PENGARUH CITRA MEREK, HARGA, DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP MINAT BELI PRODUK SUNSCREEN “MEREK AZARINE” (Pada Generasi Z Bekasi)

Authors

  • Shofi Sutji Awalya Universitas Bhayangkara Jakarta Raya
  • Widi Winarso Universitas Bhayangkara Jakarta Raya
  • Haryudi Anas Universitas Bhayangkara Jakarta Raya

DOI:

https://doi.org/10.55681/economina.v2i10.895

Keywords:

Citra Merek, Harga, Kualitas Produk, Minat Beli

Abstract

Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mengetahui secara simultan dan parsial dari variabel bebas yaitu, Citra Merek, Harga, dan Kuallitas Produk, variabel terikat Minat Beli. Metode yang digunakan pada penelitian ini menggunakan metode kuantitatif, yang dimana dalan penelitian ini menggunakan perhitungan Purposive Sampling dengan rumus Hair. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh konsumen dari produk sunscreen Azarine dengan sampel 170 responden. Berdasarkan hasil dari penelitian ini, dalam uji pasrsial (T) variabel Citra Merek memiliki pengaruh posiitif secara parsial terhadap Minat Beli dengan nilai 3.846 (t-hitung) > 1.974 (t-tabel) dengan nilai signifikansi 0.000 < 0.05. Variabel Harga memiliki pengaruh positif terhadap Minat Beli dengan nilai (t-hitung) sebesar 5.019 > 1.974 (t-tabel) dengan nilai signifikansi 0.000 > 0.05 da variabel Kualitas Produk memiliki pengaruh positif secara parsial terhadap Minat Beli dengan nilai 5.358 (t-hitung) > 1.947 (t-tabel) dengan nilai signifikansi 0.000 < 0.05. Selanjutnya dalam uji simultan (f) Variabel Citra Merek, Harga dan Kualitas Produk secara simultan berpengaruh positif terhadap Variabel Minat Beli dengan nilai (f-hitung) sebesar 89.335 > 2.66 (f-tabel) dengan nilai signifikan 0.000 < 0.05. Kemudian uji determinasi (R2) dihasilkan bahwa kolerasi antara tiga variabel variabel Citra Merek (X1), Harga (X2) dan Kualitas Produk (X3) terhadap Minat Beli (Y) sebesar 61.1%.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Brier, J., & lia dwi jayanti. (2020). No Title (Vol. 21, Issue 1). http://journal.um-surabaya.ac.id/index.php/JKM/article/view/2203

Dr. M. Anang Firmansyah, SE, M. (2019). Buku Pemasaran Produk dan Merek. Buku Pemasaran Produk Dan Merek, August, 336.

Gunawan, N. F. (2021). Pengaruh Harga, Kualitas Produk Dan Citra Merek Terhadap Minat Beli Pada Two Good Bakery. Jurnal Mitra Manajemen, 4(12), 1617–1634. https://doi.org/10.52160/ejmm.v4i12.491

Kristanto, H., & Pudjoprastyono, H. (2021). Pengaruh Kualitas Produk dan Citra Merek terhadap Minat Beli Laptop Acer pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur. Jurnal STEI Ekonomi, 30(02), 11–19. https://doi.org/10.36406/jemi.v30i02.462

Mardian, I. (2021). Pengaruh Kualitas Produk, Citra Merek Dan Persepsi Harga Terhadap Minat Beli Produk Smartphone Xiomi Pada Duta Cell Bima. Manajemen Dewantara, 5(1), 78–92. https://doi.org/10.26460/md.v5i1.9651

Paramita, A., Ali, H., & Dwikoco, F. (2022). Model Keputusan Pembelian Melalui Minat Beli Konsumen : Analisis Labelisasi Halal terhadap Kualitas Produk ( Studi Kasus Pada Konsumen Wardah di Bekasi ). Jurnal Ilmu Multidisplin (JIM), 1(3), 554–570.

Prawira, B., & Yasa, N. (2014). Pengaruh Kualitas Produk, Citra Merek Dan Persepsi Harga Terhadap Minat Beli Produk Smartphone Samsung Di Kota Denpasar. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 3(12), 253856.

Racellita, R., & Megawati, M. (2021). Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Citra Merek Dan Promosi Terhadap Minat Beli Konsumen Terhadap Operator Kartu Seluler Tri (3) Di Palembang. Publikasi Riset Mahasiswa Manajemen, 3(1), 78–91. https://doi.org/10.35957/prmm.v3i1.1618

Saputra, H., Muhazirin, B., & Panjaitan, H. P. (2021). the Effect of Brand Image, Product Quality, Quality of Service, Price Perception and Place on Consumer Buying Interest in Sido Kangen Bakso Pekanbaru. Jurnal Bisnis Terapan, 1(1), 48–61. http://www.ejournal.pelitaindonesia.ac.id/ojs32/index.php/lucrum/index

Sari, P. S., & Salmah, N. N. A. (2020). Citra Merek, Kualitas Produk, Harga dan Pengaruhnya terhadap Minat Beli Baju Karate Merek Arawaza di Kota Palembang. Ekonomis: Journal of Economics and Business, 4(2), 411. https://doi.org/10.33087/ekonomis.v4i2.184

Stefanus. (2022). Prosiding: Ekonomi dan Bisnis Pengaruh Citra Merek, Harga, dan Kualitas Produk Camera CCTV Protech terhadap Minat Beli Konsumen PT. Profestama Tehnik Cemerlang di Alam Sutera Tangerang Stefanus 1)* Nana Sutisna 2). Prosiding: Ekonomi Dan Bisnis, 1(2). https://jurnal.ubd.ac.id/index.php/pros/article/view/1399%0Ahttps://jurnal.ubd.ac.id/index.php/pros/article/download/1399/823

Untari, D. T., Satria, B., Khasanah, F. N., Perdhana, T. S., Sukreni, T., & Winarso, W. (2023). The effect of internal control of raw material inventory and production process planning towards the production process and business competitiveness in halal food based SMEs. Uncertain Supply Chain Management, 11(1), 71–76. https://doi.org/10.5267/j.uscm.2022.11.009

Wifky Muharam & Euis Soliha, 2017. (2017). Keputusan Pembelian Konsumen Honda Mobilio. Kualitas Produk, Citra Merek, Persepsi Harga Dan Keputusan Pembelian Konsumen Honda Mobilio, 2014, 755–762.

Winarso, W., Nursal, M. F., & Prasetyo, E. T. (2018). Analisis strategi penetapan harga produk usaha kecil dan menengah terhadap volume penjualan. Jurnal of Business and Entrepreneur, 2(1), 1–14.

Winarso, W., Sinaga, J., Syarief, F., Untari, D. T., Supardi, & Mulyadi. (2023). THE IMPACT OF SOCIAL MEDIA AND INNOVATION STRATEGY ON THE MARKETING PERFORMANCE OF SMALL AND MEDIUM SIZED ENTERPRISES (SMEs) IN BEKASI CITY, INDONESIA. International Journal of Professional Business Review, 8(5), 1–14. https://doi.org/10.26668/businessreview/2023.v8i5.1688

Yurindera, N. (2022). Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Citra Merek Serta Implikasinya Terhadap Minat Beli Motor Honda Beat Series. Jurnal Manajemen Bisnis, 25(1), 2022.

Zulviani, M., Akramiah, N., & Mufidah, E. (2019). Pengaruh Citra Merek Dan Harga Terhadap Minat Beli Produk Tas “Sophie Martin Paris.” Jurnal EMA, 4(1), 1–13. https://doi.org/10.47335/ema.v4i1.33

Downloads

Published

2023-10-11

How to Cite

Awalya, S. S., Winarso, W., & Anas, H. (2023). PENGARUH CITRA MEREK, HARGA, DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP MINAT BELI PRODUK SUNSCREEN “MEREK AZARINE” (Pada Generasi Z Bekasi). JURNAL ECONOMINA, 2(10), 2704–2721. https://doi.org/10.55681/economina.v2i10.895