PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, DAN HARGA DENGAN KEPUASAN PELANGGAN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MOBIL DI PT AGUNG ANUGERAH MOTOR BEKASI

Authors

  • Rafqi Okta Agung Anugerah Universitas Bhayangkara Jakarta Raya
  • Franciscus Dwikotjo Sri Sumantyo Universitas Bhayangkara Jakarta Raya

DOI:

https://doi.org/10.55681/economina.v2i3.399

Keywords:

Harga, Kualitas Pelayanan, Kepuasan Pelanggan, Keputusan Pembelian

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besarkah Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga, dan Kepuasan Pelanggan Terhadap Keputusan Pembelian di PT Agung Anugerah Motir. Dasar penelitian ini menggunakan 200 responden untuk digunakan sebagai sampel dalam penelitian, dimana dalam penelitian ini menggunakan data primer yang diperoleh dengan penyebaran kuesioner kepada konsumen PT AAM di Kota Bekasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan Analisis Jalur dan Uji Hipotesis. Pengolahan data dalam penelitian ini menggunakan program software SPSS Versi 26. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa dalam uji hipotesis variabel Kualitas pelayanan berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan pelanggan dengan nilai sig 0.000 < 0.05 dan T hitung 4,082. Dan variabel Kualitas Pelayanan berpengaruh secara signifikan terhadap Kepuasan Konsumen dengan nilai sig 0.000 < 0.05 dan T hitung 9,193, hasil tersebut dinyatakan signifikan karena nilai signifikansi lebih kecil dari 0,05. Lalu ada variabel Harga berpengaruh secara signifikan terhadap Kepuasan Pelanggan dengan nilai sig 0.000 > 0.05 dan T hitung 5,868, hasil tersebut dinyatakan bahwa signifikan karena signfikansi lebih kecil dari 0,05. Berdasarkan hasil perhitungan menunjukan bahwa nilai pengaruh mediasi lebih kecil dari nilai pengaruh langsung sehingga dinyatakan tidak terjadi pengaruh mediasi pada penelitian ini.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agatha, M. (2020). Analisis Pengaruh Harga Terhadap Keputusan Pembelian Batik Barong Gung Tulungagung. 1-9.

A. Parvatiyar And K. Sheth, “Customer Relationship Management: Emerging Practice, Process, And Discipline.,” J. Econ. Soc. Res., Vol. 3, No. 2, 2001.

Arief. 2007. Pemasaran Jasa & Kualitas Pelayanan. Malang: Bayumedia Publishing.

Bryman, Alan. (2005). Social Research Methods. London: Oxford University Press Inc.

Bannan, Karen J, Customer Relationship Management, Pc Magazine, 2001

Cramer, Duncan (2004). The Sage Dictionary Of Statistics. Hlm. 76. Isbn 076194138x.

Dwi, A. (2022, 10 6). Sejarah Mobil: Perkembangan Mobil Dari Zaman Dulu Sampai Sekarang. Retrieved From Folder Tekno: Foldertekno.Com/Sejarah-Mobil/

Fadilla, F. N., Rhodiyah, & Nurseto, S. (2020). Pengaruh Produk Dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan Dalam Menggunakan Telkom Speedy. 1-6.

Ghozali, I. (2016) Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program Ibm Spss 23. Edisi 8. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Handoko, B. (2017). Pengaruh Harga Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Di Titipan Kilat Jne Medan. Jurnal Umsu, 1-13.

Kambali, I., & Syarifah, A. (2020). Pengaruh Harga Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus Di Billionaire Store Bandung) . Jurnal Bisnis Dan Pemasaran , 1-8.

Kotler, P. (2000). Marketing Management , Millenium Edition. Marketing Management, 23(6), 188–193. Https://Doi.Org/10.1016/0024- 6301(90)90145-T

Kotler, Philip Dan Amstrong, Gary, (2014), Principles Of Marketin, 12th Edition, Jilid 1 Terjemahan Bob Sabran Jakarta : Erlangga.

Lestari, A. (2021, September). Pengertian Kepuasan Pelanggan: Faktor, Indikator dan Optimalisasinya. Retrieved From Gramediablog.Com: Https://Www.Gramedia.Com/Literasi/Kepuas an-Pelanggan/

Marlius, D. (2017). Keputusan Pembelian Berdasarkan Faktor Psikologis Danbauran Pemasaranpt. Intercom Mobilindo Padang. Jurnal Pundi, 57-66.

Martinus Hia, A., Hapzi Ali, & Franciscus Dwikotjo Sri Sumartyo. (2022). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Penjualan: Analisis Kualitas Pelayanan, Inovasi Produk Dan Kepuasan Konsumen (Literature Review). Jurnal Ilmu Multidisplin, 1(2), 368-379. Https://Doi.Org/10.38035/Jim.V1i2.48

Meiryani. (2021, August). Memahami Uji Asumsi Klasik Dalam Penelitian Ilmiah. Retrieved From Accounting.Binus.Ac.Id: Https://Accounting.Binus.Ac.Id/2021/08/06/ Memahami-Uji-Asumsi-Klasik-Dalam- Penelitian- Ilmiah/#:~:Text=Uji%20asumsi%20klasik%20adalah%20persyaratan,Ordinary%20leas%2 0square%20(Ols).

Meiryani. (2021). Memahami Uji Heteroskedastisitas Dalam Model Regresi. Retrieved October 9, 2022, From Accounting.Binus.Ac.Id: Https://Accounting.Binus.Ac.Id/2021/08/06/ Memahami-Uji-Heteroskedastisitas-Dalam- Model-Regresi/

Meiryani. (2021). Memahami Uji Multikolinearitas Dalam Model Regresi. Retrieved October 9, 2022, From Accounting.Binus.Ac.Id: Https://Accounting.Binus.Ac.Id/2021/08/06/ Memahami-Uji-Multikolinearitas-Dalam- Model-Regresi/

Pratiwi, A. R., & Dermawan, D. A. (2021). Pengaruh Customer Relationship Management (Crm) Terhadap Loyalitas Pelanggan Dengan Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Intervenin. Jeisbi, 87-93.

Kotler, Philip. 2007. “Manajemen Pemasaran”, Edisi Ke 12, Jilid 1, Jakarta:Pt. Indeks Kelompok Gramedia.

Suzuki Indonesia. (2022, October 4). Tips-Trik. Retrieved From Suzuki.Co.Id: Https://Www.Suzuki.Co.Id/Tips-Trik/Siapa-Penemu-Mobil-Pertama-Di-Dunia-Ini- Sejarahnya?Pages=All#:~:Text=Pada%20tahun%201769%20lah%20sebenarnya,Pun%20diciptakan%20oleh%20ilmuwan%20lainnya

R. A. Fisher (1925). Statistical Methods For Research Workers, Edinburgh: Oliver And Boyd, 1925, P.43

Razak, Mashur. 2016. Perilaku Konsumen. Makassar: Alauddin University Press.

Ritonga, H. M., Fikri, M. E., Siregar, N., Roro, A., & Hidayat, R. (2018). Manajemen Pemasaran: Konsep Dan Strategi.

Sarwono, Jonathan. (2012). Path Analysis Untuk Riset Skripsi, Tesis dan Disertasi. Jakarta: Elex Media Komputindo Kompas Gramedia.

Sekaran, Uma. 2013. Research Methods for Business. Jakarta: Salemba Empat

Schiffman, Leon Dan Kanuk, Leslie L. (2014). Perilaku Konsumen. Jakarta: Indeks.

Shiffman, Leon G And Kanuk, Leslie, Laser, 2007, Perilaku Konsumen, Edisi Ketujuh, Indeks, Jakarta.

Siregar, Z. (2018). Analisis Jalur: Teori Dan Aplikasi. Yogyakarta: Penerbit Andi

Sudjiono, Anas. (2010). Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: Rajawali Press

Tjiptono, Fandy. (2011). Strategi Pemasaran. Edisi 3. Yogyakarta: Andi

Uji Hipotesis. (2022, September 27). In Wikipedia. Https://Id.Wikipedia.Org/Wiki/Uji_Hipotesis

Wijayanti, R. (2021). Populasi Dan Sampel Penelitian . In R. Wijayanti, Metodologi Penelitian Kuantitatif (Pp. 59-66). Lumajang: Widya Gama Press.

Wijayanti, R. (2021). Variabel Penelitian. In R. Wijayanti, Metodologi Penelitian Kuantitatif (Pp. 36-41). Lumajang: Widya Gama Press.

Yusuf, A. (2021, August). Cara Membuat Landasan Teori: Pengertian Dan Contoh. Retrieved October 6, 2022, From Deepublish Store: Https://Deepublishstore.Com/Landasan- Teori/

Downloads

Published

2023-03-14

How to Cite

Anugerah, R. O. A., & Sumantyo, F. D. S. (2023). PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, DAN HARGA DENGAN KEPUASAN PELANGGAN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MOBIL DI PT AGUNG ANUGERAH MOTOR BEKASI. JURNAL ECONOMINA, 2(3), 766–784. https://doi.org/10.55681/economina.v2i3.399