PENINGKATAN KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU DALAM MENYUSUN RPP MELALUI SUPERVISI AKADEMIK PADA GURU SMK NEGERI 1 KOTA SERANG
DOI:
https://doi.org/10.55681/armada.v1i4.472Keywords:
kompetensi pedagogik, supervisi akademikAbstract
Tujuan penelitian ini adalah guna menambah kemampuan guru pada saat menyusun RPP. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah Penelitian Tindakan (action research) yang terdiri dari 2 putaran, tiap putaran meliputi perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Hasilnya terbukti bahwa (1) Merumuskan indikator meningkat 17,5%; (2) Menentukan bahan dan materi meningkat 13,3%; (3) Memilih strategi dan metoda meningkat 23,9%; (4) Memilih media dan alat meningkat 1997%; (5) Merencanakan evaluasi meningkat 20,5%. Kesimpulannya bahwa supervisi akademik dapat menambah kemampuan guru dalam hal penyusunan RPP.
Downloads
References
Arikunto, Suharsimi, dkk. 2006. Penelitian Tindakan Sekolah. Jakarta : PT Bumi Aksara
Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta
Departemen Pendidikan dan Kebudayaan RI. 1982. Alat Penilaian Kemampuan Guru: Buku I. Jakarta: Proyek Pengembangan Pendidikan Guru.
Departemen Pendidikan dan Kebudayaan RI. 1982. Panduan Umum Alat Penilaian Kemampuan Guru. Jakarta: Proyek Pengembangan Pendidikan Guru.
Departemen Pendidikan dan Kebudayaan RI. Alat Penilaian Kemampuan Guru: Hubungan antar Pribadi. Buku III. Jakarta: Proyek Pengembangan Pendidikan Guru.
Departemen Pendidikan dan Kebudayaan RI. Alat Penilaian Kemampuan Guru: Prosedur Mengajar. Buku II. Jakarta: Proyek Pengembangan Pendidikan Guru.
Kurniasih, Imas dan Sani, Berlin. 2014. Teknik dan Cara Mudah Membuat Penelitian Tindakan Sekolah. Yogyakarta: PT Katapena
Rusman. 2014. Model-model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta:PT Raja Grafindo Persada.
Suhardjono, A. Azis Hoesein, dkk. 1995. Pedoman penyusunan KTI di Bidang Pendidikan dan Angka Kredit Pengembangan Profesi Guru. Digutentis, Jakarta : Diknas
Suhardjono. 2005. Laporan Penelitian Eksperimen dan Penelitian Tindakan Sekolah sebagai KTI, makalah pada Pelatihan Peningkatan Mutu Guru di LPMP Makasar, Maret 2005
Supardi. 2005. Penyusunan Usulan, dan Laporan Penelitian Penelitian Tindakan Sekolah, Makalah disampaikan pada “Diklat Pengembangan Profesi Widyaiswara”, Ditektorat Tenaga Pendidik dan Kependidikan Dirjen Pendidikan Dasar dan Menengah, Departemen Pendidikan Nasional.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 ARMADA : Jurnal Penelitian Multidisiplin
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.