Pengaruh Tingkat Pendidikan, Pemahaman Akuntansi, dan Ukuran Usaha Mikro terhadap Kepatuhan pada SAK EMKM di Kota Malang

Authors

  • Eni Kurnia Wati Universitas Widyagama, Malang
  • Syamsul Bahri Universitas Widyagama, Malang
  • Indah Dewi N Universitas Widyagama, Malang
  • Irfan Fatoni Universitas Widyagama, Malang

DOI:

https://doi.org/10.55681/armada.v2i7.1429

Keywords:

Kepatuhan SAK EMKM, Pemahaman Akuntansi, Tingkat Pendidikan, Ukuran Usaha Mikro

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh tingkat pendidikan, pemahaman akuntansi, dan ukuran usaha mikro terhadap kepatuhan SAK EMKM di Kota Malang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif digunakan untuk meneliti pada populasi dan sampel tertentu. Populasi dalam penelitian ini yaitu 7.920 UMKM yang terdaftar di Dinas Koperasi, Perindustrian dan Perdagangan Kota Malang. Penentuan jumlah sampel dalam penelitian ini ditentukan dengan menggunakan rumus Slovin yaitu sebesar 98,75 dan dibulatkan menjadi 100. Alat analisis dalam penelitian ini adalah Structural Equation Model (SEM) berbasis varians atau yang disebut juga Partial Least Square (PLS) atau SEM-PLS dengan menggunakan SmartPLS 4.0. Merujuk pada hasil penelitian, selanjutnya dapat ditarik kesimpulan sebagai berikut: Tingkat Pendidikan berpengaruh tidak signifikan terhadap Kepatuhan pada SAK EMKM. Pemahaman Akuntansi berpengaruh signifikan terhadap Kepatuhan pada SAK EMKM. Ukuran Usaha Mikro berpengaruh tidak signifikan terhadap Kepatuhan pada SAK EMKM.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agus Riyanto, P. B. (2013). Analisis Keuntungan dan Skala Usaha Peternakan Sapi Perah Rakyat di Kota Semarang. Diponegoro Journal of Economics.

Ailansi Rambu Sedu Oyi, S. B. (2023). PENGARUH TINGKAT PENDIDIKAN, PEMAHAMAN AKUNTANSI DAN PERSEPSI PELAKU UMKM TERHADAP IMPLEMENTASI SAK EMKM PADA LAPORAN KEUANGAN UMKM DI KOTA MALANG. JURNAL OF INNOVATION RESEARCH AND KNOWLEDGE.

Arikunto, S. (2019). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Atik Tri Andari, N. A. (2022). Pengaruh Kualitas Sumber Daya Manusia, Ukuran Usaha dan Sosialisasi SAK EMKM Terhadap Penyusunan Laporan Keuangan Berdasarkan SAK EMKM. riset & jurnal akuntansi.

Auliah, Masella Rahma dan M. Elfan Kaukab. (2019). Pengaruh Tingkat Pendidikan, Pemahaman Akuntansi, Dan Pelatihan Penyusunan Laporan Keuangan Terhadap Pelaporan Keuangan Umkm Berdasarkan Sak Etap (Studi Kasus Pada Umkm Di Kabupaten Wonosobo). Journal of Economic, Business and Engineering, 1(1), 131-139.

Bella Silvia, F. A. (2020). ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERSEPSI PENGUSAHA UMKM TERHADAP LAPORAN KEUANGAN BERBASIS SAK EMKM.

Ciptaningsih, R. A. (2016). Pengaruh Tingkat Pendidikan, Kontrol Perilaku dan Pengalaman Usaha Terhadap Minat Penyusunan Laporan Keuangan.

Delvin Kautsar, D. R. (2020). FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PEMAHAMAN UMKM DALAM PENYAJIAN LAPORAN KEUANGAN BERDASARKAN SAK EMKM PADA UMKM DI KELURAHAN JAKASETIA. Jurnal Akuntansi dan Bisnis Krisnadwipayana.

Evi Linawati, M. M. (2015). PENGETAHUAN AKUNTANSI PELAKU USAHA MIKRO, KECIL DAN MENENGAH (UMKM) ATAS PENGGUNAAN INFORMASI AKUNTANSI.

Fitra, J. S. (n.d.). PENGARUH TINGKAT PENDIDIKAN PELAKU USAHA MIKRO KECIL MENENGAH DAN SOSIALISASI SAK EMKM TERHADAP PEMAHAMAN SAK EMKM.

Ghozali, I. (2017). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Semarang: Badan Penerbit UNDIP.

Ghozali, Imam, Hengky Latan. (2015). Konsep, Teknik, Aplikasi Menggunakan. Smart PLS 3.0 Untuk Penelitian Empiris. BP Undip. Semarang.

Hair Jr. J. F., William C. Black, Barry J. Babin, & Anderson, R. E. (2019). Multivariate Data Analysis (8 ed.). United Kingdom: Cengange Learning.

Ibnu Satya, N. S. (2020). PENGARUH PENGETAHUAN AKUNTANSI DAN SKALA USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH TERHADAP PENYUSUNAN LAPORAN KEUANGAN SAK EMKM (Studi Empiris Pada Entitas Usaha Mikro Kecil dan Menengah di Kecamatan Nanggalo Kota Padang). jurnal eksplorasi akuntansi.

Indah Anisykurlillah, B. R. (2019). Faktor yang Mempengaruhi Implementasi SAK ETAP Pada UMKM dengan Ketidakpastian Lingkungan Sebagai Variabel Moderasi.

Indonesia, R. (2021). Kemudahan, Pelindungan, dan Pemberdayaan Koperasi dan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah. Peraturan Pemerintah Nomor 7 Tahun 2021.

INSONESIA, I. A. (2022). PSAK NO.1 Tentang Laporan Keuangan. Dewan Standar Akuntansi Keuangan.

Jabat, D. P. (2022). Tingkat Pendidikan, Skala Usaha dan Umur Usaha yang Mempengaruhi Pemahaman Penyusunan Laporan Keuangan Berbasis SAK EMKM.

Kasmir. (2018). Analisis Laporan Keuangan. Depok: PT Grafindo Persada.

Krisjayanti Parhusip, T. D. (n.d.). PENGARUH SOSIALISASI SAK EMKM, TINGKAT PENDIDIKAN PEMILIK, PERSEPSI PELAKU UMKM DAN PEMAHAMAN AKUNTANSI TERHADAP IMPLEMENTASI SAK EMKM PADA UMKM DI KOTA MALANG.

Kusuma, I. C., & Lutfiany, V. (2018). Persepsi Umkm dalam Memahami SAK EMKM (Vol. 4).

Lestari, D. (2023). Pengaruh Pemahaman Akuntansi Persepsi Pelaku UMKM, Skala Usaha dan Sosialisasi SAK EMKM Terhadap Pelaporan Keuangan Berdasarkan SAK EMKM di Kabupaten Kampa.

Lohanda, D. (2017). Pengaruh Tingkat Pendidikan, Pemahaman Akuntansi, dan Pelatihan Penyusunan Laporan Keuangan Terhadap Pelaporan Keuangan UMKM Berdasarkan SAK ETAP.

Moch.Fadil Pratama Putra, T. D. (2021). THE EFFECT OF SOCIALIZATION, UNDERSTANDING OF INFORMATION TECHNOLOGY AND ACCOUNTING ON THE APPLICATION OF SMALL AND MEDIUM MICROFINANCE ACCOUNTING STANDARD (SAK-EMKM) TO MSMES AT COFFE SHOP IN TEGALSARI SUBDISTRICT CENTRAL SURABAYA. International Journal of Economics, Business and Accounting Research (IJEBAR).

Mubiroh, S., & Ruscitasari, Z. (2019). Implementasi SAK EMKM dan pengaruhnya terhadap penerimaan kredit UMKM. Berkala Akuntansi dan Keuangan Indonesia, 4(2), 1-15.

Nayla. (2015). Panduan Lengkap dan Praktis Tentang Pajak & UKM (Laksana).

Nuvitasari, A., Citra Y, N., & Martiana, N. (2019). Implementasi SAK EMKM Sebagai Dasar Penyusunan Laporan Keuangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). International Journal of Social Science and Business, 3(3), 341.

Oyi, A. R. (2023). Pengaruh Tingkat Pendidikan, Pemahaman Akuntansi dan Persepsi Pelaku UMKM Terhadap Implementasi SAK EMKM Pada Laporan Keuangan UMKM di Kota Malang.

Pandu Pertiwi, M. (2019). Pengaruh Pemahaman Akuntansi, dan Persepsi Umkm Terhadap Penerapan Sak-Emkm di Kabupaten Klaten.

Pratiwi, N. B. dan Hanafi, R. 2016. Analisis Faktor yang Mempengaruhi Penerapan Standar Akuntansi Keuangan Entitas Tanpa Akuntabilitas Publik (SAK ETAP) pada Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Jurnal Akuntansi Indonesia Vol. 5 No. 1 Januari 2016.

Purnomo, A., & Adyaksana, R. (2021). Meningkatkan penerapan SAK EMKM dengan persepsi usaha dan kesiapan pelaku UMKM. Journal of Business and Information Systems (e-ISSN: 2685-2543), 3(1), 10–22

Sarstedt, M., Ringle, C. M., & Hair, J. F. (2017). Partial Least Squares Structural. Equation Modeling. Handbook of Market Research.

Sarwono, Jonathan. (2018). Statistik untuk Riset Skripsi. Yogyakarta: Andi Offset.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Tatik. (2018). Implementasi SAK EMKM (Standar Akuntansi Keuangan Entitas Mikro Kecil Dan Menengah) Pada Laporan Keuangan UMKM (Studi Kasus Pada UMKM XYZ Yogyakarta). Relasi : Jurnal Ekonomi, 14(2), 1–14.

Teguh Erawati, L. S. (2021). Penagaruh Lama Usaha dan Pemahaman Akuntansi Terhadap Kualitas Laporan Keuangan UMKM.

Tina Setyaningsih, K. F. (2021). PELAPORAN KEUANGAN UMKM BERDASARKAN SAK EMKM (Studi Kasus pada UMKM di PD Pasar Jaya Kramat Jati). jurnal lentera bisnis.

Wahyu Sri Lestari, M. P. (n.d.). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kualitas Laporan Keuangan Berbasis SAK ETAP Pada UMKM. Jrnal Ilmu dan Riset Akuntansi, 2017.

Wong, K. K. (2013). Partial Least Squares Structural Equation Modeling (PLS-. SEM) Techniques Using SmartPLS. Marketing Bulletin, 24(1), 1–32.

Downloads

Published

2024-07-29

How to Cite

Wati, E. K., Bahri, S., N, I. D., & Fatoni, I. (2024). Pengaruh Tingkat Pendidikan, Pemahaman Akuntansi, dan Ukuran Usaha Mikro terhadap Kepatuhan pada SAK EMKM di Kota Malang. ARMADA : Jurnal Penelitian Multidisiplin, 2(7), 547–556. https://doi.org/10.55681/armada.v2i7.1429