Pengaruh E-Commerce, Pengetahuan Akuntansi, dan Inovasi Produk terhadap Pengelolaan Keuangan UMKM di Kota Batu

Authors

  • Vina Kristanti Universitas Widyagama Malang
  • M. Sodik Universitas Widyagama Malang
  • Zainudin Universitas Widyagama Malang

DOI:

https://doi.org/10.55681/economina.v3i8.1449

Keywords:

Accountimg Knowledge, E-commerce, Product Innovation, UMKM

Abstract

UMKM  are considered to be one of the businesses that contribute significantly to the development of the economy in Indonesia. The purpose of this research is to determine the influence of e-commerce usage, accounting knowledge, and product innovation on the financial management of UMKM. The approach used in this research is quantitative correlational. Data collection technique uses a questionnaire method distributed to 100 respondents who are UMKM players as samples. The data instruments used are validity test, reliability test, and classic assumption test consisting of normality test, multicollinearity test, and heteroscedasticity test. Data analysis technique uses multiple linear regression analysis, while hypothesis testing uses F-test, t-test, and coefficient of determination test. The results obtained from this research show that simultaneously e-commerce, accounting influence, and product innovation influence the financial management of UMKM in Batu City. However, when tested partially, only e-commerce and accounting knowledge have a significant positive influence on the financial management of UMKM in Batu City.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agropolitan, B. (2023, Agustus 15). 331 UMKM Kota Batu Mampu Ekspor Produk.

Ardyan, E., & Putri, O. T. (2016). DAMPAK POSITIF SEORANG WIRAUSAHA YANG MEMILIKI KOMPETENSI KEWIRAUSAHAAN PADA KESUKSESAN INOVASI PRODUK DAN KINERJA BISNIS. Jurnal Kewirausahaan dan Usaha Kecil Menengah.

Asril, J. (2019). Insider Trading Di Pasar Modal Sebagai Kejahatan Bisnis. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi) Volume 3 No. 1.

Dewi, N. N., & Nasution, D. A. (2023). PENTINGNYA PENERAPAN E-COMMERCE BAGI UMKM SEBAGAI SALAH SATU BENTUK PEMASARAN DIGITAL DALAM MENGHADAPI REVOLUSI INDUSTRI 4.0 Vol. 1 No.3. Jurnal Pijar, 568.

Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Semarang: Badan Penerbit UNDIP.

GreatNusa. (2023, Mei 5). 8 Pengertian Manajemen Keuangan Menurut Para Ahli.

Imelinudiyana, O. (2022). Pengaruh Inovasi Produk, Kualitas Produk, Pengendalian Internal, dan Penggunaan Sistem Informasi Akuntansi Terhadap Kinerja UMKM di Kota Demak. Semarang.

Kemenkeu. (2023, Juni 27). Kontribusi UMKM dalam Perekonomian Indonesia.

Khadijah, & BR Purba, N. M. (2021). Analisis Pengelolaan Keuangan pada UMKM di Kota Batam Vol. 5 No. 1. Owner: Riset & Jurnal Akuntansi, 53.

Lestanti, D. (2015). PENGARUH PENGETAHUAN AKUNTANSI, PENGALAMAN USAHA, DAN MOTIVASI KERJA TERHADAP PERSEPSI PENGGUNAAN INFORMASI AKUNTANSI PADA PELAKU UMKM DI BOYOLALI.

Natsiruddin, A., Hasanah, N., & Armeliza, D. (2023). PENGARUH E-COMMERCE, BUDAYA ORGANISASI, DAN PENGETAHUAN AKUNTANSI TERHADAP KINERJA USAHA MIKRO, KECIL, DAN MENENGAH Vol. 4 No. 2. Jurnal Akuntansi, Perpajakan, dan Auditing, 470 - 485.

Pradana, M. (2015). KLASIFIKASI JENIS-JENIS BISNIS E-COMMERCE DI INDONESIA Volume 9, No.2. Jurnal Neo-bis, 33.

Priyatno. (2008). Mandiri Belajar SPSS. Mediakom.

Purnomo, H., Jannah, M., & Irawati. (n.d.). Pengaruh Orientasi Kewirausahaan dan Inovasi Produk Terhadap Kinerja UMKM Batik Gedog Khas Tuban.

Riadi, M. (2022, Juni 20). Inovasi Produk (Aspek, Jenis, Indikator dan Penyebab).

Sanger, G. W., Manossoh, H., & M., C. W. (2023). Evaluasi Kinerja Keuangan Dengan Metode Value for Money Pada Badan Keuangan dan Aset Daerah Kota Manado Vol. 6 No. 2. Jurnal LPPM Bidang EkoSosBudKum, 1195.

Saskia, D. H., & Yulhendri. (2020). Pengaruh Tingkat Literasi Keuangan terhadap Pengelolaan Keuangan pada Pelaku UMKM Binaan Rumah Kreatif BUMN Padang. ejournal.unp.ac.id, 365.

Shinta, A. (2021, Mei 11). Pengertian Ecommerce Menurut Ahli, Jenis, dan Manfaatnya.

Siagian, A. O., & Indra, N. (2019). PENGETAHUAN AKUNTANSI PELAKU USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH (UMKM) PADA LAPORAN KEUANGAN Vol. 4 No. 12. Jurnal Ilmiah Indonesia, 18.

sikapiuangmu.ojk.go.id. (n.d.). Pengusaha UMKM Juga Perlu Pengelolaan Keuangan Loh.

Sinaga, D. (2014). Buku Ajar Statistik Dasar. Jakarta Timur: Uki Press.

Sugiarto, E. A. (2023). The Influence of Financial Literacy, Ability to Compile Financial Reports, and Use of E-commerce on MSME Performance. Yogyakarta.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: Alfabeta.

Susanti, D. A., Zuliyati, & Laili, K. N. (2023). PENGARUH E-COMMERCE, PENEGTAHUAN AKUNTANSI, MODAL USAHA, DAN KARAKTERISTIK WIRAUSAHA TERHADAP KINERJA UMKM DI KOTA DEMAK Vol. 1 No. 1. Jurnal akuntansi Edukasi Nusantara ICMA, 23-29.

Susilawati, C. E. (2020). Asymmetric Information: Tinjauan Berdasarkan Rekomendasi Analis Sekuritas dan Revisi Earning Forecat. Ekonomis: Journal of Economics and Business, 4(1), Maret 2020: 88-99.

Tatang Ary Gumanti, E. S. (n.d.). Bentuk Pasar Efisien dan Pengujiannya. Jurnal Akuntansi & Keuangan Vol. 4, No. 1, Mei 2002: 54-68.

Triantoro, A. B. (2020). Pengaruh E-commerce, Budaya Organisasi, dan Penggunaan Sistem Informasi Akuntansi Terhadap Kinerja Keuangan Perusahaan Pada Usaha Micro Kecil dan Menengah (UMKM) di Kota Semarang. Semarang.

UNDANG-UNDANG REPUBLIK INDONESIA NOMOR 20 TAHUN 2008 Tentang Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah. (2008, Juli 4).

Utami, N., & Syahbudi, M. (2022). PENGARUH E-COMMERCE DAN INOVASI PRODUK DALAM MENINGKATKAN PENJUALAN UMKM (STUDI KASUS: UMKM KOTA BINJAI) Vol. 7 No. 4. Jurnal Masharif Al-Syariah: Jurnal Ekonomi dan Perbankan Syariah, 1209-1219.

Xaioqun L., C. H. (2024). The asymmetric effect of information shock on overnight and intraday expected returns: Evidence from Chinese A-share stock market. Pacific-Basin Finance Journal.

Yulianti, E. (2020). Pengujian Efisiensi Pasar Bentuk Lemah Pada Periode Bullish dan Bearish di Brusa Efek Indonesia. Jurnal Administrasi Bisnis.

Yuscintara, B. A., & Hendrani, A. (2022). Pengaruh E-commerce dan Sistem Informasi Akuntansi Terhadap Efektivitas Kinerja Keuangan Pada Pelaku UMKM di Tangerang. journal.ikopin, 257.

Downloads

Published

2024-08-14

How to Cite

Kristanti, V., Sodik, M., & Zainudin, Z. (2024). Pengaruh E-Commerce, Pengetahuan Akuntansi, dan Inovasi Produk terhadap Pengelolaan Keuangan UMKM di Kota Batu. JURNAL ECONOMINA, 3(8), 815–827. https://doi.org/10.55681/economina.v3i8.1449