PENGARUH HARGA DAN KUALITAS LAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN (Studi pada Mahasiswa Pengguna Layanan Go-Jek di STIE-KBP Padang)

Authors

  • Abdul Hamid Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi KBP
  • Febsri Susanti Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi KBP

DOI:

https://doi.org/10.55681/economina.v2i3.405

Keywords:

Harga, Kepuasan Pelanggan, Pelayanan

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah menganalisis variabel harga dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan pengguna jasa Go-Jek di STIE-KBP Padang. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner yang dibagikan kepada mahasiswa pengguna Go-Jek di STIE-KBP Padang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik probabilitas, dengan salah satu metodenya adalah purposive sampling. Jumlah responden dalam penelitian ini adalah 89 orang. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan menggunakan SPSS 23. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa harga (X1) tidak berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan, tangible (X2) berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan, empati (X3 ) berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan, reliability (X4) tidak berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan, responsiveness (X5) tidak berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan, assurance (X6) berpengaruh positif dan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan pada mahasiswa yang menggunakan layanan Go-Jek di STIE-KBP Padang.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Armstrong, Kotler. (2018). Analisis Pengaruh Harga, Pelayanan dan Persepsi Reputasi Terhadap Loyalitas Menggunakan Jasa Ojek Online. (Survei pada Pelanggan Go-Jek Kota Solo). Jurnal Ekonomi Dan Kewirausahaan, 18, 473–478.

Dewi, T. dkk. (2016). Pengaruh Manajemen Laba Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Kualitas Audit Sebagai Variabel Pemoderasi (Studi Kasus Pada Perusahaan Pertambangan Yang Tercatat Dibursa Efek Indonesia Periode 2010-2011). E-Proceeding of Management.

Janah, M. (2014). Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia (Steisia) Surabaya. 3(12).

Keller, K. dan. (2017). Pengaruh inovasi produk, harga, citra merek dan kualitas pelayanan terhadap loyalitas pelanggan mobil Suzuki ertiga. 5(2), 2230–2239.

Keputusan, T., Pada, P., & Esa, C. V. (n.d.). The Effect of Service Quality, Qality Product and Pricing on Purchase Decicison. 3(3), 1254–1264.

Khoirulloh. (2017). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Pelanggan Dengan Kepuasan Sebagai Variabel Intervening. 10(19), 70–90.

Kurniati1, T. O. (2018). Pengaruh Kualitas Layanan Dan Harga Terhadap Kepuasan. Jurnal Ilmiah Bisnis, Pasar Modal, Dan UMKM, XVI (1), 146–150.

Kurniawan, Ary. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan Pada Keputusan Pembelian Pada PT. Prima Fajar Mandiri Padang Panjang. Jurnal Pundi, 5(3), 361-376.

Pelayanan, P. K., & Terhadap, D. A. N. P. (2017). Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia (STIESIA) Surabaya. 6(April).

Reza Akbar Pratama, 2018. (2018). (Studi Pada Pelanggan Go-Jek di Semarang). 7, 1–10.

Roring, F. (2017). Pengaruh Inovasi Produk, Harga, Citra Merek Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Pelanggan Mobil Suzuki Ertiga. Jurnal EMBA, 5(2), 2230–2239.

S, M. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan Drivr Ojek Onoine Terhadap Kepusan Konsumen Pada Gojek Area. 2(3), 271–280. https://doi.org/10.5281/zenodo.3269357

Sari, yunita. (2017). Corporate Social Responsbility Yunita Kurnia Sari PT Bank Rakyat Indonesia. 1–14.

Sintya, lumintang intan. (2018). Pengaruh Harga Dan Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Jasa Transportasi Go-Jek Online Pada Mahasiswa Feb Unsrat Manado. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 6(3), 3.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Manajemen (1st ed). Bandung: CV Alfabeta.

Downloads

Published

2023-03-14

How to Cite

Hamid, A., & Susanti, F. (2023). PENGARUH HARGA DAN KUALITAS LAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN (Studi pada Mahasiswa Pengguna Layanan Go-Jek di STIE-KBP Padang). JURNAL ECONOMINA, 2(3), 836–847. https://doi.org/10.55681/economina.v2i3.405