STRATEGI PEMASARAN PETERNAK AYAM RAS BROILER DI DUSUN KARYA BARU DESA TELUK BATANG KOTA

Authors

  • Ega Purnawati Universitas Nahdlatul Ulama Kalimantan Barat
  • Ahmadi Universitas Nahdlatul Ulama Kalimantan Barat
  • Efa Irdhayanti Universitas Nahdlatul Ulama Kalimantan Barat

DOI:

https://doi.org/10.55681/armada.v1i10.889

Keywords:

Ayam Broiler, Pemasaran, Strategi

Abstract

Di era globalisasi sekarang ini, usaha ayam broiler di Indonesia memiliki potensi yang begitu tinggi, sehingga sangat cocok untuk pelaku usaha dan peternak ayam di Indonesia. Merancang strategi dan cara pemasaran produk olahan ayam potong sangat penting dalam meningkatkan penjualan produknya. Untuk memenuhi permintaan masyarakat terhadap daging ayam broiler tersebut, dibutuhkan adanya kegiatan pemasaran yang bisa menyalurkan daging tersebut dari produsen ke konsumen. Dimana pemasaran pada intinya adalah aliran barang dari produsen ke konsumen. Kegiatan pemasaran merupakan faktor penting yang akan menentukan keberhasilan suatu pengusaha. Dalam penelitian ini metode yang digunakan penulis adalah metode penelitian kualitatif dengan melakukan studi kasus kepada objek yang diteliti. Menurut sugiyono (2019:16) metode penelitian kualitatif adalah sebagai metode penelitian yang berlandaskan pada filsafat alamiah (eksperimen) dimana peneliti sebagai instrumen, teknik pengumpulan data dan analisis data bersifat induktif/kualitatif dan lebih menekankan makna. Pemasaran mulut kemulut merupakan salah satu metode promosi yang berasal dari konsumen, oleh konsumen, dan untuk konsumen. Pelanggan yang merasa puas tidak hanya akan membeli kembali tetapi mereka juga adalah reklame yang berjalan dan berbicara untuk bisnis yang dijalankan. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa para pelaku usaha ayam broiler di Dusun Karya Baru Desa Teluk Batang Kota lebih cenderung melakukan pemasaran luring (mulu ke mulut) melalui pasar konversional ataupun datang langsung kerumah. Startegi pemasaran peternakan ayam broiler yang dimana menggunakan dari mulut ke mulut pada usaha ayam broiler didusun karya baru desa teluk batang kota dalam perspektif amanah menerapkan indikator-indikator diantaranya produk harus benar dipercaya dan aman untuk dikonsumsi oleh konsumen.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alhuda,Selfi. (2021). Strategi Pemasaran Ayam Kampung Di Bandar Lampung. Revenue Jurnal Manajemen Bisnis Islam.

Aryanto Idhar Satyadi,Pratama. (2021). Analisis Strategi Pemasaran Pada Peternakan Ayam Broiler Di Kelurahan Kendo Kota Bima. Phd Thesis Universitas Muhammadiyah Mataram.

Ali, roliyanto. "strategi pemasaran telur dengan pendekatan analisis swot pada peternakan ayam ras petelur di desa tilangobula, kecamatan suwawa timur, kabupaten bone bolangO." (2018).

Achmad, F. (2008). Strategi pemasaran ayam broiler PT. Janu Putra Sentosa Sleman (Doctoral dissertation, Universitas Gadjah Mada).

Anjelisa, Lisbeth Mananeke, dan Mirah Rogi. ―Analisis Pengaruh Strategi Segmentasi, Targeting Dan Positioning (STP) Terhadap Keputusan Pembelian Produk BP-Smart Protection Di AJB Bumiputera 1912 Cabang SAM Ratulangi Manado. (2018).

Christian A.D Selang. ―Bauran Pemasaran (Marketing Mix) Pengaruhnya Terhadap Loyalitas Konsumen Pada Fresh Mart Bahu Mall Manado.‖ Jurnal EMBA

Evasari, Aprilia Dian. Strategi Pemasaran Islami Dengan Media Sosial Untuk Meningkatkan Penjualan Produk.‖:Journal of Islamic Economi

Fatmawati, Dewi;Masithoh, Siti;Novita, Ita. (2018.). Keraaan Usaha Dan Strategi Pengembangan Peternak Ayam Ras Pedaging. Jurnal Agribisains,.

Fajar Tri Hermawan, Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus Pada Konsumen Motor Honda Di Komplek Graha Indah Bekasi)

Hidayat, R. (2021). Analisis Pemasaran Ayam Ras Pedaging (Broiler)Di Pt Tunas Satwa Mandiri Kota Pekan Baru. Phd Thesis. Universitas Islam Riau.

Hikmah, N. (2021). Strategi Bauran Pemasaran Dalam Meningkatkan Volume Penjualan Pada Usaha Ayam Potong Putra Sawunggarih Di Kecematan Karangnyar. Skripsi. Purwokerto. IAIN Purwokerto.

Jamaludin, Ajmad;Rohmad, Rohmad;Winahyu, Nastiti.(2019). Strategi Pengembangan Usaha Peternakan Ayam Pedaging (Broiler) Dikecamatan Kandat Kabipaten Kendiri. Jurnal Iilmiah Fillia Cendekia.

Kumalasari, Nindi Retno. ―Analisis Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan Volume Penjualan Produk Di Toko Ismart Dan Indomaret Ponorogo.

Nurhasahah, N. (2019). Analisis Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan Pangsa Pasar Usaha Peternakan Ayam Ras Pedaging(Broiler)Di Desa Parsangka Kec. Kota Sumenep. Phd Thesis Universitaswiraraja.

Priyono, Seti. Penerapan strategi pemasaran pada peternakan ayam pedaging (Studi Pada Peternakan Ayam Pedaging Antok, Kec. Panekan, Kab. Magetan). Diss. University of Muhammadiyah Malang, 2006.

Rozikin, Khoirur; Misbah, Achmad. (2019). Strategi Pemasaran Ayam Broiler Di Peternakan UD.RESTU IBU Dengan Menggunakan Metode SWOT.JKIE. Journal Knowledge Industrial Engineering.

Rahman, Ishak. "strategi pemasaran telur ayam ras di ud budi karsa kecamatan tilongkabila kabupaten bonebolango."

Sarabo,Apni. (2016). Strategi Pemasaran Ayam Ras Peaging(Broiler). Phd Thesis. Universitas Pasir Pengaraian.

Syarief,Rizal,Et Al. (2017). Strategi Pemasaran Doc Ayam Ras Pedaging Paa Cv Missouri,Bandung Jawa Barat. Manajemen Ikm Jurnal Manajemen Pengembangan Industri Kecil Menengah.

Wicaksono, Dani, Maghfirotul Amaniyah, and Yuliana Dewi Fatima. "Strategi Pemasaran Telur Ayam Ras Pada UD. Mahakarya Farm Desa Sarimulyo Kabupaten Banyuwangi." Jurnal Ilmiah Manajemen dan Kewirausahaan (JUMANAGE)

Downloads

Published

2023-10-10

How to Cite

Purnawati, E., Ahmadi, A., & Irdhayanti, E. (2023). STRATEGI PEMASARAN PETERNAK AYAM RAS BROILER DI DUSUN KARYA BARU DESA TELUK BATANG KOTA. ARMADA : Jurnal Penelitian Multidisiplin, 1(10), 1171–1184. https://doi.org/10.55681/armada.v1i10.889