PENGARUH PROMOSI ONLINE INSTAGRAM DAN DAYA TARIK WISATA TERHADAP MINAT KUNJUNGAN WISATAWAN TRANSERA WATERPARK DI KABUPATEN BEKASI

Authors

  • Luluk Fitri Wijaya Universitas Bhayangkara Jakarta Raya
  • Agus Dharmanto Universitas Bhayangkara Jakarta Raya
  • Franciscus Dwikotjo Sri Sumantyo Universitas Bhayangkara Jakarta Raya

DOI:

https://doi.org/10.55681/economina.v2i10.936

Keywords:

Daya Tarik, Minat Kunjungan, Promosi Online Instagram

Abstract

Penelitiaan ini bertujuan untuk mengetahui dan membuktikan apakah Promosi Online Instagram Dan Daya Tarik Wisata Secara simultan dan parsial berpengaruh signifikan terhadap Minat Kunjungan. Penelitian ini menggunakan desain penelitian kuantitatif deskriptif. Kuantitatif deskriptif dipilih karena sesuai dengan judul dan tema penelitian yaitu untuk menguji dan mengetahui suatu hubungan antara variabel independen dengan variabel dependen. Populasi dalam penelitian ini yaitu para pengunjung atau wisatawan yang mengunjungi Transera Waterpark Bekasi. Pada jumlah populasi yang ditetapkan dalam penelitian ini yaitu jumlah pengunjung pada tahun 2022 yaitu sebanyak 250.425 orang. Penelitian ini menggunakan purposive sampling. Sehingga pada penelitian ini peneliti harus mengambil sampel sebesar 100 responden. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan oleh penulis untuk mengetahui adanya pengaruh Promosi Online Instagram dan Daya Tarik Wisata terhadap Minat Kunjungan, maka dapat diambil kesimpulan bahwa variabel Promosi Online Instagram Dan Daya Tarik Wisata Secara simultan dan parsial berpengaruh signifikan terhadap Minat Kunjungan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahmadil, D., & Adzhanil, A. V. (2019). Thel usel Ilnstagram wilth vilsiltilng ilntelrelst: Thel correllatilon beltweleln thel usel @lilttlelcollilns.bdg Ilnstagram wilth vilsiltilng ilntelrelst. Journal of Physilcs: Confelrelncel Selrilels, 1375(1), 1–6. https://doil.org/10.1088/1742-6596/1375/1/012055

Ajil, C., & Andadaril, R. K. (2021). Meldila Sosilal Ilnstagram Dan Welbsiltel Telrhadap Milnat Kunjung Wilsatawan. Jurnal Pelnelliltilan Dan Pelngelmbangan Sailns Dan Humanilora, 5(1), 54–63.

Angella, Z., & Silrelgar, O. M. (2021). Pelngaruh Promosil Meldila Sosilal dan Storel Atmosphelrel Telrhadap Tilngkat Kunjungan Konsumeln pada Cafel Taman Sellfilel Bilnjail. El-Proceleldilng Selnrilabdil, 1(1), 417–433.

Arilansyah, A. (2021). ANALIlSIlS DAYA TARIlK WIlSATA DAN PROMOSIl TElRHADAP MIlNAT KUNJUNGAN WIlSATAWAN DIl MUSElUM KAYU TUAH HIlMBA KABUPATElN KUTAIl KARTANElGARA. Jurnal Admilnilstrasil Bilsnils Filsilpol Unmul, 9(4), 296. https://doil.org/10.54144/jadbils.v9il4.5602

Arilyanil, R. M. (2021). Pelngaruh Daya Tarilk Wilsata dan Promosil Meldila Sosilal telrhadap Milnat Belrkunjung Kelmbalil Wilsatawan dil Waduk Seltu Patok Kabupateln Cilrelbon R. 6(2), 133–147. https://doil.org/10.26740/jpelka.v6n2.p133-147

Budgel, K. (2017). Objelcts iln focus: Muselum vilsiltors and ilnstagram. Curator: Thel Muselum Journal, 60(1), 67–85. https://doil.org/10.1111/cura.12183

Dahmilril, & Bhayangkaril, S. K. W. (2022). Pelngaruh Promosil Vilsual, Fasilliltas Dan Daya Tarilk Wilsata Telrhadap Milnat Belrkunjung Wilsatawan Dil Candil Muaro Jambil. Jurnal Manajelmeln Telrapan Dan Keluangan, 11(04), 1069–1079. https://doil.org/10.22437/jmk.v11il04.21858

Filona, F., Suseltyo, S., Nasutilon, & Putril, A. M. P. (2022). Dilgiltal Markeltilng Through Socilal Meldila Ilnstagram as a Promotilon Melans to Ilncrelasel Ilntelrelst iln Vilsiltilng Belngkulu Tourilsm Objelcts. Proceleldilngs of thel 7th Srilwiljaya Elconomilcs, Accountilng, and Busilnelss Confelrelncel (SElABC 2021), 647(Selabc 2021), 63–70. https://doil.org/10.2991/aelbmr.k.220304.009

Gilrsang, D., & Silpayung, N. L. (2021). Pelran Ilnstagram Telrhadap Milnat Belrkunjung Wilsatawan Kel Objelk Wilsata Bukilt Ilndah Silmarjarunjung Kabupateln Silmalungun (Pasca Pandelmil Covild-19). Jurnal Darma Agung, 29(3), 416–428. https://doil.org/10.46930/ojsuda.v29il3.1226

Hanilfah, R. D. (2019). Thel Ilnfluelncel of Ilnstagram Travell Ilnfluelncelr on Vilsiltilng Delcilsilon of Tourilst Delstilnatilons for Gelnelratilon Y. Proceleldilngs of Catela, 235–247.

Nilfilta, A. T., & Arilsondha, El. (2018). Pelngaruh Meldila Sosilal Telrhadap Milnat Belrkunjung Wilsatawan dil Taman Gelopark Kabupateln Melrangiln. Jurnal Manajelmeln Telrapan Dan Keluangan, 7(2), 169–180.

Pradhana, A. (2022). ANALIlSA PElNGARUH PROMOSIl MElLALUIl MElDIlA SOSIlAL TElRHADAP KUNJUNGAN WIlSATAWAN DIl PULAU SUMElDANG BElLIlTUNG. 9(2).

Pradhana, A., Rachmadil, H., & Afilf, F. (2022). Analilsa Pelngaruh Promosil Mellaluil Meldila Sosilal Telrhadap Kunjungan Wilsatawan Dil Pulau Sumeldang Belliltung. Jurnal Parilwilsata, 9(2), 161–168. https://doil.org/10.31294/par.v9il2.14111

Pratama, A. (2021). Daya Tarilk Wilsata, Promosil Onlilnel, Dan Transportasil Telrhadap Kelputusan Belrkunjung Wilsatawan. (JElMS) Jurnal Elntrelprelnelur Dan Manajelmeln Sailns, 2(2), 273–292. https://doil.org/10.36085/jelms.v2il2.1598

Pratilwil, Z., & Prakosa, A. (2021). Pelngaruh Meldila Sosilal, Elvelnt Parilwilsata, Dan Fasilliltas Pellayanan Telrhadap Milnat Belrkunjung Ulang Dil Sandboardilng Gumuk Pasilr Parangkusumo. Jurnal Fokus Manajelmeln Bilsnils, 11(1), 74. https://doil.org/10.12928/fokus.v11il1.3851

Prilsgunanto, Il. (2020). Socilal meldila and vilsilt delcilsilon to tourilst delstilnatilons: Melasurilng thel ilmpact of ilnstagram on elxpatrilatels iln Ilndonelsila. Jurnal Komunilkasil: Malaysilan Journal of Communilcatilon, 36(1), 495–508. https://doil.org/10.17576/JKMJC-2020-3601-29

Runandar, Il. J., & Rahmawatil, Il. (2019). Hubungan antara Meldila Sosilal Ilnstagram @ Kawasanwilsatapunclut delngan Milnat Kunjungan Followelrs Rellatilonshilp Beltweleln Socilal Meldila Ilnstagram @ Kawasanwilsatapunclut Wilth Followelr ’ s Ilntelrelst Of Vilsilt ( Correllatilonal Study beltweleln Ilnstagram Socilal Meldila @ Ka. Prosildilng Manajelmeln Komunilkasil, 5(1), 62–72.

Salilm, M. N. M., Mulyanil, Il. D., & Khojiln, N. (2022). Pelngaruh Daya Tarilk Wilsata Telrhadap Milnat Belrkunjung Pada Wilsata Hutan Mangrovel Kalilwlilngil Brelbels. GElMIlLANG: Jurnal Manajelmeln Dan Akuntansil, 2(4), 113–126. https://doil.org/10.56910/gelmillang.v2il4.156

Saril, P. Il. A., Vandhana, Il. K. A. S., Bugyawan, Il. W., Dwilsaraswatil, N. K. N., & Marilanil, N. W. R. (2022). Pelngaruh Socilal Meldila Markeltilng dan Word Of Mouth telrhadap Milnat Belrkunjung Konsumeln pada Elra Pandelmil Covild-19 dil Lilvilngstonel Balil. Jurnal Pelndildilkan Dan Konsellilng, 4(4), 6500–6510.

sujarwelnil. (2019). Meltodologil pelnelliltilan bilsnils dan elkonomil (pelndelkatan kuantiltatilf).

Susanto, B., & Astutilk, P. (2020). Pelngaruh Promosil Meldila Sosilal Dan Daya Tarilk Wilsata Telrhadap Milnat Belrkunjung Kelmbalil Dil Obyelk Wilsata Eldukasil Manyung. Jurnal Rilselt Bilsnils Dan Elkonomil, 1(1), 46–56.

Tanjung, A., Bilntartil, S., & Nurpatrila, El. (2022). Pelngaruh Daya Tarilk Wilsata, Fasilliltas, Dan Ellelctronilc Word Of Mouth Telrhadap Milnat Kunjung Pada Siltu Rawa Geldel. Ilkrailth-Elkonomilka, 5(2), 146–156.

Trilrahayu, A. A., & Putril, B. P. S. (2019). Pelngaruh Meldila Sosilal Ilnstagram @Amazilngtasilkmalaya Telrhadap Milnat Belrkunjung Followelrs Kel Objelk Wilsata Tasilkmalaya. El-Proceleldilng of Managelmelnt, 6(2), 4997–5006.

Yasmiln, Sukmawiljaya, El., & Wildilyantil, M. (2020). Pelngaruh Promosil Mellaluil Meldila Sosilal dan Kualiltas Layanan Telrhadap Milnat Belrkunjung Pada Elvelnt Olahraga Ilndonelsila Sport Elxpo & Forum 2019. Jurnal Ilmu Kelolahragaan, 19(2), 174–181.

Downloads

Published

2023-10-20

How to Cite

Wijaya, L. F., Dharmanto, A., & Sumantyo, F. D. S. (2023). PENGARUH PROMOSI ONLINE INSTAGRAM DAN DAYA TARIK WISATA TERHADAP MINAT KUNJUNGAN WISATAWAN TRANSERA WATERPARK DI KABUPATEN BEKASI. JURNAL ECONOMINA, 2(10), 3103–3118. https://doi.org/10.55681/economina.v2i10.936