Analisis Pelaksanaan Pendidikan Karakter pada Ekstrakurikuler Reyog Ponorogo di SD Negeri 1 Ngunut

Authors

  • Gybrellyn Stea Loudry Universitas Bhinneka PGRI Tulungagung
  • Rahyu Setiani Universitas Bhinneka PGRI Tulungagung

DOI:

https://doi.org/10.55681/armada.v2i8.1440

Keywords:

Ekstrakurikuler, Pendidikan Karakter, Reyog Ponorogo, Sekolah Dasar

Abstract

Perkembangan zaman menyebabkan degradasi nilai-nilai karakter yang terjadi saat ini, berimbas pada penurunan kualitas karakter luhur yang dimiliki bangsa Indonesia. Maka dari itu, sekolah memiliki peranan sentral pembentuk nilai karakter bangsa Indonesia. Penanaman pendidikan karakter yang dilakukan SD Negeri 1 Ngunut, salah satunya melalui kegiatan ekstrakurikuler Reyog Ponorogo. Adapun penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan tentang pelaksanaan pendidikan karakter pada ekstrakurikuler Reyog Ponorogo di SD Negeri 1 Ngunut. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi serta teknik analisis menggunakan analisis Milles dan Haberman. Hasil analisis data ditemukan bahwa: pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler Reyog Ponorogo di SD Negeri 1 Ngunut dilaksanakan dengan memperhatikan Nilai karakter yang terkadung dalam Seni Reyog Ponorogo (2) nilai-nilai karakter yang termuat dalam ekstrakurikuler Reyog Ponorogo di SD Negeri 1 Ngunut adalah karakter Religius, Nasionalisme, Mandiri, Gotong Royong, Integritas. Hal ini ditunjukkan pada: berdoa sebelum latihan maupun pentas, memiliki rasa cinta memainkan setiap tokoh yang ada di dalam Reyog Ponorogo, kerja sama yang baik, menghargai pelatih pada saat berbicara dan disiplin waktu dalam berlatih ekstrakurikuler Reyog Ponorogo (4) Kendala-kendala pelaksanaan pendidikan karakter melalui Ekstrakurikuler ini adalah, sering kali transfer pengetahuan dari kelas rendah ke kelas tinggi mengalami hambatan komunikasi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Akhwan, (2014). Pendidikan Karakter: Konsep dan Implementasinya Dalam Pembelajaran di Sekolah/Madrasah.

Annisa et al., n.d. (2020). Pentingnya pendidikan karakter pada anak sekolah dasar di zaman serba digital.

Gunawan, (2013). Penelitian Kualitatif.

Karakter et al., (2020). Penanaman nilai-nilai karakter cinta tanah air melalui kegiatan ekstrakurikuler berbasis kearifan lokal reog ponorogo di mi ma'arif polorejo babadan ponorogo.

Komara, (2018). Penguatan Pendidikan Karakter dan Pembelajaran Abad 21.

Kunci, (2013). Peran Pendidikan Karakter Dalam Mengembangkan Kecerdasan Moral.

Lestari, (2016). KEGIATAN EKSTRAKURIKULER SENI TARI DI SEKOLAH DASAR NEGERI 1 TRIRENGGO TAHUN PELAJARAN 2015 / 2016.

Moleong, I., J (2017). Metode Penelitian Kualitatif.

Moleong. (2017a). Metode Penelitian Kualitatif

Muniarti, (2020). Pengertian Bakat, Ciri-Ciri Anak Berbakat, dan Implikasi Pendidikan.

Nurkholis, (2013). PENDIDIKAN DALAM UPAYA MEMAJUKAN TEKNOLOGI Oleh: Nurkholis Doktor Ilmu Pendidikan, Alumnus Universitas Negeri Jakarta Dosen Luar Biasa Jurusan Tarbiyah STAIN Purwokerto.

Rusmaini, (2014). Ilmu Pendidikan.

Seni et al., (2013). Implementasi pendidikan karakter melalui ekstrakurikuler seni tari di sd negeri 2 bugisan prambanan klaten.

Sudrajat, (2011). Fungsi Dan Tujuan Pendidikan Indonesia.

Sugiyono, (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif.

Sujana, (2019). Fungsi Dan Tujuan Pendidikan Indonesia.

Sujatmiko et al., (2019). Penguatan Pendidikan Karakter di SD.

Downloads

Published

2024-08-14

How to Cite

Loudry, G. S., & Setiani, R. (2024). Analisis Pelaksanaan Pendidikan Karakter pada Ekstrakurikuler Reyog Ponorogo di SD Negeri 1 Ngunut. ARMADA : Jurnal Penelitian Multidisiplin, 2(8), 557–561. https://doi.org/10.55681/armada.v2i8.1440