PENGARUH LATAR BELAKANG PENDIDIKAN DAN PELATIHAN TERHADAP KINERJA KARYAWAN PT. NIRAMAS UTAMA (INACO)

Authors

  • Sherly Margaretha Hutajulu Universitas Bhayangkara Jakarta Raya
  • Zeintya Azra Haroen Universitas Bhayangkara Jakarta Raya
  • Rini Wijayaningsih Universitas Bhayangkara Jakarta Raya

DOI:

https://doi.org/10.55681/economina.v2i10.910

Keywords:

Kinerja Karyawan, Latar Belakang Pendidikan, Pelatihan

Abstract

Penelitian ini berjudul “Pengaruh Latar Belakang Pendidikan dan Pelatihan Terhadap Kinerja Karyawan PT. Niramas Utama (INACO)”. bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat Pengaruh Latar Belakang Pendidikan dan Pelatihan Terhadap Kinerja Karyawan PT. Niramas Utama (INACO). Penelitian ini bermanfaat dapat menambah dan memperluas pengetahuan dalam manajemen sumber daya manusia khususnya yang berhubungan langsung dengan masalah latar belakang pendidikan dan pelatihan. Metode dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan populasi seluruh karyawan PT. Niramas Utama (INACO) dengan sampel 105 responden. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dan pengolahan data serta pengujian hipotesis menggunakan SPSS versi 26. Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa variabel latar belakang pendidikan (X1) berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan (Y), variabel pelatihan (X2) berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan (Y), Hasil dari penelitian ini menjelaskan bahwa variabel latar belakang pendidikan (X1) dan pelatihan (X2) secara simultan bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan (Y).

Downloads

Download data is not yet available.

References

Afandi, P. (2018). Manajemen Sumber Daya Manusia (Teori, Konsep dan Indikator). Riau: Zanafa Publishin

Alamsyah, A. P., & Panday, R. (2021). Pengaruh Kecerdasan Emosional, KecerdasanIntelektual, dan Lingkungan Kerja terhadap Kinerja Karyawan (Studi pada PTSkyworth Industry Indonesia …. Researchgate.Net, January. https://www.researchgate.net/profile/Abiany_Prasetyo_Alamsyah/publication/348445703_Pengaruh_Kecerdasan_Emosionl_Kecerdasan_Intelektual_dan_Lingkungan_Kerja_terhadap_Kinerja_Karyawa_Studi_pada_PT_Skyworth_Industry_Indonesia_Bekasi/links/5fffd 19f299bf1

Bone, Y., Aneta, Y., & Bokingo, A. H. (2018). Pengaruh Penempatan kerja TerhadapKinerja Pegawai Di Badan Perencanaan Penelitian dan Pengembanan DaerahProvinsi Gorontalo. JAMBURA: Jurnal Ilmiah …, 1(1), 19–27.

Dhoni Kurniawati. (2018). “Manajemen Sumber Daya Manusia DalamPerspektif Islam Dan Elevansinnya Dengan Manajemen Modern,” Kementrian AgamaLampung Timur 11, No. 1 (Februari 2018): 20.

Eka Maelani. (2020). Pengaruh Latar Belakang Pendidikan Serta PenggunaanTeknologi Informasnerja Karyawan Di PT.Pegadaian (persero) Kantor AreaTegal Yang Sudah Bransformasi Di Era Industri Digital. Skripsi thesis. Repository Universitas Pancasila Tegal, 18-19

Endriana, A., (2020). Pengaruh Latar Belakang Pendidikan Dan Pelatihan TerhadapProduktivitas Kinerja Karyawan Pada PT. Bank Muamalat Indonesia CabangKendari. Skripsi. IAIN KENDARI, 14. Handoko. (2014). Manajemen Personalia & Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: BPFE

Handoko. (2018). Manajemen Personalia dan Sumber Daya Manusia, Edisi Kedua. Yogyakarta: Penerbit BPFE.

Nuryadin, M. T., R. Y., & S. F. (2019). Pengaruh Latar Belakang Pendidikan, Pengalaman, Pelatihan Dan Hubungan Antar Karyawan Terhadap Kinerja Mantri Pada PT.Bank BRI Cabang Samudera Banjarmasin. At-Tadbir Jurnal Ilmiah Manajemen, 13.

Ratu Ayu Nuraeni Elasari, R. H. (2021). Pengaruh Rekrutmen Dan Penempatan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Di PT. Beijing Jingdiao Indonesia. 2(1), 26–30.

Sugijono. (2015). Pengaruh Pendidikan dan Pelatihan terhadap Etos Kerja serta Implikasinya terhadap kinerja. Jurnal Ekonomi Manajemen Bisnis. 2(2), 192.

Suryani, N. K., Sugianingrat, & Laksemini, S. K. D. (2020). Kinerja Sumber Daya Manusia: Teori, Aplikasi, dan Penelitian, 95.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta, CV.

Sujarweni, V. W. (2019). Metodologi Penelitian Bisnis dan Ekonomi Pendekatan Kuantitatif. PUSTAKABARURESS

Syafanur, N. W. (2019). Pengaruh Latar Belakang Pendidikan, Lingkungan Kerja dan Religiusitas Terhadap Kinerja Karyawan (Studi Kasus Pada Bank Nagari Cabang Syariah Padang dan Bukittinggi ). Skripsi thesis. Uin Sunan Kalijaga Yogyakarta, 54.

Teguh Triyanto, (2014). Pengantar Pendidikan, Jakarta: PT Bumi Aksara. 23-24

Downloads

Published

2023-10-11

How to Cite

Hutajulu, S. M., Haroen, Z. A., & Wijayaningsih, R. (2023). PENGARUH LATAR BELAKANG PENDIDIKAN DAN PELATIHAN TERHADAP KINERJA KARYAWAN PT. NIRAMAS UTAMA (INACO). JURNAL ECONOMINA, 2(10), 2872–2883. https://doi.org/10.55681/economina.v2i10.910