Determinan Kepuasan Pelanggan Bus Sarbagita Kota Denpasar Provinsi Bali

Authors

  • I Made Gede Aditya Kumara Putra Universitas Mahendradatta
  • I Nyoman Wahyu Widiana Universitas Mahendradatta
  • Wisnu Ardiansyah Universitas Mahendradatta

DOI:

https://doi.org/10.55681/armada.v2i9.1492

Keywords:

Fasilitas, Harga, Kepuasan Pelanggan, Kualitas Pelayanan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Fasilitas, Harga, Kualitas Pelayanan secara parsial dan simultan terhadap kepuasan pelanggan pada Konsumen Bus Sarbagita Kota Denpasar.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian Kuantitatif. Jumlah populasi sebesar 110 pelanggan, dan sampel 52 responden dengan teknik pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling, yaitu metode pengambilan sampel non probabilitas dan rumus Slovin. Hasil dari penelitian ini pertama berdasarkan hasil uji regresi linier berganda, kepuasan pelanggan Bus Sarbagita dipengaruhi secara positif dan signifikan oleh Fasilitas (X1). Dengan hasil uji t menunjukkan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima, karena hasil penelitian menunjukkan tingkat signifikan 0,001 < 0,05 dan t hitung 4,174 > t tabel 2,056. Kedua, Berdasarkan hasil uji regresi linier berganda, kepuasan pelanggan Bus Sarbagita dipengaruhi secara positif dan signifikan oleh harga (X2) . Dengan hasil uji t menunjukkan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima, karena hasil penelitian menunjukkan bahwa signifikansi 0,002 < 0,05 dan t hitung 2,477 > t tabel 2,056. Ketiga hasil uji regresi linier berganda, kepuasan pelanggan Bus Sarbagita dipengaruhi secara positif dan signifikan oleh Kualitas Pelayanan (X3) dengan hasil uji t menunjukkan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima, karena hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat signifikansi 0,001 < 0,05 dan t hitung 2,742 > t tabel 2,056. Keempat hasil pengujian yang telah dilakukan dapat diperoleh hasil nilai Fhitung sebesar 16,306 dengan artian bahwa Fhitung yakni 16,306 > Ftabel yakni 2,699. Kemudian untuk nilai signifikan didapatkan nilai 0,002 dengan artian bahwa sig yakni 0,002 < 0,05. Sehingga untuk kesimpulan pada uji F test dinyatakan bahwa variabel fasilitas (X1), harga (X2), dan kualitas pelayanan (X3) berpengaruh secara simultan terhadap kepuasan pelanggan (Y) Bus Sarbagita.

Downloads

Download data is not yet available.

References

__________. 2001. Manajemen Pemasaran: Marketing Management; Analisis Perencanaan, Implementasi, dan Pengendalian. Edisi Indonesia. Jilid 1. Jakarta: PT. Prenhallindo.

__________. 2004. Manajemen Jasa. Edisi I. Yogyakarta: Andi Offset.

__________. 2005. Statistika Untuk Penelitian. Bandung: CV. Alfabeta.

__________. 2006. Statistika Untuk Penelitian. Cetakan Kesembilan. Bandung: CV. Alfabeta.

__________. 2007. Statistika Untuk Penelitian. Cetakan Keduabelas. Bandung: CV. Alfabeta.

__________. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Cetakan Ke-19. Bandung: CV. Alfabeta.

Algifari. Statistik Induktif: untuk ekonomi dan bisnis. Edisi Kedua. Yogyakarta: UPP AMP YKPN. 2001

Anderson W Eugene, Fornel Cleas & Lehman R Donald. 1994. Customer Satisfaction, Markel Share, and Profitability: Findings From Sweden. Journal of Marketing, Vol. 58.

Fandy Tjiptono, 2011. Gregorius Chandra, Service, Quality & Satisfaction, Yogyakarta: Andi Offset

Fitzsimmons James & Mona J Fitzsimmons. 1994. Service Management For Competitive Advantage. New York: Mc Graw-Hill Inc.

Gaspers, V. 1997. Manajemen Kualitas: Penerapan Konsep-Konsep Kualitas dalam Manajemen Bisnis Total. Jakarta: Gramedia.

Ghozali, I. 2011. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS 19 (Edisi Kelima). Semarang: Universitas Diponegoro.

Gujarati, Damodar. 2003. Ekonometrika Dasar. Jakarta: Airlangga.

Idris, Adam. 2007. Kinerja Perusahaan Terhadap Kepuasan Pelanggan. Malang: CV. Sofa Mandiri.

Kotler, Philip. 1997. Manajemen Pemasaran: Analisis, Perencanaan, Implementasi Dan Kontrol. Jakarta: Prehellindo.

Loudon L. David And Bitta J Della. 1993. Consumer Behavior: Concept and Apllication. Fourth Edition. McGraw-hill. Inc.

Lovelock, Cristopher H. 1991. Service Marketing. Second Edition, USA: Prentice Hall International.Inc.

Maylina, Wenny. 2002. Faktor- Faktor yang Mempengaruhi Kesetiaan Terhadap Merek Pada Konsumen Pasta Gigi Pepesodent di Surabaya. Jurnal Ekonomi Bisnis dan Akuntansi: Ventura, Vol.6 No.1.

Oliver L Ricahrd. 1997. Satisfaction A Behavioral Prespective On the Consumer. New York: Mc Graw – Hill. Companies Inc.

Parasuraman, A , Valarie A. Zeithaml and Leonard L. Berry. 1993. SERVQUAL: A Multi-item Scale for Measuring Consumer Perceptions of Service Quality, dalam Journal of Retailing. Vol. 64. No. 1.

Purwanto. 2008. Metodologi Penelitian Kuantitatif. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Sugiyono. 2005. Metode Penelitian Bisnis. Bandung: CV. Alfabeta.

Suhaji, Aditia, Indra. 2012. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kepuasan Pelanggan Pada UD Pandan Wangi Semarang. (Online), (http://www.researchgate.net/publication/541541, diakses 05 Desember 2018).

Swastha, Basu. 1996. Azas - azas Marketing. Edisi Kedua. Yogyakarta: Liberty.

Tjiptono, Fandy. 1996. Manajemen Jasa. Yogyakarta: Andi Offset.

Umar, Husein. 2005. Metode Penelitian Untuk Skripsi dan Tesis Bisnis. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Wahyu Ariani, D. 2009. Manajemen Operasi Jasa, Yogyakarta: Graha Ilmu.

Wibowo, Susanto, A. 2013. Pengaruh Harga, Kualitas Pelayanan dan Nilai Pelanggan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Rumah Makan di Kota Purwokerto. (Online), (http://lib.unnes.ac.id/18048/1/7350408009.pdf, diakses 05 Desember 2018).

Yamit, Zulian. 2013. Manajemen Kualitas Produk dan Jasa. Yogyakarta: Ekonesia.

Downloads

Published

2024-09-20

How to Cite

Putra, I. M. G. A. K., Widiana, I. N. W., & Ardiansyah, W. (2024). Determinan Kepuasan Pelanggan Bus Sarbagita Kota Denpasar Provinsi Bali. ARMADA : Jurnal Penelitian Multidisiplin, 2(9), 748–755. https://doi.org/10.55681/armada.v2i9.1492