ANALISIS PENGARUH LABA BERSIH DAN ARUS KAS OPERASI TERHADAP KEBIJKAN DIVIDEN (Studi Kasus pada Perusahaan sektor Industri properti yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2016 – 2018)

Authors

  • Yasoziduhu Lahagu STIE Jayakarta
  • Samuel Horas Sarjana STIE Jayakarta

DOI:

https://doi.org/10.55681/economina.v2i8.776

Keywords:

Arus Kas Operasi, Kebijkan Dividen, Laba Bersih

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh laba bersih terhadap kebijkan dividen, pengaruh arus kas operasi terhadap kebijkan dividen dan pengaruh laba bersih dan arus kas operasi secara simultan terhadap kebijkan dividen.

Variabel-variabel yang diteliti adalah laba bersih dan arus kas operasi sebagai variabel independen dan kebijkan dividen sebagai variabel dependen.

Jenis penelitian yang digunakan adalah menggunakan metode kuantitatif, pengujian statistik yang digunakan adalah regresi linear berganda dan teknis analisis data menggunakan uji asumsi klasik. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah menggunakan metode kepustakaan dan metode dokumentasi. Selanjutnya, teknik penarikan sampel yang digunakan adalah menggunakan teknik purposive sampling pada perusahaan industri sektor properti yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2016 – 2018. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 15 dengan 5 perusahaan yang secara berturut-turut melaporkan laporan keuangan tahunan/annual report berupa laporan laba rugi dan laporan arus kas. Pengolahan data dalam penelitian ini menggunakan program SPSS Versi 20.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial laba bersih berpengaruh signifikan terhadap kebijkan dividen. Sedangkan arus kas operasi tidak berpengaruh terhadap kebijkan dividen. Hasil penelitian secara simultan menunjukkan bahwa laba bersih dan arus kas operasi berpengaruh signifikan terhadap kebijkan dividen.

Berdasarkan hal tersebut disarankan agar hasil penelitian ini diharapkan mampu memberikan beberapa kontribusi penting khususnya bagi investor dalam menentukan keputusan investasi di pasar modal dengan memanfaatkan informasi laba bersih dan juga faktor-faktor lain yang memengaruhi kebijkan dividen.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ambarwati, Sri Dwi Ari. 2010. Manajemen Keuangan Lanjut. Jogyakarta: Graha Ilmu.

Badri, Dede Muhamad dan Mayasari. 2016. Pengaruh Arus Kas Operasi Terhadap Harga Saham (Studi Kasus Pada Perusahaan Subsektor Pertambangan Batubara yang terdaftar di BEI Periode 2011-2013). Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.

Brigham, Engene F. dan Joel F. Houston. (Pen. Novietha I. Sallama dan Febriany Kusumastuti). 2019. Dasar-Dasar Manajemen Keuangan. Jakarta: Salemba Empat.

Fahmi, Irham. 2015. Analisis Laporan Keuangan. Cetakan Ke-5. Bandung: Alfabeta.

Ghozali, Imam. 2016. Aplikasi Analisis Multivariete dengan Program IBM SPSS 23. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Harahap, Sofyan Syafri. 2015. Analisis Kritis atas Laporan Keuangan. Edisi 1-10. Jakarta: Rajawali Pers.

Hery. 2013. Teori Akuntansi Pendekatan Konsep dan Analisis. Jakarta: PT Grasindo.

Ikatan Akuntan Indonesia. 2002. Pernyataan Standar Akuntansi Keuangan (PSAK) NO. 2: Laporan Arus Kas. Jakarta: Ikatan Akuntansi Indonesia (IAI).

Ikatan Akuntan Indonesia. 2015. Pernyataan Standar Akuntansi Keuangan (PSAK) NO. 1: Penyajian Laporan Keuangan. Jakarta: Ikatan Akuntansi Indonesia (IAI).

Irfan, Ahmad. 2018. Pengaruh Arus Kas Operasi dan Laba Bersih terhadap Harga Saham pada Perusahaan Industri Barang Konsumsi yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2014-2016. Jakarta: STIE Jayakarta.

Kasmir. 2016. Analisis Laporan Keuangan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Kasmir. 2016. Analisis Laporan Keuangan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Kurniawan, Khaerudin. 2018. Metode Penelitian Bahasa dan Sastra Indonesia. Bandung: Pustaka Setia.

Mulyaningsih, Nining dan Dwi Rahayu. 2016. Pengaruh Laba Bersih Dan Arus Kas Operasi Terhadap Kebijakan Dividen Pada Perusahaan Food And Beverage yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia. Semarang: STIE Dharmaputra Semarang.

Nawangwulan, Arieska D. et al. 2018. Pengaruh Total Revenue dan Laba Bersih Terhadap Harga Saham (Studi pada Perusahaan Manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia). Manado: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Sam Ratulangi.

Pramana, Setia et al. 2016. Dasar-dasar Statistika dengan Software R: Konsep dan Aplikasi. Jakarta: In Media.

Priyatno, Duwi. 2016. Belajar Alat Analisis Data Dan Cara Pengolahnnya Dengan SPSS Praktis dan Mudah Dipahami untuk Tinkat Pemula dan Menengah. Yogyakarta: Gava Media.

Purba, Ivan Leo Putra et al. 2017. Pengaruh Laba Bersih Arus kas Operasi, dan Investment Opportunity Set (IOS) terhadap Kebijakan Dividen (Studi pada Perusahaan Badan Usaha Milik Negara yang Tercatat di BEI Periode 2011-2015). Bandung: Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Telkom.

Rinjani, Sherly dan Uswatun Hasanah. 2019. Pengaruh Laba Bersih Dan Arus Kas Operasi Terhadap Dividen Tunai (Studi Pada Perusahaan Manufaktur Sub Sektor Farmasi Di Bursa Efek Indonesia (BEI) Periode 2013-2018). Bandung: Universitas Langlangbuana.

Rudianto. 2018. Akuntansi Intermediate. Jakarta: Erlangga.

Santoso, Nurhadi dan Sodikin Manaf. 2019. Analisis Pengaruh Arus Kas Operasional dan Laba Bersih terhadap Harga Saham pada Perusahaan Otomotif yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2013-2017. Semarang: STIE Dharmaputra Semarang.

Santoso, Singgih. 2018. Menguasai Statistik dengan SPSS 25. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Setiawan, Djodi dan Yunisa Fuziatri. 2018. Pengaruh Pembiayaan Musyarakah dan Pembiayaan Murabahah terhadap Laba Bersih Perusahaan (Studi Kasus Pada BPRS Al-Ihsan Bandung). Bandung: Fakultas Ekonomi Program Studi Akuntansi Universitas Bale Bandung.

Silaen, Sofar. 2018. Metodologi Penelitian Sosial untuk Penulisan Skripsi dan Tesis. Bogor: In Media.

Siregar, Syofian. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif Dilengkapi dengan Perbandingan Hitungan Manual & SPSS. Jakarta: Kencana.

Sugiono, Arief dan Edy Untung. 2016. Panduan Praktis Dasar Analisa Laporan Keuangan Edisi Revisi. Jakarta: Grasindo.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Bandung: CV Alfabeta.

Sundjaja, Ridwan S et.al. 2010. Manajemen Keuangan 2. Edisi VI. Bandung: Literata Lintas Media.

Suprapto, Haddy. 2017. Metode Penelitian untuk Karya Ilmiah. Yogyakarta: Gosyen Publishing.

Triatmojo, Pandu. 2016. Pengaruh Laba Bersih, Arus Kas Operasi Dan Pertumbuhan Penjualan Terhadap Kebijakan Dividen Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2011-2013. Pekanbaru: Universitas Riau.

Vitarini, Tiffani dan Ely Siswanto. 2017. Sinyal yang ditimbulkan oleh Informasi Arus Kas, Laba dan Nilai Tambah Pasar dalam Mendongkrak Harga Saham Perusahaan Consumer Goods di Indonesia. Malang: Universitas Negeri Malang.

Wahyuddin, Agus. 2015. Metodologi Penelitian (Penelitian Bisnis & Pendidikan). Semarang: Unnes Press.

Wardiyah, Mia Lasmi. 2016. Analisis Laporan Keuangan. Bandung: Pustaka Setia.

Wenas, Deisy Debora et al. 2017. Analisis Pengaruh Arus Kas Operasi dan Laba Bersih Terhadap Dividen Kas pada Perusahaan Properti yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI). Manado: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Sam Ratulangi.

Downloads

Published

2023-08-09

How to Cite

Lahagu, Y., & Sarjana, S. H. (2023). ANALISIS PENGARUH LABA BERSIH DAN ARUS KAS OPERASI TERHADAP KEBIJKAN DIVIDEN (Studi Kasus pada Perusahaan sektor Industri properti yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2016 – 2018). JURNAL ECONOMINA, 2(8), 2213–2237. https://doi.org/10.55681/economina.v2i8.776