PENGEMBANGAN MEDIA MOBILE LEARNING MENGGUNAKAN KODULAR UNTUK MENUMBUHKAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL PADA MATERI PERBANDINGAN

Authors

  • Oka Syarifah Safitri Universitas Bhinneka PGRI
  • Diesty Hayuhantika Universitas Bhinneka PGRI Tulungagung

DOI:

https://doi.org/10.55681/armada.v1i10.945

Keywords:

Kondular, mobile learning, pemahaman konsep, pendekatan kontekstual, pengembangan perbandingan

Abstract

Salah satu cara untuk menumbuhkan pemahaman konsep siswa adalah dengan cara mengembangkan media pembelajaran. Media pembelajaran memiliki berbagai macam salah satunya yaitu media mobile learning. Dengan mengembangkan media mobile learning harapannya dapat menjadikan alternatif belajar siswa dalam materi perbandingan. Penelitian ini bertujuan: untuk mengetahui proses dan hasil pengembangan media mobile learning dengan pendekatan kontekstual menggunakan Kodular untuk menumbuhkan pemahaman konsep siswa pada materi perbandingan yang valid. Penelitian ini menggunakan model pemngembangan, yaitu model pengembangan Holistic 4D. Model ini memiliki 4 tahapan yaitu Define, Design, Develop, Deisiminate. Namun dalam penelitihan ini hanya menggunakan 3 tahapan yaitu Define, Design, dan Develop. Metode pengambilan data serta pengumpulan data dalam penelitian ini berupa angket kepada guru dan siswa. Hasil penelitian menunjukan bahwa media mobile learning yang dikembangkan memenuhi kriteria kevalidan dengan rincian berdasarkan penilaian ahli media mendapatkan presentase sebesar 73%, dari ahli matei sebesar 83%, dari praktisi/guru sebesar 81%, dan dari kelompok kecil sebesar 82%. Kesimpulan dari penelitian ini dalah media pembelajaran yang dikembangkan memiliki kriteria sangat baik dalam menumbukan pemahaman konsep matematika siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Apriandi, D., & Setyansah, R. K. (2017). Penerapan media simulasi MATLAB berbasis interactive coceptual untuk meningkatkan pemahaman konsep mahasiswa. Aksioma : Jurnal Pendidikan Matematika FKIP Univ. Muhammadiyah Metro, 6(2), 57–64.

Apriyanto, M. T., & Hilmi, R. A. (2019). Media pembelajaran matematika (mobile learning) berbasis android. Seminar Nasional Penelitian Pendidikan Matematika (SNP2M), 115–124.

Ariyanto, L., Rahmawati, N. D., & Haris, A. (2020). Pengembangan Mobile Learning Game Berbasis Pendekatan Kontekstual Terhadap Pemahaman Konsep Matematis Siswa. JIPMat, 5(1), 36–48.

Cahani, K., Effendi, K. N. S., & Munandar, D. R. (2021). Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Ditinjau Dari Konsentrasi Belajar Pada Materi Statistika Dasar. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 4(1), 215–224.

Itqan, M. S., Syaroni, W., & Tholib, A. (2018). Pengembangan Aplikasi Android “Hitung Cepat Matematika.” NJCA (Nusantara Journal of Computers and Its Applications), 3(2), 113–119.

Kodular Team. (2023). Kodular. https://docs.kodular.io/release-notes/

Komariyah, S., Afifah, D. S. N., & Resbiantoro, G. (2018). Analisis Pemahaman Konsep Dalam Memecahkan Masalah Matematika Ditinjau Dari Minat Belajar Siswa. SOSIOHUMANIORA: Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial dan Humaniora, 4(1), 1–8.

Maulana, L. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Mobile Learning Platform Android Keselamatan Kesehatan Kerja Dan Lingkungan Hidup ( K3Lh ) Pada Program Studi Ketenagalistrikan Untuk Materials for Students of Electrical Power Study Program of. Program Studi Pendidikan Teknik Mekatronika, 7(2), 197–207.

Nanlohy, A., Molle, J. S., & Gaspersz, M. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Aritmatika Sosial Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make a Match Di Kelas Vii-2 Smp Negeri 12 Ambon. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika Universitas Pattimura, 1, 7–12.

Nuraeni, I. (2014). Pengertian Media Penyuluhan Pertanian. Media Penyuluhan Pertanian, 1, 1–30.

Reigeluth, C. M., & An, Y. (2021). Merging the Instructional Design Process with Learner-Centered Theory. Routledge.

Setiadi, M. E., & Ghofur, M. A. (2020). Pengembangan media pembelajaran mobile learning berbasis android dengan pendekatan kontekstual pada mata pelajaran ekonomi kelas X IPS. Didaktis: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Pengetahuan, 20(3), 291–307.

Setiawan, R. (2020). Rancang Bangun Media Pembelajaran Berbasis Android Tanpa Coding Semudah Menyusun Puzzle. Jurnal Sistem Informasi dan Sains Teknologi, 2(2), 1–7.

Setyadi, D. (2017). Pengembangan Mobile Learning Berbasis Android Sebagai Sarana Berlatih Mengerjakan Soal Matematika. Satya Widya, 33(2), 87–92.

Sugandi I, & Benard M. (2018). Penerapan Pendekatan Kontekstual Terhadap Kemampuan Pemahaman Dan Komunikasi Matematis Siswa Smp. Jurnal Analisa, 4(1), 16–23.

Yenti, I. N. (2016). Pendekatan Kontekstual (Ctl) Dan Implikasinya Dalam Pembelajaran Matematika. Ta’dib

Downloads

Published

2023-10-20

How to Cite

Safitri, O. S., & Hayuhantika, D. (2023). PENGEMBANGAN MEDIA MOBILE LEARNING MENGGUNAKAN KODULAR UNTUK MENUMBUHKAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL PADA MATERI PERBANDINGAN. ARMADA : Jurnal Penelitian Multidisiplin, 1(10), 1253–1262. https://doi.org/10.55681/armada.v1i10.945