ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENGGUNAAN INFORMASI AKUNTANSI PADA USAHA KECIL DAN MENENGAH

Authors

  • Achmad Nur Fuad Chalimi Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Gempol
  • Mida Azizah Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Gempol

DOI:

https://doi.org/10.55681/economina.v2i1.290

Keywords:

Informasi Akuntansi, Pelatihan Akuntansi, Skala Usaha, Tingkat Pendidikan, Usaha Kecil dan Menengah

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi penggunaan informasi akuntansi pada usaha kecil dan menengah dengan mengunakan variabel tingkat pendidikan, pelatihan akuntansi, dan skala usaha atas penggunaan informasi akuntansi usaha kecil dan menengah di bidang garmen yang ada di Desa Kates Kecamatan Kauman Kabupaten Tulungagung. Jenis penelitian yang digunakan jenis penelitian kuantitatif, fokus penelitian ini terletak pada tingkat pendidikan, pelatihan akuntansi, skala usaha, dan penggunaan informasi akuntansi. Jumlah responden dalam penelitian ini sebanyak 40 responden. Pengambilan data penelitian melalui sebar angket (kuesioner) dan kemudian di oleh menggunakan program SPSS untuk mengetahui hasil. Dari hasi penelitian menunjukkah bahwa tingkat pendidikan, pelatihan akuntansi, dan skala usaha secara bersama-sama mempunyai pengaruh penggunaan informasi akuntansi, sedangkan secara parsial/dominan yang mempunyai pengaruh yang besar adalah pelatihan akuntansi karena hasilnya menunjukkan yang paling besar daripada tingkat pendidikan dan skala usaha. Sehingga dapat diketahui bahwa penelitian ini yang paling utama adalah terletak pada pelatihan akuntansi pada UKM di Desa Kates Kecamatan Kauman Kab. Tulungagung.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Andriani, N., & Zuliyati. (2015). Faktor-faktor yang Mempengaruhi Penggunaan Informasi Akuntansi (Studi pada UMKM Kain Tenun Ikat Troso Jepara). In Prosiding Seminar Nasional Kebangkitan Teknologi (pp. 41–52).

Aufar, A. (2013). Faktor-faktor yang Mempengaruhi Penggunaan Informasi Akuntansi pada UMKM (Survei pada Perusahaan Rekanan PT. PLN (Persero) di Kota Bandung). Skripsi, Universitas Widyatama.

Badan Pusat Statistik. (t.t.). Diambil pada 04 Oktober 2018, dari BPS: http://www.se2016.bps.go.id

Bank Indonesia (t.t). Diambil pada 18 Desember 2018, dari BI: http://www.bi.go.id

Budiyanto, H. (2014). Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Penggunaan Informasi Akuntansi pada Perusahaan Tenun Troso Jepara. Skripsi Tertutup, Universitas Islam Nahdatul Ulama’.

Dinas Perindustrian Perdagangan dan Koperasi Kota Yogyakarta (t.t.). Diambil pada 04 Oktober 2018, dari Jogjakota: http://umkm.jogjakota.go.id

Freeman, R.E. (1984). Strategic Management: A Stakeholder Approach. Boston: Pitman Publishing Inc.

Ghozali, I. (2013). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 21 Update PLS Regresi (7th Ed.). Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Hadi, M. (2016). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Penggunaan Informasi Akuntansi Pada Umkm Di Kabupaten Sragen. Publikasi Ilmiah, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Haisir, M.M. (2017). Pengaruh Pengungkapan Corporate Social Responsibility Terhadap Earning Response Coefficient (Studi pada Perusahaan yang Terdaftar di Jakarta Islamic Index (JII) Tahun 2013-2015). Tesis, UIN Raden Intan Lampung.

Hall, J. A. (2009). Accounting Information System. Jakarta: Salemba Empat.

Holmes, S., & Nicholls, D. (1998). An Analysis of the Use of Accounting Information by Australian Small Business. In Journal of Small Business Management, 26 (20).57-68.

Ikatan Akuntan Indonesia. (2018). Standar Akuntansi Keuangan Entitas Mikro, Kecil, dan Menengah. Jakarta: Ikatan Akuntan Indonesia.

Jensen, M. C., & Meckling, W. H. (1976). Theory of the Firm: Managerial Behavior, Agency Costs, and Ownership Structure. The Economic Nature of the Firm: A Reader, Third Edition, 3, 305–360.

Kamus Besar Bahasa Indonesia (t.t.). Diambil pada 18 Desember 2018, dari KBBI Daring: https://kbbi.kemdikbud.go.id

Keyso, D. E., Weygandt, J. J., & Warfield, T. D. (2017). Intermediate Accounting IFRS Edition (3rd Ed.). New York: Wiley.

Meiliana, K., & Dewi, A. F. (2015). Analisis Penggunaan Sistem Informasi Akuntansi pada Usaha Kecil dan Menengah di Yogyakarta. MODUS, 27(1), 29–40.

Pemerintah Republik Indonesia (2003). UU no 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta.

Pemerintah Republik Indonesia (2008). UU no 20 Tahun 2008 tentang Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah. Jakarta.

Puspitawati, L., & Anggadini, S. D. (2014). Sistem Informasi Akuntansi. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Sandrayati, Masnila, N., & Sari, Y. (2016). Pendidikan dan Pelatihan dalam Kaitannya dengan Pemahaman dan Penerapan Akuntansi pada UKM. In Sosial, Ekonomi, dan Humaniora (pp. 800–805).

Saunders, M., Lewis, P., & Thornhill, A. (2012). Research Methods for Business Students (6th Ed.). London: Pearson.

Sekaran, U., & Bougie, R. (2017). Metode Penelitian untuk Bisnis (6th Ed.). Jakarta: Salemba Empat.

Suwardjono. (2014). Teori Akuntansi Perekayasan Pelaporan Keuangan. Yogyakarta: BPFE-YOGYAKARTA.

Tanjung, M. A. (2017). Koperasi dan UMKM. Jakarta: Erlangga.

Trihendradi, C. (2009). Step by Step SPSS 16 Analisis Data Statistik. Yogyakarta: ANDI.

Wahyudi, M. (2009). Analisis Faktor - Faktor yang Mempengaruhi Penggunaan Informasi Akuntansi pada Usaha Kesil dan Menengah (UKM) di Yogyakarta. Tesis Tertutup, Universitas Diponegoro.

Weygandt, J. J., Kimmel, P. D., & Keyso, D. E. (2015). Financial Accounting IFRS Edition (3rd Ed.). New York: Wiley.

Downloads

Published

2023-01-15

How to Cite

Chalimi, A. N. F., & Azizah, M. (2023). ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENGGUNAAN INFORMASI AKUNTANSI PADA USAHA KECIL DAN MENENGAH. JURNAL ECONOMINA, 2(1), 293–302. https://doi.org/10.55681/economina.v2i1.290