Pengembangan Media Pembelajaran Kintar Berbasis Permainan pada Materi Ciri-Ciri Makhluk Hidup Kelas III SD Negeri 064991

Authors

  • Dwi Endah Andadari Universitas Muslim Nusantara Al-Washliyah
  • Putri Juwita Universitas Muslim Nusantara Al-Washliyah

DOI:

https://doi.org/10.55681/armada.v2i9.1480

Keywords:

Ciri-Ciri Makhluk Hidup, Kintar, Media Pembelajaran, Permainan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran Kintar berbasis permainan pada materi ciri-ciri makhluk hidup untuk siswa kelas III Sekolah Dasar. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian dan pengembangan (R&D) dengan model ADDIE yang terdiri dari 5 tahap, yaitu: Analisis, Desain, Pengembangan, Implementasi, dan Evaluasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran Kintar berbasis permainan yang dikembangkan dinyatakan layak dan efektif digunakan dalam pembelajaran. Hal ini dibuktikan dengan hasil penilaian ahli media, ahli materi, dan uji coba lapangan yang menunjukkan kriteria "Sangat Baik". Selain itu, hasil uji efektivitas menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara nilai pretest dan posttest siswa. Dengan demikian, media pembelajaran Kintar berbasis permainan ini dapat digunakan sebagai alternatif media pembelajaran yang menarik dan efektif untuk meningkatkan pemahaman siswa pada materi ciri-ciri makhluk hidup.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arends, R. I. (2012). Learning to teach (9th ed.). New York, NY: McGraw-Hill.

Arsyad, A. (2014). Media pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.

Darmawan, D. (2012). Inovasi pendidikan: Pendekatan praktik teknologi multimedia dan pembelajaran online. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Rusman. (2013). Model-model pembelajaran: Mengembangkan profesionalisme guru (Edisi Kedua). Jakarta: Rajawali Pers.

Santrock, J. W. (2011). Perkembangan anak (Edisi 7, Jilid 1). Jakarta: Erlangga.

Susilana, R., & Riyana, C. (2009). Media pembelajaran: Hakikat, pengembangan, pemanfaatan, dan penilaian. Bandung: Wacana Prima.

Downloads

Published

2024-09-17

How to Cite

Andadari, D. E., & Juwita, P. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran Kintar Berbasis Permainan pada Materi Ciri-Ciri Makhluk Hidup Kelas III SD Negeri 064991. ARMADA : Jurnal Penelitian Multidisiplin, 2(9), 712–714. https://doi.org/10.55681/armada.v2i9.1480