Pengembangan Media Papan Susun Kata pada Tema 5 Subtema 1 Membaca Menulis Permulaan di Kelas I SDN 067257
DOI:
https://doi.org/10.55681/armada.v2i9.1489Keywords:
Membaca Menulis Permulaan, Pengembangan, Papan Susun Kata, TematikAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan Media Papan Susun Kata yang layak digunakan pada proses pembelajaran tematik Tema 5 Subtema 1 Membaca Menulis Permulaan Di Kelas I SDN 067257. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development) dengan menggunakan prosedur pengembangan ADDIE yang terdiri dari 5 tahap. Akan tetapi dalam penelitian ini peneliti melaksanakan prosedur pengembangan ADDIE hanya sampai tahap ke 3, yaitu Development (Pengembangan). Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah angket atau kuesioner yang diberikan kepada beberapa penelaah ahli, yaitu validator ahli media, validator ahli materi dan validator ahli pembelajaran. Skor validasi yang didapatkan dari validator ahli media sebesar 95 dengan kategori “Sangat Layak”. Skor kelayakan dari ahli materi sebesar 81,06 dengan kategori “Sangat Layak”. Skor kelayakan dari ahli pembelajaran sebesar 84 dengan kategori “Sangat Layak”. Dari skor tersebut dapat dikatakan bahwa media Papan Susun Kata pada tema 5 Subtema 1 Membaca Menulis Permulaan yang dikembangkan sudah “Sangat Layak” untuk digunakan pada proses pembelajaran.
Downloads
References
Dinda Yarshal. 2015. Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) Dalam Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar PPKn Pada Siswa Kelas IV MIN Medan Tahun 2014/2015. Jurnal TEMATIK. Program Studi Pendidikan Pascasarjana UNIMED Vol.5 No. 1.
Govin & Dara Fitrah Dwi. 2023. Pengembangan Media Videoscribe Dengan Model Problem Based Learning Pada Pembelajaran Tematik Tema 7 Perkembangan Teknologi Kelas III SD. https://ejournal.45mataram.ac.id/index.php/armada/article/view/705
Hidayat dan S. Khayroiyah. 2018. Pengembangan Desain Didaktis Pada Pembelajaran Geometri. Jurnal MathEducation Nusantara Vol. 1 (1), 2018, 15-19. https://jurnalpascaumnaw.ac.id/index.php/JMN/article/view/2/2
Karina & Sujarwo. 2023. Pengembangan E-LKPD Interaktif Berbasis Masalah Pada Materi Penyajian Data dalam Bentuk Diagram Batang. Jurnal Penelitian Pendidikan MIPA (JP2MIPA) Volume 7 Nomor 2. https://jurnal-lp2m.umnaw.ac.id/index.php/JP2MIPA/article/view/1849
Nanda Yulia Fitri & Sukmawarti. 2022. Pengembangan Media Geometri Berbantuan Software Geogebra Pada Mata Pelajaran Matematika Materi Koordinat Untuk Mempermudah Siswa Kelas V. Indonesian Research Journal on Education: Jurnal Ilmu Pendidikan Volume 2 No 1. https://irje.org/index.php/irje/article/view/187
Novia Silvani & Beta Rapita Silalahi. 2023. Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Lintas Budaya Pada Tema “Keragaman Budaya Bangsaku” di Kelas IV SD. Indo Green Journal Volume X No. X.
Rangkuti, C. J. S., & Sukmawarti. 2022. Problematika Pemberian tugas Matematika Dalam Pembelajaran Daring. IRJE Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(2), 565-572.
Ria Alda & Hasanah. 2023. Analisis Model Project Based Learning Terhadap Kreativitas Siswa Pada Tema Benda-Benda di Sekitar Kita di Kelas V SD Negeri 067092 Medan. Jurnal Inovasi Penelitian Vol. 3 No. 9.
Sukmawarti & Siti Kayroiyah. 2019 Desain Asesmen Alternatif Matematika SD. Prossiding Seminar Hasil Penelitian Vol. 3 No. 1. https://e-prosiding.umnaw.ac.id/index.php/penelitian/article/view/611/600.
Sukmawarti, Hidayat, & Suwanto. 2021. Desain Lembar Aktivitas Siswa Berbasis Problem Posing Pada Pembelajaran Metematika SD. Jurnal Matheducation Nusantara, 4(1), 10–18. https://jurnal.pascaumnaw.ac.id/index.php/JMN/article/viewFile/118/104
Sukmawarti, Hidayat, Lili Amelia Putri. 2022. Workshop Worksheet Berbasis Budaya bagi Guru MI Jami’atul Qamar Tanjung Morawa. PaKMas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), Hal : 202-207. https://doi.org/10.54259/pakmas.v2i1.848
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Nurasyah Dalimunthe, Dara Fitrah Dwi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.