PRAKTIK CSR PT PERTAMINA PATRA NIAGA FUEL TERMINAL TARAKAN PENINGKATAN KAPASITAS MASYARAKAT MELALUI RINTISAN SEKOLAH ADIWIYATA SD IT 1 MUSLIMAT KOTA TARAKAN

Authors

  • Dora Angkle Puspania PT. Pertamina Patra Niaga Fuel Terminal Tarakan

DOI:

https://doi.org/10.55681/armada.v1i10.887

Keywords:

CSR, Perilaku Peduli Lingkungan, Sekolah Adiwiyata

Abstract

Artikel ini bertujuan memberikan gambaran terhadap praktik CSR PT Pertamina Patra Niaga Fuel Termina Tarakan dalam implementasinya pada program Rintisan Sekolah Adiwiyata yang terletak di SD IT 1 Muslimat Kota Tarakan. Program berada di kelurahan Gunung Lingkas, kecamatan Tarakan Timur, kota Tarakan. Program yang di inisiasi sejak tahun 2022 ini berupaya menghasilkan manfaat bagi peningkatan kreatifitas dan pengetahuan sekolah dengan mengusung konsep cinta lingkungan. Sasaran program yang dimaksud adalah seluruh elemen yang ada di lingkungan sekolah antara lain guru, murid hingga wali murid secara keseluruhan dalam mendukung terealisasinya Sekolah Adiwiyata secara mandiri dan berkelanjutan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan menerapkan data sekunder yang diperoleh dari dokumentasi dan data base Perusahaan seperti profil, scope of work dan laporan implementasi program. Dari hasil penelitian ini menunjukkan 1) Program CSR FT Tarakan berjalan sesuai dengan perencanaan 2) Bentuk Kolaborasi Lintas Sektor terjalin dengan baik antara Perusahaan, Sekolah dan Dinas Lingkungan Hidup kota Tarakan 3) Luaran Kerjasama dalam bentuk MoU Sekolah dengan Dinas Lingkungan Hidup kota Tarakan 4) Local Hero yang menjadi promotor pencapaian kegiatan-kegiatan berbasis kesadaran Lingkungan (Sekolah Adiwiyata). Berdasarkan hasil capaian tersebut harapannya program ini mampu mendorong pencapaian tujuan Sekolah Adiwiyata di tingkat kota dan dapat memunculkan kesadaran lingkungan bagi seluruh pihak di lingkungan Sekolah SD IT 1 Muslimat Kota Tarakan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto., 1986, Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan, Jakarta: Bumi Aksara.

Collins, Jenny dan Tim Allender. 2013. “Knowledge transfer, educational change and the history of education: New theoretical frameworks”. Dalam History of Education

Review, Vol. 42, No. 2, Hlm. 112-118.

Bogdan, R. 1972. Participant Observation in Organizational Settings. Syracuse, New York: Syracuse University Press.

Erll, Astrid., Nünning, Ansgar. 2008. Cultural Memory Studies: An International and

Interdiciplinary Handbook. Berlin: Walter de Gruyter GmbH & Co.

Foucault, Michel. 1976. The Archaeology of Knowledge, terj. dari bahasa Prancis oleh Alan M. Sheridan Smith.New York: Harper & Row Publisher.

Guba, E. G. 1990. The paradigm dialog (Ed.).. Newbury Park, CA: Sage.

Hasan, S.H. 2012. Pendidikan Sejarah Indonesia, Isu dalam Ide dan Pembelajaran. Bandung: Penerbit Rizky.

Herdiansyah, Haris. 2010. Metodelogi Penelitian Kualitatif Untuk Ilmu-ILMU Sosial Jakarta: Salemba Humanika.

Hook, Sidney. 1999. The Hero on History. Boston: Beacon Press.

Keraf, S. (2010). Etika lingkungan hidup. Jakarta : PT Kompas Media Nusantara.

Kuntowijoyo. 2003. Metodologi Sejarah. Edisi Dua. Yogyakarta: Tiara Wacana.

Kurniawan, Ganda Febri. 2017. Pengajaran Sejarah Lokal sebagai Counter Wacana

Ekstremisme Global di Indonesia (Studi Kasus di Dua Tempat). hlm. 152-170. dalam

Anne Shakka Ariyani dan A. Harimurti (Edt.). Nasionalisme di Tengah Kewargaan

Budaya dan Ekstremisme Global. Yogyakarta: Sanata Dharma University Press.

Monalisa. (2013). Program Adiwiyata dalam pengelolaan Lingkungan Sekolah di SMPN 24 Padang. Skripsi. Universitas Negeri Padang.

Moerdiyanto. 2009, Teknik monitoring dan evaluasi (monev) dalam rangka memperoleh informasi untuk pengambilan keputusan manajemen. Yogyakarta.

Rosmiati, T dan Kurniady, A. 2008. Kepemimpinan Pendidikan. Manajemen Pendidikan. Tim Dosen Administrasi Pendidikan Universitas Pendidikan Indonesia. Bandung: Alfabeta.

Safrilsyah Syarif, dkk. Metode Penelitian Sosial, Ushuluddin Publishing, 2013.

Straus, Anseirn dan Juliet Corbin. 1990. Basics of qualitative research: Grounded theory procedures and techniques. Newbury Park, CA: Sage.

Sukmadinata, N. S, Metode Penelitian Pendidikan (Bandung: Remaja Rosdakarya, 2011).

Internet :

https://bp2sdm.menlhk.go.id/web/wpcontent/uploads/2020/05/Juknis%20Pembinaan%20Gerakan%20PBLHS.pdf

Downloads

Published

2023-10-03

How to Cite

Puspania, D. A. (2023). PRAKTIK CSR PT PERTAMINA PATRA NIAGA FUEL TERMINAL TARAKAN PENINGKATAN KAPASITAS MASYARAKAT MELALUI RINTISAN SEKOLAH ADIWIYATA SD IT 1 MUSLIMAT KOTA TARAKAN. ARMADA : Jurnal Penelitian Multidisiplin, 1(10), 1149–1157. https://doi.org/10.55681/armada.v1i10.887