PERAN SOCIAL MEDIA MARKETING, BRAND IMAGE DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA PRODUK KOSMETIK MADAME GIE DI KAB. BEKASI

Authors

  • Mukhayati Salamah Universitas Bhayangkara Jakarta Raya
  • M. Fadhli Nursal Universitas Bhayangkara Jakarta Raya
  • Dewi Sri Wulandari Universitas Bhayangkara Jakarta Raya

DOI:

https://doi.org/10.55681/economina.v2i10.894

Keywords:

Brand Image, Keputusan Pembelian, Kualitas Produk, Social Media Marketing

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran dari Social media marketing, Brand Image dan Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian produk kosmetik Madame Gie. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan metode non-probability sampling dengan Teknik Accidental Sampling. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 108 orang. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan sekunder. Data primer di dapat dari responden dengan cara pengisian lembar kuesioner melalui Google Form dan sumber data sekunder yaitu referensi penelitian-penelitian sebelumnya dengan topik terkait dan teori terdahulu yang dapat melalui buku, artikel dan jurnal. Untuk analisis data menggunakan Teknik analisis regresi linear berganda dan diuji menggunakan program SPSS versi 26. Hasil penelitian menunjukan bahwa variabel independen Social Media Marketing, Brand Image dan Kualitas Produk secara simultan memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap variabel dependen Keputusan Pembelian, variabel Social Media Marketing secara parsial memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap variabel Keputusan Pembelian, variabel Brand Image secara parsial memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap variabel Keputusan Pembelian, dan variabel Kualitas Produk secara parsial memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap variabel Keputusan Pembelian.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ari Rachman Haryadi, Rayhan Gunaningrat, A. S. (2022). Pengaruh Social Media Marketing, Citra Merek Dan Word of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Pada Produk Kecantikan Somethinc. Jurnal Bismak, 2(2), 9–17.

Arif., M. (2021). Pengaruh Social Media Marketing, Electronic Word Of Mouth (EWOM) Dan lifestyle Terhadap Keputusan Pembelian Online. SiNTESa Seminar Nasional Teknologi Edukasi Sosial Dan Humaniora, 1(1), 111–122.

As’ad, H. A.-R., & Alhadid, A. Y. (2019). The Impact of Social Media Marketing on Brand Equity: An Empirical Study on Mobile Service Providers in Jordan The Influencce of Social Media on the Domestic Tourist’s Travel Motivation Case Study : Kota Tua Jakarta,Indonesia. The Influencce of Social Media on the Domestic Tourist’s Travel Motivation Case Study : Kota Tua Jakarta,Indonesia, 3(Corrent Journal of Applied Sciences and Technology, ISSN;-24571024, 09), 334–345.

Citra, Salam, A., & Nuryani, H. S. (2020). Pengaruh Celebrity Endorser dan Brand Image terhadap Keputusan Pembelian di Instagram ( Studi Kasus Pada Mahasiswa Universitas Teknologi Sumbawa Angkatan Tahun 2016 sampai dengan Tahun 2018 ). Jurnal Manajemen Ekonomi Dan Bisnis, 3(2), 1–9. https://jurnal.uts.ac.id/index.php/jmb/article/view/796

Efendi, N., & Hapsari Lubis, T. W. (2022). Analisis Pengaruh Citra Merek, Promosi, Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Ritel. Jurnal Wira Ekonomi Mikroskil, 12(1), 21–36. https://doi.org/10.55601/jwem.v12i1.863

Fazirah, E., & Susanti, A. (2022). Pengaruh Brand Ambassador, Brand Image, dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Pada Kosmetik Wardah di Kota Surakarta. Jurnal Ekobis Dewantara, 5(3), 246–254.

Fitriana, Sudodo, Y., & Hakim, L. (2019). Pengaruh Gaya Hidup, Harga, Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Kosmetik Oriflame( Studi Kasus pada Konsumen Oriflame di Kabupaten Sumbawa ). Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 2(1).

Kumbara, V. B. (2021). Determinasi Nilai Pelanggan Dan Keputusan Pembelian: Analisis Kualitas Produk, Desain Produk Dan Endorse. Jurnal Ilmu Manajemen Terapan, 2(5), 604–630.

Marisa, O., & Rowena, J. (2019). Pengaruh Brand Image, Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Kembali Pada Produk High End Make Up and Skin Care Pada Generasi Millenial Jakarta. Maret, 7(2), 11–75.

Puspita, C. M., & Budiatmo, A. (2020). Pengaruh Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Dengan Minat Beli Sebagai Variabel Intervening (Studi Pada Rocket Chicken Wolter Monginsidi Di Kota Semarang). Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 9(3), 268–275. https://doi.org/10.14710/jiab.2020.28079

Putri, G. A., Nofirda, F. A., Siregar, D. I., Ekonomi, F., & Riau, U. M. (2023). PENGARUH SOSIAL MEDIA DAN HARGA TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN ( STUDI KONSUMEN PENGGUNA INSTAGRAM DI. 2(1), 78–94.

Ragatirta, L. P., & Tiningrum, E. (2021). Pengaruh Atmosphere Store, Desain Produk dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus di Rown Division Surakarta). Excellent, 7(2), 143–152. https://doi.org/10.36587/exc.v7i2.793

Ramadhani, D. I., & Zaini, M. (2023). PEMBELIAN PENGGUNA SCARLETT WHITENING. 7(1), 520–536.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif. Alfabeta.

Sujarweni, V. W. (2018). Metodologi Penelitian Bisnis dan Ekonomi PendekatanKuantitatif. Pustaka Baru Press.

Downloads

Published

2023-10-11

How to Cite

Salamah, M., Nursal, M. F., & Wulandari, D. S. (2023). PERAN SOCIAL MEDIA MARKETING, BRAND IMAGE DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA PRODUK KOSMETIK MADAME GIE DI KAB. BEKASI. JURNAL ECONOMINA, 2(10), 2686–2703. https://doi.org/10.55681/economina.v2i10.894