PENINGKATAN KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU DALAM MENYUSUN RPP MELALUI SUPERVISI AKADEMIK PADA GURU SMK NEGERI 1 KOTA SERANG

Authors

  • Maksudi Zen Muttaqin SMK Negeri 1 Kota Serang

DOI:

https://doi.org/10.55681/armada.v1i4.472

Keywords:

kompetensi pedagogik, supervisi akademik

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah guna menambah kemampuan guru pada saat menyusun RPP. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah Penelitian Tindakan (action research) yang terdiri dari 2 putaran, tiap putaran meliputi perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Hasilnya terbukti bahwa (1) Merumuskan indikator meningkat 17,5%; (2) Menentukan bahan dan materi meningkat 13,3%; (3) Memilih strategi dan metoda meningkat 23,9%; (4) Memilih media dan alat meningkat 1997%; (5) Merencanakan evaluasi meningkat 20,5%. Kesimpulannya bahwa supervisi akademik dapat menambah kemampuan guru dalam hal penyusunan RPP.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto, Suharsimi, dkk. 2006. Penelitian Tindakan Sekolah. Jakarta : PT Bumi Aksara

Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta

Departemen Pendidikan dan Kebudayaan RI. 1982. Alat Penilaian Kemampuan Guru: Buku I. Jakarta: Proyek Pengembangan Pendidikan Guru.

Departemen Pendidikan dan Kebudayaan RI. 1982. Panduan Umum Alat Penilaian Kemampuan Guru. Jakarta: Proyek Pengembangan Pendidikan Guru.

Departemen Pendidikan dan Kebudayaan RI. Alat Penilaian Kemampuan Guru: Hubungan antar Pribadi. Buku III. Jakarta: Proyek Pengembangan Pendidikan Guru.

Departemen Pendidikan dan Kebudayaan RI. Alat Penilaian Kemampuan Guru: Prosedur Mengajar. Buku II. Jakarta: Proyek Pengembangan Pendidikan Guru.

Kurniasih, Imas dan Sani, Berlin. 2014. Teknik dan Cara Mudah Membuat Penelitian Tindakan Sekolah. Yogyakarta: PT Katapena

Rusman. 2014. Model-model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta:PT Raja Grafindo Persada.

Suhardjono, A. Azis Hoesein, dkk. 1995. Pedoman penyusunan KTI di Bidang Pendidikan dan Angka Kredit Pengembangan Profesi Guru. Digutentis, Jakarta : Diknas

Suhardjono. 2005. Laporan Penelitian Eksperimen dan Penelitian Tindakan Sekolah sebagai KTI, makalah pada Pelatihan Peningkatan Mutu Guru di LPMP Makasar, Maret 2005

Supardi. 2005. Penyusunan Usulan, dan Laporan Penelitian Penelitian Tindakan Sekolah, Makalah disampaikan pada “Diklat Pengembangan Profesi Widyaiswara”, Ditektorat Tenaga Pendidik dan Kependidikan Dirjen Pendidikan Dasar dan Menengah, Departemen Pendidikan Nasional.

Downloads

Published

2023-04-17

How to Cite

Muttaqin, M. Z. (2023). PENINGKATAN KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU DALAM MENYUSUN RPP MELALUI SUPERVISI AKADEMIK PADA GURU SMK NEGERI 1 KOTA SERANG. ARMADA : Jurnal Penelitian Multidisiplin, 1(4), 295–301. https://doi.org/10.55681/armada.v1i4.472