PENGARUH LOKASI DAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN NASABAH MENABUNG DI PT BPR LPN TARANTANG DHARMASRAYA

Authors

  • Alfian Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi KBP
  • Robbi Hermawan Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi KBP

DOI:

https://doi.org/10.55681/economina.v2i3.406

Keywords:

Keputusan Pelanggan, Lokasi, Promosi

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengkaji lokasi keputusan nasabah untuk menabung di PT BPR LPN Tarantang Dharmasraya. Untuk menguji promosi Keputusan Nasabah Menabung di PT BPR LPN Tarantang Dharmasraya. Penelitian ini dilakukan di PT BPR LPN Tarantang Dharmasraya. Metode pengambilan sampel menggunakan rumus slovin sebanyak 96 responden. Jenis penelitian ini adalah metode kuantitatif. Teknik analisis data yang digunakan adalah validitas, reliabilitas, analisis deskriptif, uji normalitas, uji multikolinearitas, uji heteroskedastisitas, analisis regresi berganda, dan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa lokasi tersebut berpengaruh positif dan signifikan terhadap PT BPR LPN Tarantang Dharmasraya. Dan promosi berpengaruh positif dan signifikan terhadap PT BPR LPN Tarantang Dharmasraya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ali, K. (2017). Pengaruh Promosi Dan Atribut Produk Terhadap Keputusan Nasabah Dalam Memilih Tabungan Ekasave Pada Bank Eka Kantor Pusat Metro Karnila Ali, B.Bus., M.P.A. Jurnal DINAMIKA, 3(1), 2460–3643.

Arif, N. R. Al. (20122). Dasar-Dasar Pemasaran Bank Syariah (Cet. 2). Alfabeta.

Ayu, N. (2020). Pengaruh Lokasi dan Pelayanan Terhadap Keputusan Nasabah Menabung di Bank Muamalat KCP Palopo. Skripsi.

Fandy, T. (2005). Strategi Pemasaran (Edisi Kedu). Andi Offset.

Jamaluddin. (2019). Pengaruh Personal Selling Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Menabung Pada PT Bank Danamon Indonesia Tbk Cabang Katamso Medan. Manajement Research, 2(2), 90–101.

Kurt, B. dan. (2008). Boone dan Kurtz, Pemasaran Kontemporer. Thomson Higher Education.

Kusnaningtyas, A. A. (2019). Pengaruh Produk Dan Promosi Terhadap Keputusan Nasabah Menabung Di Bri Syariah Kcp Ponorogo. Skripsi.

Marlius, D. (2016a). Pengaruh Bauran Pemasaran Jasa Pada Bank Nagari Cabang Muaralabuh. Jurmak, 3(1), 12–22.

Marlius, D. (2016b). Pengaruh Bauran Pemasaran Jasa Terhadap Minat Nasabah DaLAM MENABUNG PADA BANK NAGARI CABANG MUARALABUH. Jurmak, 3(1), 12–22.

Muhammad Fajar Fahrudin. (2015). Pengaruh promosi, lokasi, dan kualitas layanan terhadap keputusan pembelian nasabah Bank Mandiri Surabaya. Journal of Business and Banking, 5(1), 149–162. https://doi.org/10.14414/jbb.v5i1.385

Nopitasari, E. (2017). Pengaruh Lokasi, Produk, Reputasi, Dan Pelayanan Terhadap Keputusan Mahasiswa Iain Surakarta Menggunakan Bank Syariah. Institut Agama Islam Negeri Surakarta, 91(5), 144.

Putra, E. R. H. (2018). Pengaruh Lokasi, Bagi Hasil dan Promosi terhadap Proses Keputusan Nasabah Menabung di PT Panin Dubai Syariah Bank. Jurnal Studi Ekonomi Dan Bisnis Islam, 3(1).

Rahman, A. (2017). Pengaruh Kemudahan Penggunaan Dan Kemanfaatan Teknologi Informasi Terhadap Minat Menggunakan Situs Jual Beli Online” (Studi Kasus Pada Pengguna Situs Jual Beli “Z”). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 52(1).

Rochmah, S. (2018). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Keunggulan Bersaing Terhadap Keputusan Nasabah Menjadi Nasabah Pada Kjks Bmt Taruna Sejahtera Cabang Bringin Kabupaten Semarang. Jurnal Ilmiah Ekonomi, 21, 125–132.

Romiansyah. (2019). Pengaruh Faktor Internal Terhadap Pengambilan Keputusan Nasabah Dalam Memilih Menabung Pada Bank Syariah (Studi Kasus Di Bank Bni Syariah Markoni Kantor Cabang Kota Balikpapan). JURNAL Edueco, 2(1), 5–15.

Sa’adah, I. D. (2018). Analisis Variabel Kualitas Pelayanan, Promosi Dan Produk Yang Mempengaruhi Keputusan Nasabah Dalam Menabung Di Pt Bpr Artha Kanjuruhan. E-JRA, 07(06), 101–113.

Siregar, B. G. (2018). Pengaruh Produk Dan Promosi Terhadap Keputusan Menjadi Nasabah Tabungan Marhamah Pada Pt. Bank Sumut Cabang Syariah Padangsidimpuan. Jurnal Penelitian Ilmu-Ilmu Sosial Dan Keislaman, 04(1), 1–20.

Sriwahyuni, E. (2019). Pengaruh Lokasi Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Nasabah Menabung Di Bank Syariah (STUDI PADA BANK BRI SYARIAH KCP NGAWI).

Tajudin, M. H. (2017). Pengaruh Promosi, Kepercayaan Dan Kesadaran Merek Terhadap Keputusan Nasabah Menggunakan Produk Tabungan Haji (Mabrur) Bank Syariah Mandiri Kcp. Sawangan Kota Depok. Jurnal Ekonomi Islam, 8(1), 19–46.

Ulfa, D. (2018). Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Layanan, Lokasi, Dan Promosi Terhadap Keputusan Nasabah Menabung KembalI (Studi Pada PT BPD Jawa Tengah Kantor Cabang Pembantu Syariah UNISSULA). Jurnal Sains Ekonomi Dan Perbankan Syariah, 8(1), 62–72.

UTARI. (2019). Pengaruh Promosi Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Nasabah Menabung Di Bank Bri Syariah (Persero) Tbk Palopo. Skripsi.

Wahyulkarimah, A. (2018). Pengaruh budaya, psikologis, pelayanan, promosi dan pengetahuan tentang produk terhadap keputusan nasabah dalam memilih bank syariah. Jurnal Hukum Ekonomi Syariah, 1(1), 51–79.

Downloads

Published

2023-03-14

How to Cite

Alfian, A., & Hermawan, R. (2023). PENGARUH LOKASI DAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN NASABAH MENABUNG DI PT BPR LPN TARANTANG DHARMASRAYA. JURNAL ECONOMINA, 2(3), 848–859. https://doi.org/10.55681/economina.v2i3.406