EFEKTIVITAS PENGGUNAAN GOOGLE MEET DALAM MATA KULIAH EKONOMI SYARIAH TAHUN AKADEMIK 2021/2022 (Studi Kasus di Universitas Bhinneka PGRI)

Authors

  • Herviana Dhyta Kumalasari Universitas Bhinneka PGRI

DOI:

https://doi.org/10.55681/economina.v2i3.354

Keywords:

Efektivitas, Google Meet, Pandemi Covid-19

Abstract

Di masa pandemi COVID-19, pembelajaran melalui platform online seperti Google Meet paling mungkin dilakukan untuk menekan penyebaran COVID-19 di lingkungan pendidikan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan penelitian kasus eksploratif yang bertujuan untuk menggali lebih dalam masalah efektivitas penggunaan Google Meet dalam mata kuliah ekonomi syariah yang diterapkan pada mahasiswa semester 4 jurusan pendidikan ekonomi di Universitas Bhinneka PGRI Tulungagung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) mahasiswa jurusan pendidikan ekonomi semester 4 senang dengan pembelajaran menggunakan Google Meet karena dinilai; lebih efisien dan murah (2) pembelajaran melalui Google Meet sebagai alternatif perkuliahan yang efektif di masa pandemi, mahasiswa merasa dapat mengikuti perkuliahan dengan baik ketika materi disampaikan. Selain itu, siswa merasa masih bisa berkreasi dengan teman sekelasnya; 3) efektifitas penggunaan Google terpenuhi karena kendala dan kuota dapat mengerjakan tugas yang diberikan kepada dosen karena diperbolehkan mengakses fasilitas Wifi kampus.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Admin. (2020, April 22). Mengenal Google Meet: Fitur, Keunggulan, dan Cara Menggunakannya. Retrieved from Id CloudHost Website: https://idcloudhost.com/mengenal-google-meet-fitur-keunggulan-dan-cara-menggunakannya/

Alfiani, S. N. (2018). Efektivitas Penggunaan Multimedia Menggunakan Visual Basic for Application (VBA) Dalam Pembelajaran Matematika Ekonomi Pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika FKIP UNISMA. Jurnal Ketahanan Pangan, Volume 2 Nomor 2, 208-216.

Becker, W. (2011). Teaching Economics in 21st Century. Journal of Economic Perspective, Vol. 14, No. 1, 109-119.

Eti Rochaety, P. R. (2016). Sistem Informasi Manajemen Pendidikan. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Fakhruddin, A. (2019). Using Google Meet in Teaching Speaking. Journal of English Language Learning (JELL) Vol.2 No.2, 43-46.

Fikria, C. N. (2021). Analisis Efetifitas Google Classroom, Zoom Meeting dan Google Meet sebagai Multimedia Interaktif Pembelajaran Online. INISTA: Journal of Informatics, Information System, Software Engineering and Application, Vol. 1, No. 1, 001-010.

Gozali, N. (2020). Kolaborasi Google Meet-Google Classroom-Whatsapp sebagai Solusi Pembelajaran pada Masa Pandemi Covid-19. In D. Adi Wijayanto, Bunga Rampai Startegi Pembelajaran Pendidikan Jasmani dan Kesehatan Selama Pandemi Covid-19 (pp. 110-124). Tulungagung: Akademia Pustaka.

Habibi, M. R. (2021). Implementasi Pembelajaran Daring Di Lingkup Program Studi Ekonomi Islam Fakultas Ilmu Agama Islam Universitas Islam Indonesia Yogyakarta. Yogyakarta: Universitas Islam Indonesia.

Hidayat, A. (2016). Analisis Kesulitan Belajar Mahasiswa Pada Mata Kuliah Ekonomi Makro Ditinjau Dari Persepsi Mahasiswa Tentang Keterampilan Mengajar Dosen Dan Partisipasi Dalam Pembelajaran Pada Mahasiswa Pendidikan Akuntansi Universitas Muhammadiyah Surakarta . Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Ikhwan, A. (2020). Penggunaan Sorftware Dalam Pembelajaran Kampus di Masa Pandemi Covid-19. Medan: Studi Literatur.

Jean-Christopher Plantin, C. L. (2018). Infrastructure Studies Meet Platform Studies in the Age of Google and Facebook. New Media & Society Vol. 20 No. 1, 293-310.

Josina. (2022, Juni 08). Mobile Apps: Dear Bapak Ibu Guru, Google Meet Kasih Banyak Fitur Baru. Retrieved from Detikinet Website: https://inet.detik.com/mobile-apps/d-6116637/dear-bapak-ibu-guru-google-meet-kasih-banyak-fitur-baru

Kurniawan, M. A. (2022, Juni 4). Pemikiran Ekonomi Islam Monzer Kahf. Retrieved from Osf Website: https://osf.io/ckfm4

Meillia Dwi Nurmala, T. U. (2021). Efektivitas Penggunaan Aplikasi Google Meet Sebagai Media Pembelajaran Online Pada Mahasiswa Saat Pandemi Covid-19. Prosiding the 1st National Conference on Applied Bussiness, Education & Technology (NCABET) (pp. 388-394). Jakarta: Universitas Bina Bangsa.

Nalurita, S. (2021). Pemanfaatan Aplikasi Google Meet Pada Mata Kuliah Teknik Proyeksi Bisnis Semester Gasal Tahun Pelajaran 2020/2021 Di Universitas Dirgantara Marsekal Suryadarma (UNSURYA) (Studi pada Mahasiswa Prodi Manajemen Kelas G). Jurnal Ilmiah Manajemen Surya Pasca Scientia, Vol. 10 No. 1, 22-30.

Putri, S. N. (2021). Eksistensi Whatsapp Dalam Pembelajaran Di Masa Pandemi: Studi Kasus Di Fakultas Syariah IAIN Metro. Jurnal Pesona, Vol. 7 No. 2, 97-104.

Rohmah, L. (2011). Konsep E-Learning Dan Aplikasinya Pada Lembaga Pendidikan Islam. Jurnal An-Nur, Vol. I. No.1, 257.

Thian, A. (2021). Ekonomi Syariah. Yogyakarta: Penerbit ANDI.

Thian, A. (2021). Ekonomi Syariah. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Wulandari, T. (2021, Juli 13). Detikpedia: Perbandingan Google Meet dan Zoom buat Sekolah dan Kuliah, Ini Fiturnya. Retrieved from Detikedu Website: https://www.detik.com/edu/detikpedia/d-5641475/perbandingan-google-meet-dan-zoom-buat-sekolah-dan-kuliah-ini-fiturnya

Downloads

Published

2023-03-14

How to Cite

Kumalasari, H. D. (2023). EFEKTIVITAS PENGGUNAAN GOOGLE MEET DALAM MATA KULIAH EKONOMI SYARIAH TAHUN AKADEMIK 2021/2022 (Studi Kasus di Universitas Bhinneka PGRI). JURNAL ECONOMINA, 2(3), 719–726. https://doi.org/10.55681/economina.v2i3.354