PENERAPAN PENDEKATAN SAINTIFIK MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DI SMP NEGERI 18 LAU
DOI:
https://doi.org/10.55681/armada.v1i12.1051Keywords:
Berpikir Kritis, Problem Based LearningAbstract
Kebijakan Merdeka Belajar mendorong peningkatan Sumber daya manusia (SDM) yang unggul agar bisa diserap oleh kebutuhan dunia kerja. Soft skill berupa keterampilan berpikir kritis sangat dibutuhkan dalam mengatasi masalah, membuat keputusan dan menarik kesimpulan terutama dalam menghadapi isu-isu global mengenai ancaman permasalahan pengurasan (deplation) dan penurunan (degradation) Sumber Daya Alam. Untuk itu guru dituntut menciptakan pembelajaran yang bermakna, seperti pendekatan saintifik dengan model Problem Based Learning. Rendahnya keterampilan berpikir kritis siswa\i di kelas 8A di SMP Negeri 18 LAU, mendorong peneliti melakukan penelitian untuk mendeskripsikan penerapan pendekatan saintifik melalui model Problem Based Learning. Jenis penelitian yang dilakukan adalah kualitatif, dalam bentuk penelitian tindakan kelas (PTK). Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan Tes, Observasi, Dokumentasi, dan Wawancara. Hasil penelitian menunukkan bahwa dengan penerapan pendekatan saintifik melalui model Problem Basic Learning dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis pada siklus II dengan capaian menjadi 75% berarti Kritis. Hasil temuan dalam penelitian ini bahwa dibutuhkan kreativitas guru dalam membantu meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa\i. Keberhasilan penerapan project-based learning akan lebih tampak jika ditunjukkan dengan hasil karya yang bernilai ekonomi.
Downloads
References
Amir, M. T. (2015). Inovasi Pendidikan Melalui Problem Based Learning. Jakarta: Prenadamedia Group.
Jaenudi, dkk. (2017). Penggunaan Lembar Investigasi untuk Menigkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa SD: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, II, (1) hlm, 1-14
Republik Indonesia. (2016). Peraturan Pemerintah Nomor 22 Tahun 2016 Tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah.
Rusman. (2016). Model-model Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.Trianto. (2017). Model-Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka
Walker, P. & Finney, N. 1999. Skill Development and Thinking in Higher Education. Teaching in Higher Education, 4(4), 531-547
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 ARMADA : Jurnal Penelitian Multidisiplin
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.