ANALISIS KUALITAS PELAYANAN DAN FASILITAS MALL TERHADAP KEPUASAN TENANT METROPOLITAN MALL BEKASI

Authors

  • Kelly Kurniawan Universitas Bhayangkara Jakarta Raya
  • Agus Dharmanto Universitas Bhayangkara Jakarta Raya
  • Franciscus Dwikotjo Sri Sumantyo Universitas Bhayangkara Jakarta Raya

DOI:

https://doi.org/10.55681/economina.v2i10.937

Keywords:

Fasilitas Mall, Kepuasan Tenant, Kualitas Pelayanan

Abstract

Penelitian yang dilakukan bertujuan untuk mengetahui kualitas pelayanan dan fasilitas mall terhadap tenant Metropolitan Mall Bekasi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini metode kuantitatif, untuk alat pengolah data yang digunakan pada penelitian ini yaitu aplikasi SPSS. Populasi dalam penelitian ini yaitu tenant di Metropolitan Mall Bekasi. Pada penelitian ini, akan dijelaskan mengenai penelitian serta hasil penelitian, selain itu menjelaskan mengenai gambaran umum Metropolitan Mall Bekasi yang merupakan objek dari penelitian yang akan dilakukan oleh penulis.

Selain itu juga akan dijelaskan mengenai karateristik dari tenant Metropolitan Mall Bekasi. Berdasarkan dengan hasil dan analisis penelitian ini yang berjudul “Analisa Kualitas Pelayanan Dan Fasilitas Mall Terhadap Tenant Metropolitan Mall Bekasi” maka diperoleh kesimpulan sebagai berikut: kepuasan pelayanan tenant di mall dipengaruhi oleh berbagai faktor, seperti kualitas layanan, fasilitas, komunikasi, dan hubungan kerja antara pengelola mall dan tenant. Oleh karena itu, pengelola mall perlu memperhatikan dan memenuhi kebutuhan serta harapan dari tenant agar dapat mempertahankan dan meningkatkan kepuasan tenant di mall.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alaan, Y. (2016). Peingaruh Seirviicei Qualiity (Tangiiblei, Eimpathy, Reiliiabiiliity, Reisponsiiveineiss dan Assurancei) teirhadap Customeir Satiisfactiion: Peineiliitiian pada Hoteil Seireila Bandung. . Jurnal Manajeimein Maranatha, 15(2).

BARAT, P. K. (2020). Iika Deivii Wiidyaniingrum. Jurnal STEiIi Eikonomii, Vol XX, No XX, BULAN 2020 .

Budii Riismayadii, Uus Mohammad Darul Fadlii, & Flora Patriiciia Anggeila. (2020). Peingaruh Kualiitas Peilayanan Dan Fasiiliitas Mall Teirhadap Keipuasan Peingunjung Pusat Peirbeilanjaan Mall Dii Karawang. Buana Iilmu, 4(2), 204–233. https://doii.org/10.36805/bii.v4ii2.1136

Gofur, A. (2019). PEiNGARUH KUALIiTAS PEiLAYANAN DAN HARGA TEiRHADAP KEiPUASAN PEiLANGGAN. Jurnal Riiseit Manajeimein dan Biisniis (JRMB) Fakultas Eikonomii UNIiAT, 4(1), .

Huda, D. N. (n.d.). PEiNGARUH KUALIiTAS PEiLAYANAN, LOKASIi, PROMOSIi DAN FASIiLIiTAS MALL TEiRHADAP KEiPUASAN PEiNGUNJUNG CIiPUTRA WORLD MALL SURABAYA Deisy. 3.

Huii, Ei. C. ((2013)). Faciiliitiieis manageimeint seirviicei and customeir satiisfactiion iin shoppiing mall seictor. Faciiliitiieis. Faciiliitiieis.

Iilhamii, R. (2020). Iimpleimeintasii Peilayanan Konsultasii Peirpajakan Pada Mall Peilayanan Publiik. Deiciisiion: Jurnal Admiiniistrasii Publiik 2.2 .

Jalaludiin, J. (2021). PEiNGARUH KUALIiTAS PEiLAYANAN TEiRHADAP KEiPUASAN KEiPUASAN KONSUMEiN PADA PT BIiNA SEiJAHTEiRA BANGUN PEiRSADA. jurnal Mahasiiswa Eikonomii & Biisniis.

Jayantii, N. D. (2017). Kualiitas Peilayanan (Reiliiabiiliity, Reisponsiiveineiss, Assurancei, Eimphaty, Tangiibleis) Dii Leigeind Preimiium Coffeiei Yogyakarta. Journal of Culiinary Eiducatiion and Teichnology, 6(1).

Kurniiasarii, R., Oktiianii, N., & Ramadhantii, G. (2018). Peilatiihan Keirja Dalam Usaha Meiniingkatkan Kiineirja Karyawan Baru Pada PT Kusumatama Miitra Seilaras Jakarta. 2(2), 3–9.

Lumiintang, G. A. (2023). Peingaruh Harga Dan Kualiitas Peilayanan Teirhadap Keipuasan Konsumein Pada Beingkeil Mobiil Karuniia Kiiawa. Productiiviity, 4(2), 229-238.

MALL), S. K. (2018). Sucii Sandii Wachyunii, Deiwii Ayu Kusumaniingrum, Reigiinei Corneiliia Kartiika. Jurnal Saiins Teirapan Pariiwiisata.

Peilanggan, K. P. (2018). Heinii Rohaeinii dan Niisa Marwa. Jurnal Eicodeimiica, Vol. 2 No. 2 Seipteimbeir 2018.

peirangiinangiin, R. S. (2023). ANALYSIiS OF EiFFEiCT OF SEiRVIiCEi QUALIiTY IiN MALL MANAGEiMEiNT AND IiTS REiLATIiON TO TEiNANT SATIiSFACTIiON AT CEiNTEiR POIiNT MALL MEiDAN. . Journal of Iinnovatiion Reiseiarch and Knowleidgei, 2(8), 3195-3202.

Prakoso, A. F. (2017). Reiliiabiiliity, reisponsiiveineiss, assurancei, eimpathy, and tangiiblei: Stiill can satiisfy thei customeir. . Iinteirnatiional Journal of Busiineiss and Manageimeint Iinveintiion, 6(3), 68-75.

Rachmayanii, D. (2018). ANALYSIiS OF THEi IiNFLUEiNCEi OF SEiRVIiCEi QUALIiTY ON TEiNANT SATIiSFACTIiON AND TEiNANT LOYALTY (CASEi STUDY AT SEiNTRA GROSIiR CIiKARANG. (Doctoral diisseirtatiion, Preisiideint Uniiveirsiity).

RHOSYAD, V. Ii. (2021). PEiNGARUH FASIiLIiTAS RUANG TUNGGU TEiRDAHAP KEiNYAMANAN PEiNUMPANG DIi BANDAR UDARA IiNTEiRNASIiONAL BANYUWANGIi.

Riitonga, H. M. (2020). Peingaruh Kualiitas Peilayanan Dan Eimosiional Teirhadap Keipuasan Peilanggan Pada Honda Iidk 2 Meidan. JUMANT, 12(2), 30-44.

Seiptiian, D. (2020). Peingaruh Promosii Dan Kualiitas Peilayanan Teirhadap Keipuasan Konsumein Keiprii Mall. Doctoral diisseirtatiion, Prodii Manajeimein).

Siivanandii, T. (2022). Analiisiis Keipuasan Teinant Teirhadap Peilayanan dan Fasiiliitas yang Diibeiriikan SunCiity Mall Madiiun.

Sugiiyono. (2018). Meitodei Peineiliitiian Kuantiitatiif. ALFABEiTA.

Sujarweinii, V. . (2021). Meitodologii Peineiliitiian Biisniis dan Eikonomii Peindeikatan Kuantiitatiif. PUSTAKABARUPREiSS.

Yuliiarmii, N. &. (2007). Analiisiis faktor-faktor yang meimpeingaruhii keipuasan peilanggan teirhadap peilayanan PDAM Kota Deinpasar. Buleitiin Studii Eikonomii, 12(1), 9-28.

Downloads

Published

2023-10-20

How to Cite

Kurniawan, K., Dharmanto, A., & Sumantyo, F. D. S. (2023). ANALISIS KUALITAS PELAYANAN DAN FASILITAS MALL TERHADAP KEPUASAN TENANT METROPOLITAN MALL BEKASI. JURNAL ECONOMINA, 2(10), 3119–3131. https://doi.org/10.55681/economina.v2i10.937