PENGARUH PROMOSI MEDIA SOSIAL INSTAGRAM STARCROSS TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DIMEDISI MINAT BELI (Studi pada Generasi Milenial Malang)

Authors

  • Della Andriani Universitas Widyagama Malang
  • Rahayu Puji Suci Universitas Widyagama Malang
  • Zulkifli Universitas Widyagama Malang

DOI:

https://doi.org/10.55681/economina.v2i3.404

Keywords:

Keputusan Pembelian, Minat Beli, Promosi Media Sosial Instagram Starcross

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh promosi media sosial Instagram Starcross terhadap keputusan pembelian yang dimediasi minat beli dengan melakukan studi pada generasi milenial Malang.  Populasi dalam penelitian ini adalah laki-laki pengguna Instagram pada genrasi milenial yang berada dikota Malang. Teknik penarikan sampel pada penelitian ini menggunakan “Probability Sampling”, dan metode penarikan sampel dalam penelitian ini adalah “Cluster Sampling”. Responden dalam penelitian ini adalah sebanyak 45 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pertama, promosi media sosial Instagram Starcross tidak berpengaruh secara langsung terhadap keputusan pembelian. Kedua, promosi media sosial Instagram Starcross berpengaruh secara langsung terhadap minat beli. Ketiga, minat beli berpengaruh langsung terhadap keputusan pembelian. Keempat, promosi media sosial Instagram Starcross berpengaruh langsung terhadap keputusan pembelian yang dimediasi minat beli.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdullah, Thamrin, Francis Tantri. 2012. Manajemen Pemasaran. Jakarta : Raja Grafindo Perkasa.

Adila, dkk. 2019. Pengaruh Strategi Promosi Terhadap Keputusan Pembelian yang Dimediasi oleh Minat Beli pada Konsumen Restoran KFC Cabang Khatib Sulaiman Padang.

Febrinoor, dkk. 2022. Pengaruh Atribut Produk dan Promosi Melalui Media Sosial Instagram Terhadap Keputusan Pembelian Produk Waralaba Miltie Bubble di Banjarmasin yang Dimediasi Minat Beli. Jurnal Bisnis dan Pembangunan. Edisi Januari-Juli 2022.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2009). Manajemen Pemasaran (13th ed., Vol. 2). Erlangga.

Kotler, Plhilip dan Amstrong, Gary .2016. Prinsip-Prinsip Pemasaran Edisi Tiga Belas Jilid 1 & 2, Erlanga: Jakarta.

Nasrullah, R. (2015). Media Sosial. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

Peter dan Olson. 2014. Perilaku Konsumen dan Strategi Pemasaran. Edisi Kesembilan. Diterjemahkan oleh: Diah Tantri Dwiandani. Penerbit Salemba Empat, Jakarta

Sari, dkk. 2019. Pengaruh Penggunaan Celebrity Endoser dan Promotion di Media Sosial Instagram yang Dimediasi Minat Beli Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Pada Princess Fazion Malang). (Doctoral Dissertation, Univeritas Brawijaya).

Setiawan, Edhie Budi. 2015. “Quality and Purchase Intention Perceived Value towards Low Cost Energy-Saving Cars”. Jurnal Manajemen Transportasi & Logistik. Vol. 02 No.01, p. 107-118.

Schiffman LG., Kanuk LL. 2004. Perilaku Konsumen, Edisi Ketujuh. Jakarta(ID): PT Indeks Kelompok Gramedia.

Tammah, A., Suci, R. P., & Zulkifli, Z. (2021, November). Peran mediasi kualitas produk dan citra merek atas pengaruh e-worm terhadap minat beli. In Widyagama National Conference on Economics and Business (WNCEB) (Vol. 2, No. 1, pp. 58-65).

Tjiptono, F. 2007. Strategi Pemasaran. Edisi Kedua. Yogyakarta : Andi Offset

Tjiptono, Fandy. 2008. Strategi Pemasaran, Edisi III. Yogyakarta : CV. Andi Offset

Ula, dkk. 2022. Pengaruh Promosi Melalui Media Sosial Terhadap Keputusan Pembelian yang Dimediasi oleh Word of Mouth Communication di KFC. Jurnal Knowlegde Management, (14)2, 60-70.

Downloads

Published

2023-03-14

How to Cite

Andriani, D., Suci, R. P., & Zulkifli, Z. (2023). PENGARUH PROMOSI MEDIA SOSIAL INSTAGRAM STARCROSS TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DIMEDISI MINAT BELI (Studi pada Generasi Milenial Malang). JURNAL ECONOMINA, 2(3), 822–835. https://doi.org/10.55681/economina.v2i3.404