PENGARUH ELECTRONIC WORD OF MOUTH, HARGA DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK SERUM HANASUI (Studi Pada Mahasiswa Universitas Bhayangkara Jakarta Raya)

Authors

  • Rana Adilah Universitas Bhayangkara Jakarta Raya
  • M. Fadhli Nursal Universitas Bhayangkara Jakarta Raya
  • Dewi Sri Wulandari Universitas Bhayangkara Jakarta Raya

DOI:

https://doi.org/10.55681/economina.v2i10.906

Keywords:

Electronic Word of Mouth, Harga, Keputusan Pembelian, Kualitas Produk

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Electronic Word Of Mouth (X1), Harga (X2) dan Kualitas Produk (X3) terhadap Keputusan Pembelian (Y) Produk Serum Hanasui Pada Mahasiswa Universitas Bhayangkara Jakarta Raya. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan metode non-probability sampling dengan Teknik purposive sampling. Populasi dalam penelitian ini adalah Mahasiswa S1 Fakultas Ekonomi dan Bisnis prodi Manajemen Universitas Bhayangkara Jakarta Raya TA Ganjil 2022. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 95 responden. Analisis data menggunakan analisis linear berganda dengan bantuan SPSS versi 25. Hasil penelitian dalam penelitian ini menunjukan bahwa variabel Electronic Word of Mouth, Harga dan Kualitas Produk berpengaruh positif dan signifikan secara parsial dan simultan terhadap Keputusan Pembelian Produk Serum Hanasui.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agatha, C. … Soepeno, D. (2019). Pengaruh Brand Image Dan Electronic Word of Mouth Terhadap Minat Beli Konsumen Oriflame Di Manado. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, , 7(1), 131–140.

Agustine, M., & Prasetyawati, Y. R. (2020). Pengaruh kualitas informasi Instagram dan electronic word of mouth terhadap citra dapurfit. Profesi Humas Jurnal Ilmiah Ilmu Hubungan Masyarakat, 5(1), 82. https://doi.org/10.24198/prh.v5i1.23966

Alnando, T., & Hutapea, J. Y. (2021). Pengaruh Kualitas Produk Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Samsung (Studi Kasus Pada Desa Pabuaran). Jurnal Ekonomis, 14(1), 76–88. file:///C:/Users/User/Downloads/2684-Article Text-9203-1-10-20211119.pdf

Dwi, D. M. … Rachmawati, I. K. (2021). Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Diskon, Dan Keputusan Pembelian Online Maharani Prima Skin Care Di Blitar. Jurnal Ekonomi Manajemen Dan Bisnis, 2(1), 8–19. https://doi.org/10.32815/jubis.v2i2.442

Enre, A. E. … Ong, M. T. (2020). Pengaruh Harga dan Kualitas Pelayanan terhadap Keputusan Pembelian CV Obor Pematangsiantar. Owner, 4(1), 189–198. https://doi.org/10.33395/owner.v4i1.173

Gunantha, I., & Maskur, A. (2022). Pengaruh Kualitas Produk, Citra Merek dan Persepsi Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pada Produk Ms. Glow Beauty (Studi Pada Konsumen Ms. Glow Beauty Di Kota Semarang. SEIKO Jurnal of Manajement and Business, 3(3), 649. https://doi.org/10.37531/sejaman.v5i2.2087

Hanifah, H. N. … Mutiarni, R. (2019). Pengaruh Produk Ramah Lingkungan/Green Product Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Produk Tupperware. JMD: Jurnal Riset Manajemen & Bisnis Dewantara, 2(1), 37–44. https://doi.org/10.26533/jmd.v2i1.345

Kasakeyan, R. F. … Poluan, J. G. (2021). Pengaruh Electronic Word Of Mouth, Kualitas Produk Dan Experiental Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Produk Street Boba Manado. Jurnal EMBA, 9(4), 1208–1217.

Kotler, P. A. G. (2012). Principle of Merketing (Global Edi).

Nurdin, S., & Setiani, C. N. P. (2021). Penggunaan Label Halal dan Harga dalam Meningkatkan Keputusan Pembelian Produk Kosmetik. Sain Manajemen, 3(2), 111–122. http://ejurnal.ars.ac.id/index.php/jsm/index

Nurliyanti, N. … Baruna Hadibrata. (2022). Pengaruh Harga, Promosi Dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian (Literature Review Strategi Marketing Manajement). Jurnal Ilmu Hukum, Humaniora Dan Politik, 2(2), 224–232. https://doi.org/10.38035/jihhp.v2i2.982

Oktavia, E. B. … Puspitadewi, I. (2022). Pengaruh Harga, Brand Ambassador, Brand Image, Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Pada Produk Scarlett Whitening Indonesia Di Tokopedia. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis GROWTH, 20(2), 361–375.

Poernamawati, D. E. (2019). Analisis Dimensi Electronic Word of Mouth (Ewom) Dan Pengaruhnya Terhadap Minat Kunjungan Pada Obyek Wisata Di Malang Raya. Adbis: Jurnal Administrasi Dan Bisnis, 12(2), 127. https://doi.org/10.33795/j-adbis.v12i2.50

Ryzan, K. D. … Tjahjo, J. D. W. (2020). Pengaruh Electronic Word of Mouth Terhadap Brand Awareness Kedai Kopi Kenangan Pada Warga Kota Surabaya. Jurnal E-Komunikasi, 8(2), 1–12.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Manajemen (Setiyawami (ed.)). ALFABETA, CV.

Thousani, H. F. … Syafitri, E. M. (2021). Pengaruh Kualitas Produk Dan Label Halal Terhadap Keputusan Pembelian Produk (Study Kasus Pada Mahasiswa Iain Salatiga). Eqien: Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 8(2), 86–92. https://doi.org/10.34308/eqien.v8i2.218

Tirtayasa, S. … Khair, H. (2021). Keputusan Pembelian: Sebagai Variabel Mediasi Hubungan Kualitas Produk dan Kepercayaan terhadap Kepuasan Konsumen. Jurnal Inspirasi Bisnis Dan Manajemen, 5(1), 67. https://doi.org/10.33603/jibm.v5i1.4929

Trisnawati, I. A. … Hendrawan, I. G. Y. (2022). Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Bedak Marcks dan Venus di Apotek Kimia Farma Denpasar. Jurnal Emas, 3(3), 134–147.

Zahra, K. F. … Pinem, R. J. (2021). Pengaruh Celebrity Endorser, Electronic Word of Mouth, dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian (Studi pada Konsumen Koesmetik Wardah di Kota Semarang). Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 10(1), 965–973. https://doi.org/10.14710/jiab.2021.30604

Downloads

Published

2023-10-11

How to Cite

Adilah, R., Nursal, M. F., & Wulandari, D. S. (2023). PENGARUH ELECTRONIC WORD OF MOUTH, HARGA DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK SERUM HANASUI (Studi Pada Mahasiswa Universitas Bhayangkara Jakarta Raya). JURNAL ECONOMINA, 2(10), 2823–2841. https://doi.org/10.55681/economina.v2i10.906