PENGARUH PERSEPSI KEMUDAHAN PENGGUNAAN, PERSEPSI RISIKO, DAN FITUR LAYANAN TERHADAP MINAT MENGGUNAKAN SHOPEEPAY DI KOTA BEKASI

Authors

  • Indah Oktaviana Universitas Bhayangkara Jakarta Raya
  • M. Fadhli Nursal Universitas Bhayangkara Jakarta Raya
  • Dewi Sri Wulandari Universitas Bhayangkara Jakarta Raya

DOI:

https://doi.org/10.55681/economina.v2i10.905

Keywords:

Fitur Layanan, Minat Menggunakan, Persepsi Kemudahan Penggunaan, Persepsi Risiko

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Persepsi Kemudahan Penggunaan, Persepsi Risiko, dan Fitur Layanan terhadap Minat Menggunakan ShopeePay di Kota Bekasi. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah pengguna shopeepay di Kota Bekasi. Teknik penelitian ini menggunakan purposive sampling. Adapun jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 112 responden. Analisis data yang digunakan adalah regresi linier berganda menggunakan software SPSS 25. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel Persepsi Kemudahan Penggunaan, Persepsi Risiko dan Fitur Layanan secara signifikan memiliki hubungan dan berpengaruh secara parsial dan simultan terhadap variabel Minat Menggunakan ShopeePay.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abrillia, N. D., & Sudarwanto, T. (2020). Pengaruh Persepsi Kemudahan Dan Fitur Layanan Terhadap Minat Menggunakan E-Wallet Pada Aplikasi Dana Di Surabaya. Jurnal Pendidikan Tata Niaga, 8(3), 1006–1012.

Angelica, L., & Soebiantoro, U. (2022). Analisa menggunakan dompet digital. Jurnal Manajemen, 14(2), 232–238. https://doi.org/10.30872/jmmn.v14i2.11209

Ardianto, K., & Azizah, N. (2021). Analisis Minat Penggunaan Dompet Digital Dengan Pendekatan Technology Acceptance Model (TAM) Pada Pengguna di Kota Surabaya. Jurnal Pengembangan Wiraswasta, 23(1), 13. https://doi.org/10.33370/jpw.v23i1.511

Atriani, Permadi, L. A., & Rinuastuti, B. H. (2020). Pengaruh Persepsi Manfaat dan Kemudahan Penggunaan Terhadap Minat Menggunakan Dompet Digital OVO. Jurnal Sosial Ekonomi Dan Humaniora, 1(1), 317–328. https://doi.org/10.36456/jsbr.v1i1.3000

Bimo, W. A. (2021). Penilaian Penggunaan Dompet Digital Saat Pandemi Covid-19. Moneter: Jurnal Keuangan Dan Perbankan, 9(2), 37. https://doi.org/10.32832/moneter.v9i2.5827

Desita, W., & Dewi, G. A. K. R. S. (2022). Pengaruh Persepsi Kemanfaatan, Persepsi Kemudahan Penggunaan, Persepsi Risiko, Promosi dan Fitur Layanan terhadap Minat Menggunakan Transaksi Non Cash pada Aplikasi Dompet Elektronik (E-Wallet). Jurnal Akuntansi Profesi, 13(01), 115–124.

Endriyanto, R., & Indrarini, R. (2022). Pengaruh Promosi dan Fitur Layanan terhadap Minat Menggunakan E-Wallet Linkaja (Studi Kasus di Surabaya). Jurnal Ekonomika Dan Bisnis Islam, 5(1), 67–80. https://doi.org/10.26740/jekobi.v5n1.p67-80

Ersaningtyas, A. P., & Susanti, E. D. (2019). Analisis Pengaruh Persepsi Kemudahan, Persepsi Resiko Dan Kualitas Informasi Terhadap Minat Menggunakan Rekening Bersama Shopee (Studi Kasus Pada Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial Dan Politik Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur). Jurnal Bisnis Indonesia, 10(2), 185–198.

Hair, J. F., C. Black, W., J. Babin, B., & E. Anderson, R. (2010). Multivariate Data Analysis (7th Edition) ( PDFDrive ).pdf (p. 816 pages).

Hasya, R. (2022). Ini 10 E-wallet Yang Paling Sering Dipakai Masyarakat Indonesia Tahun 2022. GoodStats.Co.Id. https://goodstats.id/article/ini-10-e-wallet-yang-paling-sering-dipakai-masyarakat-indonesia-M4TA4

Iqbal, M., Hasan, A., & Laili, I. (2022). Pengaruh Teknologi Informasi, Manfaat, Keamanan, dan Fitur Layanan Terhadap Minat Nasabah Menggunakan Internet Banking (Studi Kasus Pada Nasabah Bank BNI Syariah Kota Tangerang Selatan). Jurnal Masharif Al-Syariah: Jurnal Ekonomi Dan Perbankan Syariah, 7(1), 333–356. http://journal.um-surabaya.ac.id/index.php/Mas/index

Kala’lembang, A. (2020). Adopsi E-Commerce Dalam Mendukung Perkembangan Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (UMKM) Di Masa Pandemi Covid-19. 54–65.

Kesuma, P., & Nurbaiti, N. (2023). Minat Menggunakan E-Wallet Dana Di Kalangan Mahasiswa Di Kota Medan. Jesya, 6(1), 694–703. https://doi.org/10.36778/jesya.v6i1.979

Khoirunnisa, & Dwijayanti, R. (2020). Pengaruh Kemudahan Penggunaan, Fitur Produk, Dan Promosi Cashback Terhadap Minat Mahasiswa Menggunakan Aplikasi Ovo Sebagai Alat Transaksi Belanja. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 8(3), 979–984. https://www.ovo.id/

Kumala, D. C., Pranata, J. W., & Thio, S. (2020). Pengaruh perceived usefulness, perceived ease of use, trust , dan security terhadap minat penggunaan gopay pada generasi x di surabaya. 6(1), 19–29. https://doi.org/10.9744/jmhot.6.1.19

Latief, F., Dirwan, & Idris, M. (2021). Determinan Minat Penggunaan E-Wallet Shopeepay. JIMEA | Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, Dan Akuntansi), 5(3), 157–166.

Mawardani, F., & Dwijayanti, R. (2021). Pengaruh Persepsi Kemudahan Penggunaan Dan Promosi Cashback Terhadap Minat Mahasiswa Dalam Menggunakan Dompet Digital Shopeepay Pada Aplikasi Shopee. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 9(3), 1455–1463.

Ningsih, H. A., Sasmita, E. M., & Sari, B. (2021). Pengaruh Persepsi Manfaat, Persepsi Kemudahan Penggunaan, Dan Persepsi Risiko Terhadap Keputusan Menggunakan Uang Elektronik (QRIS) Pada Mahasiswa. Jurnal IKRA-ITH Ekonomika Vol, 4(1), 3.

Nizar, A. M., & Yusuf, A. (2022). Pengaruh Persepsi Kemudahan Penggunaan dan Kepercayaan Terhadap Minat Menggunakan Aplikasi Dompet Digital LinkAja. J-MAS (Jurnal Manajemen Dan Sains), 7(2), 928. https://doi.org/10.33087/jmas.v7i2.569

Rahmadhana, R., & Ekowati, S. (2022). Pengaruh Kepercayaan Dan Persepsi Risiko Terhadap Keputusan Pembelian Secara Online Pada Konsumen Shopee Di Kota Bengkulu. EKOMBIS REVIEW: Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Bisnis, 10(2), 629–636. https://doi.org/10.37676/ekombis.v10i2.2239

Rodiah, S., & Melati, inaya sari. (2020). Pengaruh Kemudahan Penggunaan, Kemanfaatan, Risiko, dan Kepercayaan terhadap Minat Menggunakan E-wallet pada Generasi Milenial Kota Semarang. Journal of Economic Education and Entrepreneurship, 1(2), 66. https://doi.org/10.31331/jeee.v1i2.1293

Sefrika. (2021). Implementasi Metode TAM Untuk Menganlisa Penerimaan Teknologi Aplikasi Peduli Lindungi. Jurnal Sains Komputer & Informatika (J-SAKTI), 5(2), 1060–1065.

Sulaeman, E., & Pebriantie, D. (2023). Pengaruh Persepsi Resiko dan Kepercayaan Konsumen terhadap Minat Menggunakan Dompet Digital Shopeepay. 4(1), 91–98.

Downloads

Published

2023-10-11

How to Cite

Oktaviana, I., Nursal, M. F., & Wulandari, D. S. (2023). PENGARUH PERSEPSI KEMUDAHAN PENGGUNAAN, PERSEPSI RISIKO, DAN FITUR LAYANAN TERHADAP MINAT MENGGUNAKAN SHOPEEPAY DI KOTA BEKASI. JURNAL ECONOMINA, 2(10), 2806–2822. https://doi.org/10.55681/economina.v2i10.905