PENGGUNAAN MODEL EXPLICIT INSTRUCTION GUNA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENYIMPAN ARSIP SISTEM NOMOR PADA SISWA KELAS XI OTKP SMK NEGERI 1 KOTA SERANG

Authors

  • Wirdayati SMK Negeri 1 Kota Serang

DOI:

https://doi.org/10.55681/armada.v1i4.454

Keywords:

Administrasi, Arsip, Explicit, Instruction

Abstract

Penelitian ini berdasarkan permasalahan : (a) Apakah pembelajaran model Explicit Instruction berpengaruh terhadap hasil belajar Penyimpanan Arsip? (b) Seberapa tinggi tingkat penguasaan materi pelajaran Penyimpanan Arsip dengan diterapkannya model Explicit Instruction? Tujuan dari penelitian ini adalah: (a) untuk mengungkap pengaruh model Explicit Instruction terhadap hasil belajar Penyimpanan Arsip. (b) Ingin mengetahui seberapa jauh pemahaman dan penguasaan mata pelajaran Penyimpanan Arsip setelah diterapkannya model Explicit Instruction. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (action research) sebanyak tiga putaran. Setiap putaran terdiri dari empat tahap yaitu: rancangan, kegiatan dan pengamatan, refleksi, dan refisi. Sasaran penelitian ini adalah siswa kelas XI OTKP 1 SMKN 1 Kota Serang. Data yang diperoleh berupa hasil tes formatif, lembar observasi kegiatan belajar mengajar. Dari hasil analis didapatkan bahwa prestasi belajar siswa mengalami  peningkatan dari siklus I sampai siklus III yaitu, siklus I (67.6%,), siklus II (80%), siklus III (90%). Simpulan dari penelitian ini bahwa penggunaan model Explicit Instruction dapat berpengaruh positif terhadap peningkatan prestasi belajar siswa kelas XI OTKP 1 SMKN 1 Kota Serang tahun pelajaran 2019/2020, serta metode pembelajaran ini dapat digunakan sebagai salah satu alternatif dalam pembelajaran Penyimpanan Arsip.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ali, Mohamad. 1993. Penelitian Kependidikan Prosedur dan Strategi. Bandung: Angkasa

Arikunto, Suharsimi. 2009. Dasar- Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara

---------------------------. 2010. Prosedur Penelitian suatu Pendekatan Praktik.

Jakarta: Rineka Cipta

Departemen Pendidikan Nasional, Pusat Bahasa. 2007. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka

Dimyati dan Mudjiono. 2010. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta

Djamarah, Syaiful Bahri. 2010. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Jaya

Dwi Qirana Shali, dkk. 2012. Penerapan Model Explicit Instruction dalam Memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) pada Mata Pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi (Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 11 Cirebon). cs.upi.edu (14-02-2013)

Endang R Sri, dkk. 2009. Modul Mengelola dan Menjaga Sistem Kearsipan untuk SMK dan MAK. Jakarta. Erlangga

Iru La, La Ode Saifun Arihi. 2012. Analisi Penerapan Pendekatan Metode, Strategi, dan Model-Model Pembelajaran. Multi Presindo: DIY

Iskandar.2011. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Gaung Persada (GP) Press Mulyasa.

Mulyono, dkk. 2011. Manajemen Kearsipan. Semarang: Unnes Press

Pendidikan Nasional Departemen. 2007. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta. Balai Pustaka

Rifa’i RC Achmad, Catharina Tri Anni. 2012. Psikologi Pendidikan. Semarang: Unnes Press

Soimah Siti. 2013. “Penerapan Model Pengajaran Langsung Melalui Pendekatan Explicit Instruction untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mengidentifikasi Dokumen Kantor Pada Siswa Kelas X AP SMK Negeri 1 Brebes”. Skripsi. Semarang: Fakultas Ekonomi UNNES

udjana, Nana. 2010a. Cara Belajar Siswa Aktif dalam Proses Belajar Mengajar.

Bandung: Sinar Baru Algensindo

--------------------. 2010b. Dasar- Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset.

Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

Trianto. 2011. Model-model pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik.

Jakarta: Prestasi Pustaka

-----------. 2012. Penelitian Tindakan Kelas Teori dan Praktek. Jakarta: Prestasi Pustaka Karya

Widoyoko, Eko Putro. 2012. Teknik Penyusunan Instrumen Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Yunita Noni Angelia, Pramudi Utomo. 2012. Peningkatan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Media Power Point dan Animasi Berbasis Macromedia Flash dengan Model Explicit Instruction pada Mata Pelajaran Desain Grafis Kelas XI IPA di SMA Negeri 11 Yogyakarta. Journal.student.uny.ac.id (10-03-2013)

Downloads

Published

2023-04-07

How to Cite

Wirdayati, W. (2023). PENGGUNAAN MODEL EXPLICIT INSTRUCTION GUNA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENYIMPAN ARSIP SISTEM NOMOR PADA SISWA KELAS XI OTKP SMK NEGERI 1 KOTA SERANG. ARMADA : Jurnal Penelitian Multidisiplin, 1(4), 272–282. https://doi.org/10.55681/armada.v1i4.454