Pengaruh Literasi Digital dan Teman Sebaya terhadap Perilaku Pembelian Impulsif Berbelanja Online pada Remaja
DOI:
https://doi.org/10.55681/armada.v2i8.1460Keywords:
Literasi Digital, Perilaku Pembelian Impulsif, Teman SebayaAbstract
Perubahan teknologi yang semakin maju, internet tidak hanya digunakan untuk bertukar informasi saja, melainkan juga dapat digunakan untuk tempat jual beli barang yang dilakukan di media elektronik. Kegiatan berbelanja bukan hanya untuk memenuhi kebutuhan tetapi saat ini sudah menjadi gaya hidup. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh literasi digital dan teman sebaya terhadap perilaku pembelian impulsif berbelanja online pada remaja. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan berupa angket (kuesioner) dengan menggunakan sampel sebanyak 91 responden. Analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial literasi digital berpengaruh terhadap perilaku pembelian impulsif dengan nilai thitung (2,084) > ttabel (1,987) dan nilai signifikan 0,040 < 0,05, sedangkan teman sebaya terhadap perilaku pembelian impulsif dengan nilai thitung (3,379) > ttabel (1,987) dan nilai signifikan 0,001 < 0,05. Secara simultan terhadap pengaruh literasi digital dan teman sebaya terhadap perilaku pembelian impulsif berbelanja online pada remaja nilai fhitung (8,353) > ftabel (3,10) dan tingkat signifikan 0,000 < 0,05, dan berpengaruh sebesar 14% dan sisanya sebesar 86% dipengaruhi oleh faktor lain diluar penelitian.
Downloads
References
Balik, D., Abraham, F., & Tupamahu, S. (2020). Efek Moderasi Kontrol Diri pada Hubungan Sifat Materialisme Terhadap Pembelian Impulsif Online. 1(2).
Gotama, G., Rindrayani, S. R., History, A., Digital, L., Impulsif, P., Studi, P., & Ekonomi, P. (2022). PENGARUH LITERASI DIGITAL DAN LITERASI IMPULSIF MELALUI ONLINE SHOP PADA MAHASISWA. 1.
Ghozali, I. (2016). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 23 (Edisi 8). Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Irhandayaningsih, A. (2020). Pengukuran Literasi Digital Pada Peserta Pembelajaran Daring di Masa Pandemi COVID-19. Anuva: Jurnal Kajian Budaya, Perpustakaan, Dan Informasi, 4(2), 231–240. https://doi.org/10.14710/anuva.4.2.231-240
Kadeni, & Srijani, N. (2018). PENGARUH MEDIA SOSIAL DAN TEMAN SEBAYA TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF MAHASISWA. Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Pembelajarannya, 6(1), 1–23.
Pratiwi, I. (2017). Pengaruh Literasi Ekonomi, Kelompok Teman Sebaya Dan Kontrol Diri Terhadap Perilaku Pembelian Impulsif Untuk Produk Fashion Di Online Shop Pada Mahasiswa Jurusan Pendidikan Ekonomi Undiksha. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha, 9(1), 98. https://doi.org/10.23887/jjpe.v9i1.19994
Restianty, A. (2018). Literasi Digital, Sebuah Tantangan Baru Dalam Literasi Media. Gunahumas, 1(1), 72–87. https://doi.org/10.17509/ghm.v1i1.28380
Seno Anjanarko, T., & Mardikaningsih, R. (2022). Visual Merchandising dan Motivasi Hedonik terhadap Pembelian Impulsif. Ekonomi, Keuangan, Investasi Dan Syariah (EKUITAS), 3(3), 445–450. https://doi.org/10.47065/ekuitas.v3i3.1313
Suratno, S., Rosmiati, R., & Siswono, E. (2021). PENGARUH ONLINE SHOP , LINGKUNGAN TEMAN SEBAYA DAN LITERASI KEUANGAN TERHADAP PEMBELIAN IMPLUSIF. 2(1), 61–75.
Susilawati, Muslim Marpaung, Marlya Fatira AK, I. S. L. (2023). PENGARUH GAYA HIDUP ISLAMI DAN KELOMPOK TEMAN SEBAYA TERHADAP PEMBELIAN IMPULSIF MAHASISWA MUSLIM POLITEKNIK NEGERI MEDAN PADA TIKTOK SHOP. Prosiding Konferensi Nasional Social & Engineering Polmed (KONSEP), 4, 337–344.
Umami, N., & Maryani, M. (2023). Pengaruh Gaya Hidup Terhadap Perilaku Konsumtif Pada Mahasiswa Prodi Pendidikan Ekonomiuniversitas Bhinneka Pgri Semester Viii Tahun Akademik 2021/2022. ARMADA : Jurnal Penelitian Multidisiplin, 1(9), 971–979. https://doi.org/10.55681/armada.v1i9.824
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Frida Mita Fatikasari, Nailariza Umami
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.