Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Fasilitas Kampus terhadap Kepuasan Mahasiswa Semester VIII Universitas Bhinneka PGRI
DOI:
https://doi.org/10.55681/armada.v2i8.1447Keywords:
Fasilitas, Kepuasan Mahasiswa, Kualitas PelayananAbstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan dan fasilitas kampus terhadap kepuasan mahasiswa Universitas Bhinneka PGRI. Metode pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan angket atau kuesioner dengan menggunakan teknik sampling Probability sampling berjenis proporsional random sampling. Instrumen yang digunakan berupa pernyataan pada setiap variabel yang sudah disediakan. Populasi yang digunakan adalah seluruh mahasiswa semester 8 Universitas Bhinneka PGRI yang berjumlah 462 mahasiswa. Sampel yang digunakan berdasarkan perhitungan menggunakan rumus Slovin diperoleh 84 mahasiswa yang tergabung dari seluruh prodi atau jurusan yang ada. Metode Penelitian yang digunakan pada penelitian ini yaitu kuantitatif. Penelitian ini menggunakan teknik analisis regresi linier berganda yang dianalisis dengan bantuan SPSS versi 24. Pada penelitian ini hasil uji data secara parsial menunjukkan bahwa Kualitas Pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kepuasan Mahasiswa dengan nilai T-hitung (4,287) > T-tabel (1,989) dan tingkat signifikasi 0,000 < 0,05. Fasilitas Kampus berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kepuasan Mahasiswa dengan nilai thitung (10,332) > T-tabel (1,989) dan tangkat signifikansi 0,000 < 0,05. Sedangkan hasil uji data secara simultan menunjukkan bahwa Kualitas Pelayanan dan Fasilitas Kampus berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap Kepuasan Mahasiswa dengan nilai Fhitung (121,072) > F-tabel 3,107 dan tingkat signifikansi 0,000 < 0,05.
Downloads
References
Abdul Gofur. (2019). 1. Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Harga Terhadap. Jurnal Riset Manajemen Dan Bisnis (JRMB) Fakultas Ekonomi UNIAT, 4(1), 37–44.
Adiyanto, Y. (2020). Pengaruh Harga Trayek Dan Fasilitas Terhadap Kepuasan Pelanggan Pengguna Bus Damri Trayek Serang-Sumur Di Kantor Cabang Perum Damri Serang the Effect of Route Price and Facilities on the Users Customer Satisfaction Damri Bus Serang-Sumur Route At Damri Se. 3(2), 40–52.
Cahyoadi, B., Zamzami, M. Y., & Kurniawan, F. (2019). Meningkatkan Citra Kampus Melalui Kualitas Layanan , Fasilitas Pendukung Pembelajaran , Kompetensi Dosen dan Kepuasan Mahasiswa Sebagai Variabel Intervening ( Studi Empiris pada Mahasiswa STKIP PGRI Tulungagung ). Jurnal Pendidikan Ekonomi, 3(2), 79–91.
Dedy, A., & Alfandi, Y. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Fasilitas Hotel Terhadap Kepuasan Pelanggan Di Sari Ater Hot Springs Resort Ciater. Jurnal Sains Manajemen, 4(1), 18–25. https://doi.org/10.51977/jsm.v4i1.678
Febriansyah, A. R., Widaswara, C., Putri, D. C., Apriyanti, L., Ulmaghfiroh, N., Khotimah, N., & Panday, R. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Fasilitas Fakultas Ekonomi Terhadap Kepuasan Mahasiswa Fakultas Ekonomi Di Universitas Bhayangkara Jakarta Raya. Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Fasilitas Fakultas Ekonomi Terhadap Kepuasan Mahasiswa Fakultas Ekonomi Di Universitas Bhayangkara Jakarta Raya, 3.
Ghozali, I. (2021). Ekonometrika, teori, konsep, dan aplikasi dengan IBM SPSS. Universitas Diponegoro.
Gunardi, C. G., & Erdiansyah, R. (2019). Pengaruh Citra Merek dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pelanggan Restoran Mangkok Ku. Prologia, 3(2), 456. https://doi.org/10.24912/pr.v3i2.6387
Hidayat, R., Arief, M. Y., & Pramesthi, R. A. (2022). Pengaruh Fasilitas Terhadap Kepuasan Konsumen Melalui Keputusan Pembelian Sebagai Variabel Intervening Pada Cafe Sky Garden Wonoboyo Di Bondowoso. Jurnal Mahasiswa Entrepreneurship (JME), 1(10), 2141. https://doi.org/10.36841/jme.v1i10.2262
Imran, I., & Indrayani, S. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Mahasiswa Dan Citra Perguruan Tinggi Pada Akademi Kebidanan Salma Siak. Ensiklopedia of Journal, 2(2), 47–52.
Larasati, D., Pratignyo, L. S., & Sofiyat, A. I. (2022). Pengaruh Fasilitas Kampus dan Kualitas PelayananTerhadap Kepuasan Mahasiswa Dengan Metode SEM The Effect of Campus Facilities and Service Quality on Student Satisfaction with SEM Method. Jurnal Baut Dan Manufaktur, 04(1), 2686–5351.
Nofriavani Mohd. Winario, M. Z. R. K. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Fasilitas Kampus Lembaga Pendidikan Perguruan Tinggi Institut Teknologi dan Bisnis Master. Journal of Islamic Economics, Management and Business, 1(1), 29–43.
Pasuraman, A., Zeithamal, V. ., & Berry, L. . (1988). The Behavioral Consequences of Service Quality. 4(9), 31–46.
Rahmasari, A., & Yudianto, K. (2022). Pengaruh Kinerja Pegawai Dan Fasilitas Terminal Keberangkatan Terhadap Kepuasan Penumpang Di Bandar Udara Douw Aturure Nabire. Flight Attendant Kedirgantaraan : Jurnal Public Relation, Pelayanan, Pariwisata, 4(1), 53–60. https://doi.org/10.56521/attendant-dirgantara.v4i1.537
Rahmawati, Y. O., Kusniawati, A., & Setiawan, I. (2019). Pengaruh Customer Relationship Management Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Konsumen Sepeda Motor Yamaha (Studi pada Konsumen Bahana Ciamis). Business Management And Enterpreneurship Journal, 1(4), 102–115.
Rokhani, & Marlianingrum. (2021). Jounal Of Management (SME’s), Vol.14, No.3, 2021, p291-310. 14(3), 291–310.
Sianturi, R. D. (2020). Analisis Kepuasan Mahasiswa Terhadap Kualitas Pelayanan dan Fasilitas Pelayanan Kemahasiswaan di STMIK Budi Darma. Journal of Business and Economics Research, 1(2), 58.
Sri Ratnasari, A. S., Wijaya, A., & Yeniyati, P. (2019). Analisis Pengaruh Kualitas Jasa Pelayanan Terhadap Kepuasan Mahasiswa. Jurnal Keuangan Dan Bisnis, 17(1), 14. https://doi.org/10.32524/jkb.v17i1.432
Sugiono. (2021). Analisis Perubahan Hemodinamik. Skripsi STT Kedirgantaraan Yogyakarta, 34–50.
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D (20th ed.). CV Alfabeta.
Suharsimi, A. (2010). Prosedur Penelitian. PT Rineka Cipta.
Syafaat, Rois Arifin, A. R. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Fasilitas dan Kompetensi Dosen Terhadap Kepuasan Mahasiswa Universitas Islam Malang. Jurnal Ilmiah Riset Manajemen, 9(8), 120–134.
Warnadi, W. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan Akademik Dan Fasilitas Terhadap Kepuasan Mahasiswa Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indragiri (Stie-I) Rengat. Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 8(1), 10–20. https://doi.org/10.34006/jmbi.v8i1.59
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Ervina Nisa Oktaviani, Tutut Suryaningsih
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.