PENGARUH IKLAN DAN KEMUDAHAN BELANJA TERHADAP APLIKASI TIKTOK TERHADAP MINAT BELI MAHASISWA

Authors

  • Laila Umami Universitas Nahdlatul Ulama Kalimantan Barat
  • Ahmadi Universitas Nahdlatul Ulama Kalimantan Barat
  • Marhamah Universitas Nahdlatul Ulama Kalimantan Barat

DOI:

https://doi.org/10.55681/armada.v1i9.890

Keywords:

Kemudahan Belanja, Minat Beli, Pengaruh Iklan

Abstract

Salah satu contoh nyata yang terjadi dari segi bisnis di Indonesia adalah perkembangan jual-beli online di Indonesia yang beriringan berkembangnya dengan perkembangan internet itu sendiri. Sehingga dapat di katakan bahwa media sosial kini mempunyai kekuatan untuk mempengaruhi individu untuk melakukan suatu hal yang baru, contohnya ialah menumbuhkan minat beli seseorang akan suatu hal untuk membeli sesuatu. Rumusan masalah ini yaitu bagaimana pengaruh iklan dan kemudahan belanaja terhadap aplikasi TikTok terhadap minat beli mahasiswa. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh iklan dan kemudahan belanaja terhadap aplikasi TikTok terhadap minat beli mahasiswa. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif, teknik pengumpulan data menggukan kuesioner dan analisis data pada penelitian ini menggunakan uji kualitas data, asumsi klasik, uji koefisien determinasi R2, uji hipotesis serta metode analisis yang digunakan adalah metode analisis linear berganda.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: Iklan berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli mahasiswa dengan nilai t tabel 1,986 dan tingkat signifikan 0,002 < 0,05. Kemudan Belanja berpengaruh terhadap minat beli mahasiswa, dengan nilai t tabel 1,986 dan tingkat signifkan 0,001 <0,05. Iklan dan Kemudahan Belanja secara bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli mahasiswa, dengan nilai F hitung 43.168 > F tabel 3,095 dan tingkat signifikan 0,001 < 0,05. Besar nya pengaruh iklan dan kemudahan belanja terhadap minat beli mahasiswa 48,4%.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahsan, A. (2023). Pengaruh Iklan dan Promosi Penjualan Terhadap Minat Beli Pada E-Commerce TikTok Shop. SKRIPSI: Ahsan Ashari

Bohang, F. K. (2018, Desember). Berapa Junlah Pengguna Internet Indonesia? Retrieved from tekno.compas.com:

https:/tekno.compas.com/read/2018/02/22/16453177/berapa-jumlah-pengguna-internet-indonesia

Fanisa, R. (2023). Pengaruh Terpaan Konten Pada Media TikTok Tentang Produk Scarlett Whitening terhadap Minat Beli pada Siswa SMA Kawung 1 Surabaya. Universitas 17 Agustus 1945.

Fatihudin, A. F. (2019). Pemasaran Jasa: (Strategi, Mengukur Kepuasan Dan Loyalitas Pelanggan. Yogyakarta: CV Budi Utama.

Frida Eka Setianingsih,, & Fauzan Aziz. (2022). Pengaruh media sosial marketing TikTok terhadap minat beli online di shopee. Jurnal administrasi bisnis, 11(2), 107-116.

Hapzi Ali, Aan Widodo. (2022). Determinasi komunikasi pemasaran: Analisis iklan, personal selling dan public relation. vol 3, juli 2022

Kotler, P. a. (2016). Marketing Managemen. Pearson Education,Inc.

Marvelyn Chritabella, W. P. (2022). Pengaruh EPIC Model Terhadap Pembentukan Perilaku Konsumtif Generasi Z (Studi Iklan Racun Shopee Pada Aplikasi TikTok). Prologia 6 (2), 280-287, 2022.

Murad, S. &., & Law, W. (2020). Pengaruh Kualitas Produk, Daya tarik iklan Dan Potongan Harga Terhadap Minat beli konsumen Studi kasus pada PT. Capella Dinamik Nusantara Peunayong Cab. Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Manajemen Muhamadiyah aceh, 10(1).

Nabila Sahma Libriyanti., KYS Putri., &., & Marisa Puspita Sary. (2022). Pengaruh Terpaan Iklan Tokopedia X BTS Terhadap Minat Beli Ibu Rumah Tangga di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Komunikasi, 16(1), 26-37,2022.

Nikmatus Sholiqah,, & Khusnul Fikriyah. (2022). Pengaruh Online Consumer Review Influencer TikTok dan Label Halal Terhadap Minat Beli. 2(2), 2412-2431: JIKEM: Jurnal Ilmu Komputer, Ekonomi dan Manajemen.

Nurfebiaraning. (2017). Manajemen Periklanan. Yogyakarta: CV Budi Utama.

Nurul Aisyah. (2015). Pengaruh Kualitas Produk, Daya Tarik Iklan Terhadap Minat beli Indomie. Jurnal Khatulistiwa Informatika, Vol.3, No. 2 Desember 2015.

Philip Kotler. (2022). Manajemen Pemasaran. Jakarta: Prenhallindo.

Rahma, F. (2023). Pengaruh Terpaan Konten Pada Media TikTok Tentang Produk Scarlet Whiteniing Terhadap Minat Beli Pada Siswa SMA Kawang 1 Surabaya. Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya.

Rahma, F. (2023). Pengaruh Terpaan Konten Pada Media TikTok Tentang Produk Scarlet Whitening Terhadap Minat Beli pada Siswa SMA Kawung 1 Surabaya. Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya.

Salsabila. (n.d.). APAKAH IKLAN MEDIA CETAK MASIH EFEKTIF UNTUK MENDORONG MINAT BELI. Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Ma Chung Malang.

Saputra Randi. (2018). Pengaruh Iklan dan Citra Merek Terhadap Minat Beli Konsumen Produk Merek Honda. Vol.5.

Sulis, A. (2022). Pengaruh Content Marketig, Online Consumer Review Dan Online Consumer Rating Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Di Marketplace TikTokshop (Studi Kasus Mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam Iain Kudus Angkatan 2018). IAIN KUDUS.

Sugiyono. (2020). Metode Penelitian, Kuantitatif, Kualitatif, R&D,Bandung,Alfabeta

Tamsil, W. (2022). Pengaruh Iklan dan Kualitas Website Shopee di Media Sosial Instagram Terhadap Minat Beli Produk Fashion pada Marketplace Shopee dengan Kepercayaan Sebagai Variabel Mediasi Dalam Perspektif Bisnis Syariah (Studi Pada Masyarakat Bandar Lampung. UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

Wahyu, M. (2021). Pengaruh Iklan dan Aplikasi TikTok Terhadap Minat Beli Mahasiswa Manajemen Bisnis Syariah IAIN Polopo. SKRIPSI: Wahyu Mujiarti.

Wijaya, S. (2022). Pengaruh Kredibilitas Celebrity Endorser pada Platform TikTok Terhadap Minat Beli Produk Desert Box Bittersweet By Najla Di Kalangan Pengguna TikTok. Universitas Komputer Indonesia.

Downloads

Published

2023-10-10

How to Cite

Umami, L., Ahmadi, A., & Marhamah, M. (2023). PENGARUH IKLAN DAN KEMUDAHAN BELANJA TERHADAP APLIKASI TIKTOK TERHADAP MINAT BELI MAHASISWA. ARMADA : Jurnal Penelitian Multidisiplin, 1(10), 1185–1197. https://doi.org/10.55681/armada.v1i9.890