Analisis Pengaruh Kualitas Produk dan Citra Merek terhadap Keputusan Pembelian Konsumen pada Produk Elektronik di Bali Electronic Center

Authors

  • Rizky Wahyudi Universitas Mahendradatta
  • Ni Luh Indiani Universitas Mahendradatta
  • I Nyoman Wahyu Widiana Universitas Udayana

DOI:

https://doi.org/10.55681/armada.v2i9.1493

Keywords:

Citra Merek, Keputusan Pembelian, Kualitas Produk

Abstract

Keputusan pembelian adalah keputusan yang diambil oleh konsumen untuk mengatasi permasalahan yang dihadapi dengan menggunakan atau memanfaatkan segala macam informasi yang diketahui dan kemudian menilai berbagai alternative yang bisa dipilih. Dari latar belakang tersebut maka di angkat judul penelitian yaitu “Analisis Pengaruh Kualitas Produk Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Produk Elektronik Di Bali Electronik Center. Permasalahan yang di bahas dalam penelitian ini adalah apakah ada hubungan yang positif dan signifikan secara simultan dan parsial antara kualitas produk dan citra merek terhadap keputusan pembelian konsumen. Tujuan dilakukan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh yang positif dan signifikan secara simultan dan parsial antara kualitas produk dan citra merek terhadap keputusan pembelian konsumen. Jumlah sampel responden dalam penelitian ini adalah 97 orang ditentukan dengan rumus slovin. Jenis data dalam penelitian ini adalah data primer dengan metode pengumpulan data berupa kuisioner. Teknik analisis data yang di gunakan adalah analisis kuantitatif, uji asumsi klasik, analisisi regresi linier berganda, uji F dan uji t. Hasil dalam penelitian ini adalah kualitas produk dan citra merek berpengaruh positif dan signifikan secara parsial dan simultan terhadap keputusan pembelian.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adyas, Dasmansyah., & Setiawan, Ifan. (2019). Pengaruh Kualitas Produk, Harga Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Honda CBR150R Di Cibinong. Economicus, Vol. 13 No. 1 – Juni 2019 e- ISSN: 2615 – 8078

Amin, Amirudin M., & Jonathan, Stephen. (2021). Pengaruh Kualitas Produk, Citra Merek, Word of Mouth dan Tenaga Penjualan Terhadap Keputusan Pembelian Belting Merek Bandi Di UD. Jaya Bersama. Jurnal Inovasi Bisnis dan Akuntansi Volume 2 No 2 Tahun 2021 Halaman 117-127

Bilal, M. (2020). Pengaruh Iklan Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Produk Simpati (Studi Pada Pengguna Kartu Simpati di Wilayah Kota Malang Jawa Timur). Jurnal Ilmiah Mahasiswa FEB, 1(2), 1-11.

Buchari, A., 2016 Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung. Alfabeta

Darmansyah, Aprillia & Yosepha, Sri Yanthy (2020). Pengaruh Citra Merek dan Persepsi Harga Terhadap Keputusan Pembelian Online Pada Aplikasi Shopee Di Wilayah Jakarta Timur. JURNAL ILMIAH MAHASISWA MANAJEMEN UNSURYA VOL. 1, NO. 1, NOVEMBER 2020

Daryanto. (2013). Sari Kuliah Manajemen Pemasaran (cetakan 2). Bandung: PT Sarana Tutorial Nurani Sejahtera.

Dzulkharnain, Emylia (2019). Pengaruh Persepi Harga, Citra Merek dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian. Vol. 1, No. 2, Tahun 2019, ISSN: 2622-6367 (ONLINE)

Edriani, Devi (2021). Pengaruh Persepsi Harga dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen. Jurnal Ekobistek Vol. 10 No. 2 (2021) 132-135

Fatmawati, N., & Soliha, E. (2017). Kualitas Produk, Citra Merek Dan Persepsi Harga Terhadap Proses Keputusan Pembelian Konsumen Sepeda Motor Matic “Honda”. Jurnal Manajemen Teori dan Terapan, 10(1), 1-20.

Fauziah, Ike Nur., & Supriyono. (2024). Pengaruh Persepsi Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Pada Mesin Cuci Merek LG di Kota Surabaya. Jurnal Manajemen dan Sains, Vol 9, No 1 (2024): April, 573-578 ISSN 2541-6243 (Online), ISSN 2541-688X

Gifani, A., & Syahputra. (2017). Pengaruh Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Produk Smartphone Oppo Pada Mahasiswa Universitas Telkom. Journal Bisnis Dan Iptek, 10(2), 81-94.

Ghozali, I. 2018. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 25. Badan Penerbit Universitas Diponegoro: Semarang

Ginting N, 2015, Manajemen Pemasaran. Bandung: Yrama Widya

Hasibuan, M.S.P. 2006, Manajemen Dasar, Pengertian, dan Masalah, Edisi Revisi, Bumi Aksara: Jakarta.

Herdinata C.G., Robert., dan Krismi B.S. 2017, Pengaruh Kualitas Produk dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Vodkasoda Shirt, PERFORMA: Jurnal Manajemen dan Start-Up Bisnis, Vol. 2, No. 2, hal. 143-150.

Himawan, Sandra Yogi & Harnaji, Bimo (2021). Pengaruh Iklan, Citra Merek dan Persepsi Harga Terhadap Keputusan Pembelian Produk Nivea (Survei pada Mahasiswi Pengguna Produk Nivea di Kota Yogyakarta). ISBN: 978-623-90389-7-7.

Hoyer, W.D. and Cobb, J.C. (1986: vol.62 Bo.4, Winter). Planned Versus Impulse Purchase Behavior, Journal of Retailing.

Irawan, Indra Ade. (2021). Pengaruh Kualitas Produk, Citra Merek Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Kopi Pada Aplikasi Online Dimasa Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmiah Manajemen, Vol. 7, No. 1, Juni 2021, Hal. 17-32

Jelita Dkk (2022). Pengaruh Citra Merek, Persepi Harga dan Iklan Terhadap Proses Keputusan Pembelian Konsumen Laptop Merek Asus. Volume 18 No 1 Januari 2022 p-ISSN: 0216-938X e-ISSN: 2684-8414

Kristian, D dan Rita, W. 2016. Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Honda Pada Mahasiswa Kampus 1 Universitas Kristen Krida Wacana. Jurnal Ilmiah Manajemen Bisnis. Vol.16, No.1

Kotler, Philip. 2018. Manajemen Pemasaran 1: Analisis, Perencanaan, Implementasi dan Kontrol. Jakarta: Prenhallindo.

Kotler, a. K. 2018. Manajemen Pemasaran. 2009: Erland.

Kotler, P., dan Gary, A., 2012, Principles of Marketing, 14th Ed, Prentice Hall, Jakarta.

Magdalena, Maria., & Wilzarwan. (2019). Pengaruh Kualitas Produk dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Handphone Oppo Pada Toko Max-Indo Di Kota Padang. Jurnal Pundi, Vol. 03, No. 03, November 2019

Mowen, John C dan Minor, Micheal. (2012). Perilaku Konsumen dialih bahasakan oleh Dwi Kartika Yahya. Jakarta: Erlangga.

Napik, A., Qomariah, N., & Santosa, B. (2018). Kaitan Citra Merek, Persepsi Harga, Kualitas Produk, Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Blackberry. Jurnal Penelitian Ipteks, 3(1), 73-85.

Pardede, R., & Haryadi, T. Y. (2017). Pengaruh Persepsi Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Yang Dimediasi Kepuasan Konsumen. Journal of Business & Applied Management, 10(1), 55-79.

Purwanto, Agus Budi & Risaputro, Hendro Budhi (2021). Analisis Pengaruh Persepsi Harga, Kualitas Produk dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian (Studi pada Konsumen Sari Roti di Kota Semarang). Vol. 2 No. 1 Maret 2021 e-ISSN: 2721-4109

Rachman, Taufiq. (2021). Pengaruh Inovasi Produk, Kualitas Produk Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Smartphone ASUS di Bekasi. JURNAL PELITA ILMU Vol. 15 No. 01 April 2021

Rosvita. (2016). Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Promosi, dan Cuaca Terhadap Keputusan Pembelian The Siap Minum Dalam Kemasan Merek Teh Botol Sosro (Studi Kasus Pada Mahasiswa S1 Fakultas Ekonomi Universitas Diponegoro). Skripsi Fakultas Ekonomi Universitas Diponegoro, Semarang.

Setiadi. A. (2015) dengan judul “Pengaruh Harga, Desain Produk, dan Citra Merek (Brand Image) Terhadap Keputusan Pembelian Pada Produk Smartphone Lenovo (Studi Pada Pengguna Smartphone Lenovo di Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial UIN Sultan SyarifKasimRiau.

Suhandang, K. (2016). Pengantar Jurnalistik: Organisasi, Produk dan Kode Etik, Bandung: Nuansa Cendikia

Situmorang, I. L., Jushermi, & Marhadi. (2017). Pengaruh Kualitas Produk Dan Iklan Terhadap Citra Merek Dan Keputusan Pembelian Produk Kecantikan Merek Pond’S Pada Remaja Di Kota Pekanbaru. JOM Fekon, 4(1), 72-86.

Sugiono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif Dan Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Tampi, D., Soegoto, A. S., & Sumarauw, J. S. (2016). Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Dan Daya Tarik Iklan Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Honda Scoopy Pada Pt. Daya Adicipta Wisesa. Jurnal EMBA, 4(1), 990-999.

Tjiptono, F. (2018). Pemasaran Jasa. (A. Diana, Ed.) Yogyakarta: Andi.

Tunis. A., Sopa. M. 2016, Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Di The Secret Factory Outlet, Jurnal Pariwisata, Vol, III No, 1 April 2016, Hal 60-72

Utama, K.S.W.T., & Suarmanayasa, I N. (2023). Pengaruh Citra Merek Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Air Conditioner Merek Daikin Pada CV. Budha Teknik Ubud. Jurnal Manajemen dan Bisnis, Vol. 5 No. 2, Bulan Agustus Tahun 2023 P-ISSN: 2685-5526

Wahyuni, S., & Pardamean, J. (2016). Pengaruh Iklan, Harga Dan Kualitas Layanan Terhadap Keputusan Pembelian Kartu Simpati Di Institute Perbanas. Jurnal Studi Manajemen Dan Bisnis, 3(1), 13-30.

Yunefa, A., & Sabardini, S. E. (2020). Pengaruh Kualitas Produk, Harga, dan Iklan Terhadap Keputusan Pembelian Produk Lipstik Emina di Yogyakarta. Cakrawangsa Bisnis, 1(2), 171-186.

Downloads

Published

2024-09-20

How to Cite

Wahyudi, R., Indiani, N. L., & Widiana, I. N. W. (2024). Analisis Pengaruh Kualitas Produk dan Citra Merek terhadap Keputusan Pembelian Konsumen pada Produk Elektronik di Bali Electronic Center. ARMADA : Jurnal Penelitian Multidisiplin, 2(9), 756–764. https://doi.org/10.55681/armada.v2i9.1493