ANALISIS KEDISPLINAN KERJA PEGAWAI DI BIDANG DESTINASI PARIWISATA PADA DINAS PARIWISATA DAN KEBUDAYAAN KARAWANG

Authors

  • Fipin Kirani Universitas Buana Perjuangan Karawang
  • Dini Yani Universitas Buana Perjuangan Karawang
  • Puji Isyanto Universitas Buana Perjuangan Karawang

DOI:

https://doi.org/10.55681/economina.v2i8.692

Keywords:

Disiplin, Instansi, Pegawai

Abstract

Tujuan dilaksanakannya program kerja praktik adalah untuk mengimplementasikan ilmu yang diperoleh dari perkuliahan dengan dunia kerja guna mempelajari dan melakukan praktik kedisplinan pegawai secara langsung di DISPARBUD Kabupaten Karawang dan juga menambah wawasan sebelum memasuki dunia kerja yang bertujuan menambah pengalaman kerja untuk meningkatkan kedisplinan diri. Kajian ini dilakukan dengan metode implementatif berupa penjelasan deskriptif dari hasil kerja praktik, yang menggambarkan terjadinya peristiwa yang terjadi di Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Karawang dan bagaimana suatu fenomena dapat terjadi. Kedisiplinan kerja di Dinas Pariwisata Kabupaten Karawang masih belum baik, ada beberapa pegawai yang terlambat pada waktu yang ditentukan, proses pekerjaan tidak sesuai dengan waktu yang ditentukan. Kedisiplinan kerja sangat penting dimiliki oleh para pegawai, karena dengan disiplin maka produktivitas kerjanya akan lebih maksimal hasilnya, dalam dunia pekerjaan tentunya yang berhubungan dengan prestasi kerja pegawai, apabila para pegawainya taat menjalankan kedisiplinan dengan disiplin saat datang dan pulang kerja, tidak mengurangi dan melebihkan jam istirahat serta tidak meninggalkan pekerjaan nya selama jam kerja itulah ciri ciri pegawai yang bekerja dengan disiplin, dalam rangka meraih prestasi yang baik untuk jenjang karirnya. Untuk lebih meningkatkan kedisiplinan kerja para pegawai terutama dalam memberikan pengaruh yang positif terhadap prestasi kerja pegawai, maka perlu adanya kesadaran dari seorang pegawai dan ketegasan dalam pemberian sanksi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Bariroh, S. (2015). Analisis pengaruh kedisiplinan kerja guru terhadap prestasi belajar siswa pada Sma negeri 1 Bumiayu kabupaten Brebes. Jurnal Kependidikan, 3(2), 33-51.

Dewi, S. (2021). Buku Ajar Azas-Azas Manajemen.

Hartatik, I. P. (2014). Buku praktis mengembangkan SDM. Yogyakarta: Laksana.

Jhuji, E. a. (2020). Pengertian, Ruang Lingkup Manajemen, dan Kepemimpinan Pendidikan Islam. Jurnal Literasi Pendidikan Nusantara, 1(2), 113.

Larasati, S. (2018). Manajemen sumber daya manusia. Deepublish.

Luther Gulick. (2019). MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA Eri Susan 1. Jurnal Manajemen Pendidikan, 9(2), 952–962.

Purba, J. F. S., & Marbun, T. F. (2021). PENGARUH KEDISIPLINAN KERJA DAN PENGALAMAN KERJA TERHADAP PRESTASI KERJA PEGAWAI PADA DINAS PARIWISATA DAN KEBUDAYAAN KABUPATEN KARO. JURNAL GLOBAL MANAJEMEN, 10(2), 44–58.

Rahman, Y. A. (2020). Manajemen Sumber Daya Manusia. Tsaqofah; Jurnal Pendidikan Islam, 4(2), 1–23.

Rizki, A., & Suprajang, S. E. (2017). Analisis Kedisiplinan Kerja dan Lingkungan Kerja terhadap Kinerja pada Karyawan PT Griya Asri Mandiri Blitar. Jurnal Penelitian Manajemen Terapan (PENATARAN), 2(1), 49-56.

Salehah, A. (2018). Manajemen Kearsipan Dalam Ketatausahaan Di Min 3 Pringsewu. 1–114.

Suhesti, D., & Nurdin, M. A. F. (2019). Analisis Kedisiplinan Kerja Pegawai Pada Dinas Pedidikan Kabupaten Sukabumi. ECONEUR (Journal of Economics and Entrepreneurship), 2(1), 16-20.

Susanti, S. (2019). Analisis Kedisiplinan Kerja Terhadap Efektivitas Kerja Karyawan Pada PT. Telkom Plasa Wilayah Telekomunikasi Nusa Tenggara Barat.

Untari, D. (2018). Pengaruh Displin Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Pada PT. KIE Indonesia. Cano Ekonomos, 7(1), 1–15.

Wulandari, F. (2020). Manajemen Sumber Daya Manusia.

Andriani, A. D., Mulyana, A., Widarnandana, I. G. D., Armunanto, A., Sumiati, I., Susanti, L., & Dewi, I. C. (2022). Manajemen sumber daya manusia (Vol. 1). TOHAR MEDIA.

H. Andi Rasyid. (2017). Manajemen Pendidikan. Celebes Media Perkasa.

Samsur, R.M. (2020). Prosiding (Seminar Inovasi Manajemen Bisnis dan Akuntansi) ISSN Online 2686-1771. FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS UNIVERSITAS PGRI MADIUN

Downloads

Published

2023-08-07

How to Cite

Kirani, F., Yani, D., & Isyanto, P. (2023). ANALISIS KEDISPLINAN KERJA PEGAWAI DI BIDANG DESTINASI PARIWISATA PADA DINAS PARIWISATA DAN KEBUDAYAAN KARAWANG. JURNAL ECONOMINA, 2(8), 1903–1908. https://doi.org/10.55681/economina.v2i8.692