ANALISIS HUBUNGAN STRATEGI MANAJEMEN KOMUNIKASI PEMASARAN DENGAN LOYALITAS MEREK MAJALAH TEMPO PADA ANGGOTA TEMPO KOMUNITAS

Authors

  • Sri Yulianti Universitas Respati Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.55681/economina.v1i2.35

Keywords:

Strategi, Manajemen, Marketing, Brand dan Majalah Tempo

Abstract

  

Industri media massa sangat berkembang cepat, membuat persaingan menjadi semakin ketat. Banyaknya media massa membuat konsumen memiliki berbagai macam pilihan sehingga jarang hanya membeli satu macam saja. Melihat hal tersebut membuat para pemain dalam industri ini harus dapat membuat suatu strategi pemasaran yang tepat untuk dapat memenangkan persaingan. Begitu pula pada majalah Tempo Media yang merupakan pemain lama dalam industri ini.

Kondisi tersebut membuat penulis tertarik untuk melakukan penelitian dengan topik “Analisis hubungan strategi komunikasi pemasaran dengan loyalitas merek majalah Tempo pada anggota Tempo Komunitas", apakah ada hubungan loyalitas pada majalah tersebut. Penelitian dilakukan dengan cara survai dan wawancara. Kerangka pemikiran yang digunakan adalah teori mengenai, komunikasi pemasaran dan loyalitas merek Tempo media melalui kegiatan Tempo Komunitas telah melakukan strategi komunikasi pemasaran agar dapat menarik pembaca baru dan dapat menjaga pembaca setianya.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa Tempo Media sudah melakukan strategi komunikasi pemasaran secara tepat, tetapi belum dapat membentuk loyalitas merek sesuai dengan yang diinginkan. Melihat dari hasil penelitian tersebut sebaiknya Tempo Media melalui Tempo Komunitasnya melakukan komunikasi pemasaran yang lebih terarah dan berkesinambungan dengan menawarkan benefit tambahan yang lebih jelas dan lugas sehingga dapat mengena pada anggotanya. Prinsip dasar dari komunikasi pemasaran bila dihubungkan dengan loyalitas merek adalah perusahaan harus dapat mengelola customer expectation karena itu merupakan dasar dalam pengelolaan merek yang menjanjikan dan terciptanya kepercayaan dari merek.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ambadar, Jacklie; Miranti Abidin; Yanti Isa. (2007). Mengelola Merek. Jakarta: Yayasan Bina Karsa Mandiri.

Assegaff, Mohammad, (2009). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan

(Studi Pada Perusahaan Penerbangan PT. Garuda Di Kota Semarang). Jurnal Ekonomi dan Bisnis.Vol. 10. No. 2. Juli.Unisulla Semarang.

Durianto, Darmadi; Sugiarto; Lie Joko Budiman, (2004). Brand Equity Ten: Strategi memimpin Pasar. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Durianto, Darmadi; Sugiarto; Tony Sitinjak, (2001). Strategi Menaklukkan Pasar Melalui Riset Ekuitas dan Perilaku Merek. Jakarta: Gramedia. Pustaka Utama.

Eko Suseno Hendro dan Jony Oktavian Haryanto, (2003). Tentang Brand Equity:Cermin Sukses Membangun Sebuah Merek. Atma Nan Jaya, tahun xvii No. 3.

Fandy Tjiptono, (2006), Manajemen Pelayanan Jasa, Penerbit Andi, Yogyakarta

Griffin, Jill. (2002). Customer Loyalty, How to Earn it. New York: Lexinton Books

Handi Irawan (2004), 10 Prinsip kepuasan Pelanggan, Penerbit PT. Elex Media Computindo, Jakarta

Muniz, A.M. Jr. And T.C.O’Guinn, (1995). “Brand Community‟, Journal of Consumer Research, 27(4): 412-32

Philip Kotler & Kevin Lane Keller, (2009), Manajemen pemasaran, Edisi 13 Jilid1. Jakarta.

Philip Kotler & Kevin Lane Keller, (2009), Manajemen pemasaran, Edisi 13 Jilid2. Jakarta.

Rangkuti, Freddy. (2002). Teknik Mengelola Brand Equity Dan Strategi Pengembangan Merek. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Sekaran, Uma, (2006). Metodologi Penelitian Untuk Bisnis. Jakarta: Salemba Empat.

Sugiyono, (2004). Metode Penelitian Bisnis.Cetakan ke-11.Bandung: CV. Alfabeta.

Sugiyono, (2012). Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods): CV. Alfabeta.

Sulianto, (2006). Metode Riset Bisnis. Yokyakarta: Andi

Umar, Husein. (1997). Metode Penelitian Aplikasi dalam Pemasaran.Jakarta : Gramedia

PustakaUtama

Husein Umar. (2002).Metode Penelitian Untuk Skripsi, dan Tesis Bisnis. Jakarta: PT RajaGrafindo.

Umar, Husein. (2003). Metode Riset Bisnis. Jakarta: Gramedia PustakaUtama.

Umar, Husein (2004), Marketing Management, Pendekatan Pada Nilai-Nilai Pelanggan, Edisi Kedua, Bayu Media Publishing; Malang

Umar, Husein (2005). Riset Konsumen Dan Perilaku Konsumen, Gramedia. Pustaka Utama. Jakarta.

https://hillunvilaylnapis.wordpress.com/2013/09/08/eksistensi-media-cetak-dalam-era-konvergensi-media/

Downloads

Published

2022-10-15

How to Cite

Yulianti, S. (2022). ANALISIS HUBUNGAN STRATEGI MANAJEMEN KOMUNIKASI PEMASARAN DENGAN LOYALITAS MEREK MAJALAH TEMPO PADA ANGGOTA TEMPO KOMUNITAS. JURNAL ECONOMINA, 1(2), 159–176. https://doi.org/10.55681/economina.v1i2.35