PENGARUH HARGA DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PENGGUNA JASA PENGIRIMAN BARANG PT. POS INDONESIA DI TULUNGAGUNG

Authors

  • Rindi Puji Kurniasari Universitas Bhinneka PGRI
  • Maria Agatha Sri Widyanti Hastuti Universitas Bhinneka PGRI Tulungagung

DOI:

https://doi.org/10.55681/economina.v2i8.710

Keywords:

Harga, Kepuasan Pelanggan, Kualitas Pelayanan

Abstract

Bisnis e-commerce membuka peluang besar bagi perusahaan jasa yang menjanjikan. Tingginya permintaan masyarakat akan penggunaan jasa logistik saat ini memicu persaingan antar perusahaan sejenis, dimana perusahaan ekspedisi berlomba-lomba untuk meningkatkan kualitas pelayanan bagi konsumen termasuk dengan harga yang kompetitif. Fenomena tersebut menunjukkan tingkat transaksi penjualan online yang tinggi di Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh harga dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan pengguna jasa pengiriman barang PT Pos Indonesia di Tulungagung. Dalam menggunakan kuantitatif dengan pendekatan korelasional. Sampel diperoleh dengan teknik accidental sampling dari populasi seluruh pengguna jasa pengiriman PT Pos Indonesia di Tulungagung. Pengumpulan data melalui angket dan analisis data menggunakan SPSS dengan regresi linear berganda. Hasil analisis data menunjukkan bahwa secara simultan, harga dan kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan dengan signifikansi 0,00 (<0,05). Secara parsial, harga berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan dengan signifikansi 0,00 (<0,05) sedangkan kualitas pelayanan berpengaruh positif terhadap kepuasan pelanggan dengan signifikansi 0,00 (<0,05).  Sehingga dapat disimpulkan bahwa  harga dan kualitas pelayanan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan jasa pengiriman PT Pos Indonesia di Tulungagung.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anshar, A., & Mashariono. (2019). Pengaruh Lokasi, Harga Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pt. Jalur Nugraha Ekakurir (JNE) Gunung Anyar Surabaya. Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen, 8(4), 1–16.

Arianto, N. (2018). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Dan Loyalitas Pengunjung Dalam Menggunakan Jasa Hotel Rizen Kedaton Bogor. Jurnal Pemasaran Kompetitif, 1(2), 83–101. https://doi.org/10.32493/jpkpk.v1i2.856

Dr Meithiana, I. (2019). Pemasaran & kepuasan pelanggan.

Ghozali, I. (2016). Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program IBM SPSS 23. Universitas Diponegoro.

Gofur, A. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan. Jurnal Riset Manajemen Dan Bisnis (JRMB) Fakultas Ekonomi UNIAT, 4(1), 37–44. https://doi.org/10.36226/jrmb.v4i1.240

Hidayat, I. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga, Dan Lokasi Terhadap Keputusan Penggunaan Jasa PT. Pos Indonesia Surabaya. Samudera Ekonomika, 3.

Lestari, A. D. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan , Harga , Dan Kepercayaan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Pt . Globat Jet Express ( J & T ) Surabaya. Jurnal IlMU Dan Riset Manajemen, 8(7), 1–19. http://jurnalmahasiswa.stiesia.ac.id/index.php/jirm/article/view/2319

Lupiyoadi. (2014). Manajemen Pemasaran jasa Berbasis Kompetensi.

Ningtiyas, T. S. (2020). Pengaruh Persepsi Harga, Lokasi Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Jasa Pengiriman Barang. IQTISHADequity Jurnal MANAJEMEN, 2(1), 46–53. https://doi.org/10.51804/iej.v2i1.551

Putri, S. E., & Firdaus, T. R. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Lokasi terhadap Keputusan Pembelian dalam Menggunakan Jasa Pengiriman Barang di PT Zataka Expressindo Utama. Jurnal Matua, 2(4), 353–370.

Rosita, I. (2022). Pengaruh Job Insecurity, Kompensasi Dan Kepuasan Kerja Terhadap Loyalitas Karyawan Bagian Produksi PT Karya Mitra Budisentosa Madiun. Seminar Inovasi Majemen Bisnis Dan Akuntansi, September.

Saidatuningtyas, I., Rizal, M. A., Choiriningrum, W., Kunci, K., Pelayanan, K., Servqual, S. Q., Pos, K., & Bisnis, J. L. (2022). Analisis Perbaikan Kualitas Pelayanan Jasa Di Kantor Pos Cimahi. 12(01), 1–8.

Sugiyono. (2016). Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R&D.

Suharsini Arikunto. (2013). Prosedur Penelitiaan Suatu Pendekatan Praktik.

Syafe’i, S. R. & D. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan , Harga Dan Promosi Terhadap Loyalitas Pelanggan Melalui Kepuasan Pelanggan. 5(2), 2192–2207.

Syafri, R. et. a. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Fasilitas Terhadap Kepuasan Pasien Pada Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Pariaman. Braz Dent J., 33(1), 1–12.

Downloads

Published

2023-08-08

How to Cite

Kurniasari, R. P., & Hastuti, M. A. S. W. (2023). PENGARUH HARGA DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PENGGUNA JASA PENGIRIMAN BARANG PT. POS INDONESIA DI TULUNGAGUNG. JURNAL ECONOMINA, 2(8), 1997–2010. https://doi.org/10.55681/economina.v2i8.710