PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN HARGA TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN DI WARUNG GRIYO SEMAR MESEM (Di Wilayah Desa Jepun, Kecamatan Tulungagung, Tulungagung)

Authors

  • Khofifah Fatmatus Aulia Universitas Bhinneka PGRI Tulungagung
  • Moh Gufron Universitas Bhinneka PGRI Tulungagung

DOI:

https://doi.org/10.55681/economina.v2i10.893

Keywords:

Harga, Kepuasan Konsumen, Kualitas Pelayanan

Abstract

Tempat makan merupakan salah satu jenis bisnis yang sangat penting dalam memenuhi kebutuhan hidup masyarakat. Kualitas pelayanan yang baik akan membuat konsumen merasa nyaman dan puas, sedangkan harga yang terjangkau akan membuat konsumen merasa terjangkau dan memenuhi budget mereka, hal ini tercermin dari warung Griyo Semar Mesem Jepun, Tulungagung. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh konsumen warung Griyo Semar Mesem. Sampel yang digunakan sebanyak 94 responden dan teknik pengambilan data menggunakan kuesioner. Hasil uji data Secara parsial pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen  dapat diketahui bahwa variabel kualitas pelayanan (X₁) memiliki t_hitung <  t_tabel yaitu 9,065>1,986 dan nilai signifikansi 0,000<0,05. Maka H₀ ditolak dan Ha diterima yang artinya terdapat pengaruh yang singnifikan terhadap variabel kualitas pelayana(X1) terhadap kepuasan konsumen (Y) pada masyrarakat. pengaruh harga terhadap kepuasan konsumen dapat di ketahui dengan variabel harga pelayanan (X₂) memiliki nilai hitung t_hitung <  t_tabel yaitu sebesar 1,264<1,986 dan nilai signifikansi sebesar 0,209> 0,05. Maka H₀ diterima dan Ha ditolak yang artinya tidak terdapat pengaruh yang signifikan  variabel harga (X2) terhadap kepuasan konsumen(Y) pada masyarakat Tulungagung. Sedangkan secara simultan ada pengaruh kualitas pelayanan dan harga terhadap kepuasan konsumen dapat diketahui bahwa nilai F_hitung > F_tabel yaitu 89,509 > 3,945 dan nilai signifikasi 0,000 < 0,05, sehingga H₂ ditolak dan Ha diterima. Maka seluruh variabel independent atau kualitas pelayanan dan harga secara bersama-sama dan signifikan memberikan pengaruh terhadap variabel dependent atau kepuasan konsumen rumah makan griyo semar mesem Tulungagung.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdul Gofur. (2019). 1. Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Harga Terhadap. Jurnal Riset Manajemen Dan Bisnis (JRMB) Fakultas Ekonomi UNIAT, 4(1), 37–44.

Aditia, A., Komara, A. T., Roslina, N. Y., & Jatmika, L. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen. Acman: Accounting and Management Journal, 1(2), 104–114. https://doi.org/10.55208/aj.v1i2.25

Afif, M. F., Werdani, R. E., Bisnis, D. A., & Diponegoro, U. (2022). Pendahuluan Dewasa ini Bisnis kuliner menjadi salah satu bisnis yang banyak diminati oleh masyarakat , Ada beberapa pengertian perilaku konsumen yang dikemukakan oleh para ahli diantaranya. 11(2), 370–380.

Agung, A., & Arindra, N. (2022). PRODUK TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN DI NAUGHTY NURI ’ S WARUNG SEMINYAK THE EFFECT OF SERVICE AND PRODUCT QUALITY ON CONSUMER SATISFACTION AT NAUGHTY. 01(08), 2103–2118.

Aulia, M., & Hidayat, I. (2017). Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan Dan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen Amanda Brownies. Journal of Chemical Information and Modeling, 6(5), 17.

Dirwan, & Pertiwi, A. (2018). Pengaruh Kenyamanan Dan Kemudahan Penggunaan Fasilitas ATM BNI Taplus Terhadap Kepuasan Nasabah Pada Bank Negara Indonesia Kantor Cabang Utama Makassar. Akmen Jurnal Ilmia, 15(2), 10. Retrieved from https://e-jurnal.nobel.ac.id/index.php/akmen/article/view/297

Hanggara, R. B. (2017). Pengaruh Strategi Produk dan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen. STIE Ekuitas, (1993), 23. Retrieved from http://repository.ekuitas.ac.id/handle/123456789/244

Imansyah, I., & Irawan, H. (2018). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasaan Pelanggan Pada Karaoke Inul Vizta Tanjung. Jurnal Ilmiah Ekonomi Bisnis, 4(3), 319–329. https://doi.org/10.35972/jieb.v4i3.236

Imron, I. (2019). Analisa Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Konsumen Menggunakan Metode Kuantitatif Pada CV. Meubele Berkah Tangerang. Indonesian Journal on Software Engineering (IJSE), 5(1), 19–28. https://doi.org/10.31294/ijse.v5i1.5861

Mariansyah, A., & Syarif, A. (2020). Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan dan Harga terhadap Kepuasan Konsumen Cafe Kabalu. EKOMABIS: Jurnal Ekonomi Manajemen Bisnis, 1(01), 1–14.

Nur, I., Hastuti, D., Sasmita, E. M., & Sari, B. (2022). Pengaruh Kualitas Produk , Kualitas Pelayanan Dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan Bakso Tukul Arwana Cabang Season City Jakarta Barat. 5(1), 124–133.

Pelayanan, P. K., Cahyono, D., Qomariah, N., & Perusahaan, C. (2020). 5. Penelitian dilakukan oleh Mexano Hans Gery. Dengan judul. XX(Xx), 1–5.

Prasetiyo, A. H., Rustamaji, D., Sumarni, S., & Nadhifah, N. I. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Presepsi Harga Dan Kemampuan Berkomunikasi Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Pt. Jne Babat Lamongan. Jesya (Jurnal Ekonomi & Ekonomi Syariah), 5(1), 463–472. https://doi.org/10.36778/jesya.v5i1.614

Prihatma, G. T. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Harga Tambahan Layanan Terhadap Kepuasan konsumen Pengguna Jasa Kapal Penyebrangan Di PT Trisakti Lautan Mas Cabang Bakauheni, Lampung. Jurnal Manajemen, 10(1), 15–36. https://doi.org/10.30656/jm.v10i1.1511

Putra, S. D., Sumowo, S., & Anwar. (2017). Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan, dan Harga terhadap Kepuasan Pelanggan (Studi pada Usaha Rumahan Kerupuk Ikan Super Besuki Situbondo). Jurnal Manajemen Dan Bisnis Indonesia, 3(1), 99–117.

Putri, C. A., & Trisnowati, J. (2021). Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan, Dan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen Di Rumah Makan Sfa Steak & Resto Karanganyar. Surakarta Management Journal, 3(1), 11. https://doi.org/10.52429/smj.v3i1.630

Qurnia Sari, A., Sukestiyarno, Y., & Agoestanto, A. (2017). Batasan Prasyarat Uji Normalitas dan Uji Homogenitas pada Model Regresi Linear. Unnes Journal of Mathematics, 6(2), 168–177.

Riyani, D., Larashat, I., & Juhana, D. (2021). Pengaruh Harga Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan. Majalah Bisnis & IPTEK, 14(2), 94–101. https://doi.org/10.55208/bistek.v14i2.233

Slamet Widodo, S.E., M.M., M. B. A. (2021). PENGARUH KUALITAS PRODUK, KUALITAS PELAYANAN DAN HARGA TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN MOLIVIA CAFE (Studi Kasus Pada Konsumen Molivia Cafe, Jalan H.M. Joni, Teladan Timur, Kota Medan). Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., 13(1), 2013–2015.

Sugiyono. (2003). Metode Penelitian Pendekatan Kuantitatif Kualitatif.

Trisnadewi, P., & Ekawati, N. (2017). The Effect of Consumer Satisfaction Mediating Price on Consumer Loyalty in Shopping at Online Florists in Denpasar. Udayana University Management E-Journal, 6(4), 255298

Downloads

Published

2023-10-11

How to Cite

Aulia, K. F., & Gufron, M. (2023). PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN HARGA TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN DI WARUNG GRIYO SEMAR MESEM (Di Wilayah Desa Jepun, Kecamatan Tulungagung, Tulungagung). JURNAL ECONOMINA, 2(10), 2669–2685. https://doi.org/10.55681/economina.v2i10.893