PENGGUNAAN SISTEM INFORMASI POS (POINT OF SALE) DALAM MENINGKATKAN AKTIVITAS TRANSAKSI KASIR PADA PT SUMBER ALFARIA TRIJAYA TBK

Authors

  • Melawati Purwasih Universitas Buana Perjuangan Karawang
  • Puji Isyanto Universitas Buana Perjuangan Karawang
  • Dini Yani Universitas Buana Perjuangan Karawang

DOI:

https://doi.org/10.55681/economina.v2i8.693

Keywords:

Point of Sales, System Usability Scale, Usability

Abstract

Perkembangan pasar swalayan belakangan ini berkembang sangat pesat. Hampir di setiap perumahan terdapat berbagai pasar swalayan berbasis waralaba seperti Alfamart dan pengusaha menengah lainnya. Hal ini membuat persaingan semakin ketat dikarenakan konsumen mempunyai banyak alternatif pilihan berbelanja atau dapat dikatakan sulit dalam menentukan keputusan pembelian. Tujuan dari penelitian ini yaitu meningkatkan pengalaman pengguna dalam menggunakan aplikasi Point of Sales (POS) dan melakukan analisis pada aplikasi POS untuk mengetahui tingkat kualitas dari aplikasi POS dan bagaimana aplikasi tersebut dapat membantu bisnis PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk dalam pengelolaan data laporan penjualan dan pelayanan kepada konsumen secara sistematis dan terkomputerisasi. Penelitian pada aplikasi ini dimulai dari pengumpulan data yang dibutuhkan menggunakan metode deskriptif kuantitatif dengan sampel penelitian berupa data responden yang menggunakan aplikasi POS ini. Sedangkan instrumen pada penelitian ini adalah kuesioner yang berisikan 10 pertanyaan yang sesuai dengan aturan pengujian usability dengan teknik System Usability Scale atau SUS. Adapun tahapan metode penelitian ini yaitu, rancang bangun, analisis dan pengujian, observasi, pelaporan dan tindak lanjut. Dengan adanya penelitian pada aplikasi POS dapat diketahui tingkat kualitas aplikasi POS dengan metode SUS sebesar 95,7 sehingga dapat dikatakan acceptiable dan dapat meyakinkan pengguna untuk dapat menggunakannya serta bisa membantu tugas-tugas pihak terkait dan seluruh pengguna yang berhubungan langsung dengan aplikasi POS ini.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alfamart. (2023). Retrieved February 20, 2023, from https://alfamart.co.id/tentang-perusahaan/sejarah

Amiruddin. (2023). EKONOMI MANAJERIAL (TEORI DAN ANALISIS) (Hartini (Ed.)). Media Sains Indonesia. https://scholar.google.co.id

Arif Resya Saputra. (2019). Simulasi Sistem Point Of Sale Menggunakan Radio Frequency Identification Pada Pasar Swalayan. https://tematika.uajm.ac.id

Djamaludin, I., & Nursikuwagus, A. (2017). Analisis Pola Pembelian Konsumen Pada Transaksi Penjualan Menggunakan Algoritma Apriori. Simetris : Jurnal Teknik Mesin, Elektro Dan Ilmu Komputer, 8(2), 671. https://doi.org/10.24176/simet.v8i2.1566

Dr. Harmon Chaniago, M. S. (2021). MANAJEMEN RITEL & IMPLEMENTASINYA (M. M. Efawati Yen, S.E (Ed.)). Edukasi Riset Digital PT. https://www.researchgate.net

Erna Atiwi Jaya Esti. (2022). Manajemen Keuangan (Konsep dan Implementasi) (Hartini (Ed.); Bandung). Media Sains Indonesia. https://scholar.google.co.id

George R. Terry. (2013). Dasar dasar manejemen. https://repository.widyatama.ac.id

Permana, S. D. H., & . F. (2015). Analisa Dan Perancangan Aplikasi Point Of Sale (POS) Untuk Mendukung Manajemen Hubungan Pelanggan. Jurnal Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 2(1), 20. https://doi.org/10.25126/jtiik.201521124

Sumardi, R., & Suharyono. (2020). Dasar-Dasar Manajemen Keuangan : Dilengkapi dengan Contoh soal dan Jawaban.

Surindra, B., Ridwan, & Siska, N. L. (2020). Manajemen Keuangan. In Kepel Press Puri Arsita A-6, Jl. Kalimantan, Ringroad Utara, Yogyakarta Telp/faks : 0274-884500.

Downloads

Published

2023-08-07

How to Cite

Purwasih, M., Isyanto, P., & Yani, D. (2023). PENGGUNAAN SISTEM INFORMASI POS (POINT OF SALE) DALAM MENINGKATKAN AKTIVITAS TRANSAKSI KASIR PADA PT SUMBER ALFARIA TRIJAYA TBK. JURNAL ECONOMINA, 2(8), 1909–1919. https://doi.org/10.55681/economina.v2i8.693