and Sales Promotion on Consumer ’ s Impulse Buying Behavior : A Gender-based Comparative Study in the UAE. International Journal of Business and Administrative Studies, 7(3), 14–26.

Laraswati, V., & Aziz, F. (2021). Pengaruh Sales Promotion Dan Online Impulse Buying Terhadap Keputusan Pembelian Di Shopee Pada Mahasiswan Di Kota Bandung. E-Proceeding of Management, 8(6), 8745–8755.

Maulana, R. P. N., & Supriyono. (2021). Pengaruh Promosi dan Impulse Buying Terhadap Keputusan Pembelian Pada Bunga Swalayan Sampang. STEI Ekonomi, 30(01), 74–83.

Rupayana, I. K., Suartina, I. W., & Mashyuni, I. (2021). Pengaruh Kualitas Produk, Impulse Buying dan Electronic Word of Mouth (EWOM) terhadap Keputusan Pembelian pada Produk Smartphone Merek Oppo di Kota Denpasar. Widya Amrita, 1(1), 233–247.

Salim, A., & Fermayani, R. (2021). Pengaruh Potongan Harga, Promosi Penjualan, Tampilan Dalam Toko Terhadap Keputusan Pembelian Impulsif Konsumen Matahari Departement Store Padang. Jurnal Menara Ekonomi : Penelitian Dan Kajian Ilmiah Bidang Ekonomi, 7(3), 1–14.

Septiana, I., & Widyastuti, W. (2021). Pengaruh Sales Promotion, Product Quality, dan Hedonic Behavior pada Impulse Buying. Jurnal Ilmu Manajemen, 9(2), 698.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D (Cet.26 ed.). Alfabeta.

Downloads

Published

2022-10-15

How to Cite

Rini, Y. P., & Anasrulloh, M. (2022). PENGARUH IMPULSE BUYING DAN SALES PROMOTION TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA PRODUK SKINCARE MEREK POND’S DI GOLDEN SWALAYAN TULUNGAGUNG. JURNAL ECONOMINA, 1(2), 120–129. https://doi.org/10.55681/economina.v1i2.48