PERAN UKM DALAM UPAYA MENINGKATKAN PEMBANGUNAN KESEJAHTERAAN MASYARAKAT KARAWANG (Studi Kasus pada Dinas Koperasi UKM Karawang)

Authors

  • Mochammad Rouf Universitas Buana Perjuangan Karawang
  • Dini Yani Universitas Buana Perjuangan Karawang
  • Puji Isyanto Universitas Buana Perjuangan Karawang

DOI:

https://doi.org/10.55681/economina.v2i8.696

Keywords:

Masyarakat, Pemberdayaan Usaha Kecil Menengah (UKM), Pemerintah

Abstract

Peranan Dinas Koperasi dan UKM dalam Pemberdayaan Usaha Kecil Menengah Kabupaten Karawang. Peranan dari Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Karawang salah satunya adalah melakukan pemberdayaan pada UKM di Kabupaten Karawang yang telah tertuang dalam RENSTRA Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Karawang. Upaya yang dilakukan oleh Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Karawang diharapkan untuk mendorong terwujudnya UKM sebagai kekuatan perekonomian yang dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menggambarkan pelaksanaan pemberdayaan UKM serta faktor pendukung dan faktor penghambatnya. Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Fokus permasalahan penelitian ini adalah (1) pelaksanaan pemberdayaan UKM (2) faktor pendukung dan faktor penghambat. Hasil dari penelitian ini adalah pemberdayaan yang dilakukan belum maksimal dan merata karena data jumlah UKM belum valid dengan faktor pendukung dan penghambatnya. Saran yang diberikan adalah Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Karawang melakukan pendataan terhadap semua UKM yang ada di Kabupaten Karawang.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Christofer, Ondang. 2019. “Peranan Pemerintah Daerah Dalam Pemberdayaan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Di Kabupaten Minahasa (Suatu Studi Di Dinas Koperasi Dan UKM).” Jurnal Eksekutif 3(3): 1–10. https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/jurnaleksekutif/article/view/25488.

Irawan, Paulus Lucky Tirma, Kestrilia Rega Prilianti, and Melany. 2020. “Pemberdayaan Usaha Kecil Menengah (UKM) Melalui Implementasi E-Commerce Di Kelurahan Tlogomas.” Jurnal SOLMA 9(1): 33–44.

Lamazi, Lamazi et al. 2020. “Pengaruh Pertumbuhan Usaha Kecil Menengah (UKM) Terhadap Pertumbuhan Ekonomi Daerah (Studi Di Pemerintah Kota Batu).” Jurnal Ilmiah Ekonomi Pembangunan 1(2): 157–72. https://stiemmamuju.e-journal.id/GJIEP/article/view/39%0Ahttps://jurnal.uhnp.ac.id/wippun/article/view/227.

Purnamasari, Hanny, and Rachmat Ramdani. 2020. “Implementasi Program Pengembangan Kewirausahaan Dinas Koperasi Dan UMKM Dalam Meningkatkan Kualitas SDM Pelaku Koperasi Dan UMKM Di Kabupaten Karawang.” Jurnal Politikom Indonesiana 5(1): 85–98.

Putra, Adnan Husada. 2018. “Peran Umkm Dalam Pembangunan Dan Kesejahteraan Masyarakat Kabupaten Blora.” Jurnal Analisa Sosiologi 5(2).

Rifa’i, Bachtiar. 2013. “Efektivitas Pemberdayaan Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (UMKM) Krupuk Ikan Dalam Program Pengembangan Labsite Pemberdayaan Masyarakat Desa Kedung Rejo Kecamatan Jabon Kabupaten Sidoarjo.” Journal Unair 1(1): 1–7.

Srijani, Kadeni, Ninik. 2020. “Peran UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah) Dalam Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat.” EQUILIBRIUM : Jurnal Ilmiah Ekonomi dan Pembelajarannya 8(2): 191.

Wahyuningsih, Sri. 2009. “Sri Wahyuningsih Peranan UKM Dalam Perekonomian Indonesia.” Mediagro 5(1): 1–14.

Wardani, Hesti Kusuma, Ambar Pertiwi, Abdul Juli Andi Gani, and Abdullah Said. 2016. “Peranan Dinas Koperasi Dan UKM Dalam Pemberdayaan Usaha Kecil Menengah Kota Malang (Studi Pada Dinas Koperasi Dan UKM Kota Malang).” Jurnal Administrasi Publik Mahasiswa Universitas Brawijaya 1(2): 213–20.

Downloads

Published

2023-08-07

How to Cite

Rouf, M., Yani, D., & Isyanto, P. (2023). PERAN UKM DALAM UPAYA MENINGKATKAN PEMBANGUNAN KESEJAHTERAAN MASYARAKAT KARAWANG (Studi Kasus pada Dinas Koperasi UKM Karawang). JURNAL ECONOMINA, 2(8), 1936–1945. https://doi.org/10.55681/economina.v2i8.696