Determinan Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kualitas Laporan Keuangan (Studi pada Jakarta Islamic Index)

Authors

  • Abid Muhammad Harahap Universitas Pamulang
  • Tsarina Zenabia Universitas Pamulang

DOI:

https://doi.org/10.55681/economina.v3i3.1234

Keywords:

Komite Audit, Kualitas Audit, Kualitas Laporan Keuangan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi kualitas laporan keuangan perusahaan yang terdaftar di Jakarta Islamic Index (JII). Kualitas laporan keuangan menjadi krusial dalam pengambilan keputusan oleh pemangku kepentingan seperti investor, kreditor, dan regulator. Penelitian ini mengidentifikasi variabel-variabel independen yang diyakini memiliki pengaruh signifikan terhadap kualitas laporan keuangan, termasuk ukuran perusahaan, leverage, profitabilitas, dan corporate governance. Metode penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan pengumpulan data sekunder dari laporan keuangan tahunan perusahaan yang terdaftar di JII selama periode penelitian. Analisis regresi linier berganda digunakan untuk menguji hubungan antara variabel independen dan dependen. Pengujian statistik dilakukan untuk mengukur signifikansi pengaruh masing-masing variabel. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi pemahaman yang lebih baik tentang faktor-faktor yang mempengaruhi kualitas laporan keuangan perusahaan yang beroperasi dalam lingkungan ekonomi dan bisnis berbasis syariah. Implikasi dari penelitian ini diharapkan dapat membantu perusahaan dan regulator dalam meningkatkan transparansi dan akuntabilitas keuangan, serta memberikan panduan bagi penelitian lebih lanjut dalam domain ini.

Downloads

Download data is not yet available.

References

A. Wangsawidjaja, (2012). Pembiayaan Bank Syariah. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Afrizal (2018) Teori Akuntansi Jambi, Salim Media Indonesia

Agoes, S. (2014). Auditing: Petunjuk Praktis Pemeriksaan Akuntan oleh Akuntan Publik Buku 1. Jilid 1 Edisi 3. Jakarta: Salemba Empat.

Ak, A., & Wahjoe, D. (2015). Pengaruh Kualitas Audit, Komite Audit, Dan Ukuran Perusahaan Terhadap Manajemen Laba.

Alvin C, (2011). Pengaruh Efektivitas Komite Audit Terhadap Relevasi Nilai Laba Bersih dan Arus Kas Dari Kegiatan Operasi. Program Manajemen Kekhususan Manajemen Keuangan, Jakarta: Universitas Indonesia.

Amir, A,. J, (2003) Auditing Pendekatan Terpadu Jakarta: Salemba Empat). Araujo, & Albino D. (2014). Analisis Laporan Keuangan Untuk Mengukur

Arifin, & Johar. (2017). SPSS 24 Untuk Penelitian Dan Skripsi. E-Book.

Arwani, & Agus. (2016). Konstruksi Hukum Ekonomi Syariah Dalam Fiqh Anggaran Yang Bebasis Akuntansi Syariah. Al-Hakam: Jurnal Ilmu Syari’ah Dan Hukum.

Audita, Cahya, C,. Sucipto, & Khairiyani, (2019) Faktor - Faktor yang Mempengaruhi Audit Delay Pada Perusahaan JII Periode 2014 – 2017,

Biddle, G. C, dan Hillary, G. (2006). Accounting Quality and Firm-Level Capital Investment. The Accounting Review. 81(963-982).

Biddle, Gary. C., G. Hillary, & Verdi, R. S. (2009). How Does Financial Reporting Quality Relate to Investment Efficiency Journal of Accounting and Economics.

E-Book. Jakarta: PT Elex Media Komputindo

Fazanah. (2019). Pengaruh Current Ratio (CR), Return On Equity (ROE), Net Profit Margin (NPM), Dan Earning Per Share (EPS) Terhadap Harga Saham Pada Perusahaan Industri Barang Konsumsi Yang Terdaftar Di BEI Tahun 2015- 2018. Skripsi. Program Studi Akuntansi Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi GICI Depok.

Fifi Yuniarti. (2017) Pengaruh struktur kepemilikan, ukuran komite audit dan kualitas audit terhadap integritas laporan keuangan (studi empiris perusahaan manufaktur yang terdaftar di bursa efek indonesia tahun 2011-2015). Universitas Pamulang, Tangerang Selatan.

Ghozali, Imam. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 25. Edisi 9. Semarang: Undip.

Hardjito, Agus, dan Martono. (2005). Manajemen Keuangan. Edisi Kelima.

Herispon, (2018) Buku ajar, Analisis Laporan Keuangan Pekan Baru: Akademi keuangan dan perbankan Riau

Ikatan Akuntan Indonesia. (2015). Pernyataan Standar akuntansi Keuangan No.1. Jakarta: Salemba Empat.

Ikatan Akuntansi Indonesia. (2012). Pernyataan Standar Akuntansi Keuangan. Jakarta Salemba Empat.

Internal Dalam Menentukan Non Performing Financing Bank Umum Syariah Di Indonesia. Jurnal Bisnis dan Ekonomi.

Istiana, K. (2019) Pengaruh komite audit, kualitas audit dan leverage terhadap integritas laporan keuangan (studi empiris pada perusahaan retail yang terdaftar di bursa efek Indonesia tahun 2014-2017). Universitas Pamulang, Tangerang Selatan.

Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Jakarta: Salemba Empat

Kashif, M. (2020). Covid-19 and the Future of Microfinance: Evidence and Insights from Pakistan, Forthcoming Oxford Review of Economic Policy (Special Issue).

Kasmir. (2013). Analisis Laporan Keuangan. Rajawali Pers: Jakarta Keputusan Menteri Keuangan.

Kinerja Keuangan Perusahaan. Timor Leste.

Laucereno, Sylke Febrina, Gubernur BI: Kami minta perbankan segera turunkan bunga kredit.

Mares, Suci, & Popita (2013). Analisis Penyebab Terjadinya Non Performing Financing Pada Bank Umum Syariah Di Indonesia. Accounting Analysis Journal.

Mathius, T. (2016). Kualitas audit dan pengukurannya, Jakarta: Alfabeta. Maya, S, & Ningsih. (2018) Pengaruh komite audit, firm size dan leverage

Muhammad Fahdi. (2018). Pengaruh Independensi dan Kompetensi Terhadap Kualitas Audit (Studi Empiris Pada Inspektorat Seprovinsi Riau). Jurnal Valuta.

Mulyadi. (2014). Auditing. Edisi Keenam. Jakarta: Salemba Empat. Munawir. (2007). Analisa Laporan Keuangan, Yogyakarta: Liberty. Mutamimah, Siti N, & Zaidah, C. (2012). Analisis Eksternal Dan

Naurah, N,. & Arramadani, (2016) Skripsi, “Pengaruh Kualitas Audit Dan Komite Audit Terhadap Kualitas Pelaporan Keuangan Perusahaan Yang Terdaftar Di Jakarta Islamic Index (JII)”.

Pergerakan Jakarta Islamic Index (JII) Masih didukung Oleh Sejumlah Sentimen Positif.

Permata, G.S. (2018). Pengaruh Pergantian Auditor, Tenur Audit, dan Frekuensi Rapat Komite Audit Terhadap Kualitas Laporan Keuangan dengan 70 Kualitas Audit Sebagai Variabel Moderating. Jurnal Akuntansi Bisnis, Universitas Katolik Soegijapranata.

Pramesti, & Getut. (2014). Kupas Tuntas Data Penelitian Dengan SPSS 22.

Purba, & Antilan. (2010). Sastra Indonesia Kontemporer. Yogyakarta: Graha ilmu

Raharjaputra, & Hedra, S., (2011). Manajemen Keuangan dan Akuntansi.

Riyanto, S & Hatmawan. (2020). Metode riset penelitian kuantitatif. E-Book.

Rosmiati Desy. (2018). Pengaruh Profitabilitas, Ukuran Perusahaan, Kebijakan Dividen, Keputusan Investasi, Dan Kebijakan Utang Terhadap Nilai Perusahaan (Studi Pada Perusahaan Manufaktur Sektor Industry Barang Konsumsi Yang Terdaftar Di BEI Tahun 2014-2015). Skripsi. Program Studi Akuntansi Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi GICI Depok.

Skripsi, Jambi: UIN Sulthan Thaha Saifuddi.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi dan R&D.Bandung: Penerbit Alfabeta.

Sugiyono. (2021). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Terhadap kualitas pelaporan keuangan (studi empiris pada perusahaan bumn yang terdaftar di Bursa efek indonesia tahun 2011-2016). Universitas Pamulang, Tangerang Selatan.

Umarudin Kurniawan. (2018) “Pengaruh Struktur Corporate Governance, Ukuran Perusahaan, dan Kualitas Audit Terhadap Luas Pengungkapan Kompensasi Manajemen Kunci”. (Tesis Ilmu Akuntansi Universitas Lampung, Bandar Lampung).

www.idx.co.id

Yogyakarta: DEEPUBLISH.

Yogyakarta: EKONISIA.

Yulinda, N., Nasir, A., dan Idrus, R. (2016). Pengaruh komisaris independen, komite audit, leverage, pergantian auditor, dan spesialisasi industri auditor terhadap integritas laporan keuangan (Studi empiris pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEI tahun 2010-2013). Riau University.

Zainul. & Arifin. (2006). Dasar-dasar Manajemen Bank Syariah. Jakarta Alvabet ,

Zbigniew, Korzeb, & Reyes, S,. Medina. (2019) Sustainability Performance: A Comparative Analysis in The Polish Banking Sector, Sustainability.

Downloads

Published

2024-03-20

How to Cite

Harahap, A. M., & Zenabia, T. (2024). Determinan Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kualitas Laporan Keuangan (Studi pada Jakarta Islamic Index). JURNAL ECONOMINA, 3(3), 465–476. https://doi.org/10.55681/economina.v3i3.1234