Pengaruh Kompetensi, Motivasi dan Budaya Organisasi terhadap Kinerja Dosen di STAI Bumi Silampari Kota Lubuklinggau

Authors

  • Indah Winarni Universitas Bina Insan Lubuklinggau
  • Muhammad Yusuf Universitas Bina Insan Lubuklinggau
  • Gunadi Rusydi Universitas Bina Insan Lubuklinggau

DOI:

https://doi.org/10.55681/economina.v3i4.1299

Keywords:

Budaya Organisasi, Kinerja Pegawai, Kompetensi, Motivasi

Abstract

Penelitian ini dilakukan di Pada Lembaga Perguruan Tinggi Sekolah Tinggi Aagama Islam Bumi Silampari Kota Lubuklinggau. Tujuan penelitian untuk mengetahui Pengaruh Kompetensi, Motivasi dan Budaya organisasi Terhadap Kinerja Dosen Pada STAI Bumi Silampari Kota Lubuklinggau. Sampel penelitian ini adalah seluruh dosen Sekolah Tinggi Agama Islam Bumi Silampari Kota Lubuklinggau yang berjumlah 41 orang. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian iniadalah pengujian regresi linear berganda, uji koefisien determinasi, uji F dan uji t. Hasil penelitian menunjukkan Kompetensi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja dosen pada Sekolah Tinggi Agama Islam Bumi Silampari Kota Lubuklinggau. Motivasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja dosen pada STAI Bumi Silampari  Kota Lubuklinggau. Budaya Organisasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja dosen pada Sekolah Tinggi Agama Islam Bumi Silampari Kota Lubuklinggau. Kompetensi dan motivasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja dosen pada Sekolah Tinggi Agama Islam Bumi Silampari Kota Lubuklinggau.Kompetensi dan budaya organisasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja dosen pada Sekolah Tinggi Agama Islam Bumi Silampari Kota Lubuklinggau.Motivasi dan budaya organisasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja dosen pada Sekolah Tinggi Agama Islam Bumi Silampari  Kota Lubuklinggau.Kompetensi, motivasi dan budaya organisasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja dosen pada Sekolah Tinggi Agama Islam Bumi Silampari  Kota Lubuklinggau.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto, S. (2015). Prosedur Penelitian Edisi Revisi (R. Cipta (ed.); 10th ed.). Jakarta.

Badrudin. (2017). Dasar-dasar Manajemen (Alfabheta (ed.); 1st ed.). Bandung.

Busro, A. (2018). Teori-teori Manajemen Sumber Daya Manusia (P. Group (ed.)). Jakarta.

Darodjat, Achmad. 2018 Konsep Konsep Dasar Manajemen Personalia Masa Kini. Jakarta: Gramedia

Donni, Juni Priansa. 2016. Perencanaan dan Pengembangan SDM.edisi revisi. Bandung: Alfabeta.

Fahmi, Irham. 2015. Manajemen Kepemimpinan. Bandung: Alfabeta.

Gaol, C. J. (2017). Human Capital Manajemen Sumber Daya Manusia (Gramedia (ed.)). Jakarta.

Hasibuan, H.Malayu. 2015. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Bumi Aksara.

Kasmir. (2016). Manajemen Sumber Daya Manusia (R. Cipta (ed.)). Jakarta.

Rachmawati, R., Istiyanto, J., Munirudin, Rahimah, M., Bariyanto, Nugroho, W., & Fadhlina. (2018). Pedoman Operasional Penilaian Angka Kredit jabatan Akademik Dosen Universitas Indonesia. 1–177.

Sanjaya, W. (2015). Ilmu Pendidikan. Alfabheta.

Silalahi, U. (2016). Asas-asas Manajemen (R. Aditama (ed.)). Bandung.

Sopiah. 2018. Perilaku Organisasi. Yogyakarta: Andi.

Sudjana. 2016. Penelitian dan Penilaian Pendidikan. Jakarta: Sinar Baru.

Sugiyono. (2017). Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D (Alfabheta (ed.)). Jakarta.

Supriadi. 2015. Mengangkat Citra dan Martabat Guru. Jakarta: Adi Cita Karya Nusa.

Sutrisno, E. (2016). Manajemen Sumber Daya Manusia (P. Group (ed.)). Jakarta.

Tinggi, D. J. P. (2010). Pedoman Beban Kerja Dosen dan Evaluasi Pelaksanaan Tridharma Perguruan Tinggi. In D. P. Nasional (Ed.), 1 (p. 18). Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi.

Uno, H. B. (2015). Guru Profesional. Grafindo.

Wibowo. (2016a). Budaya Organisasi. Grasindo Persada.

Wibowo. (2016b). Manajemen Kinerja (Grasindo (ed.)). Jakarta.

Downloads

Published

2024-04-29

How to Cite

Winarni, I., Yusuf, M., & Rusydi, G. (2024). Pengaruh Kompetensi, Motivasi dan Budaya Organisasi terhadap Kinerja Dosen di STAI Bumi Silampari Kota Lubuklinggau. JURNAL ECONOMINA, 3(4), 575–582. https://doi.org/10.55681/economina.v3i4.1299