PENGEMBANGAN OBJEK WISATA BERBASIS ALAM DALAM MENDUKUNG PERTUMBUHAN EKONOMI MASYARAKAT SEKITAR WISATA KEDUNG MINTEN

Authors

  • Herica Christy Universitas Bhinneka PGRI
  • Muhammad Anasrulloh Universitas Bhinneka PGRI

DOI:

https://doi.org/10.55681/economina.v2i8.691

Keywords:

Objek Wisata, Pertumbuhan Ekonomi, Teknik Pengembangan

Abstract

Penelitian ini mengidentifikasi teknik pengembangan objek wisata untuk mendukung pertumbuhan ekonomi masyarakat sekitar wisata. Jenis Penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif yang menggunakan pendekatan kualitatif. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data adalah dengan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Teknik pengembangan objek wisata Kedung Minten adalah menggunakan teknik Carrying Capacity (Daya Dukung Kawasan) dengan memanfaatkan potensi yang dimiliki wisata yaitu menekankan pada ciri khas dan keunikan wisata. (2) Upaya yang dilakukan pengelola dalam mendukung pertumbuhanan ekonomi masyarakat, memberikan kesempatan masyarakat untuk berpartisipasi dalam kegiatan pengembangan dan menyediakan tempat berwirausaha bagi masyarakat sekitar wisata Kedung Minten.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Astuti, M. D. (2018). Analisis Dampak Pengembangan Pariwisata Terhadap Sosial Ekonomi Masyarakat. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9).

Desa Nglurup Kecamatan Sendang Kabupaten Tulungagung. (2022). https://nglurup.tulungagung.id/

Hadiyatno, D., Indriastuty, N., & Janah, U. (2018). PENGEMBANGAN WISATA LOKAL DI PESISIR MANGGAR KOTA BALIKPAPAN UNTUK PENINGKATAN PEREKONOMIAN MASYARAKAT SEKITAR. Jurnal Terapan Abdimas, 3(2), 127. https://doi.org/10.25273/jta.v3i2.2802

Hairunisya, N.-, Anggreini, D., & W.H, M. A. S. (2020). PEMBERDAYAAN DI SEKTOR PARIWISATA SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN PEREKONOMIAN MASYARAKAT. JURNAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT, 26(4), 241. https://doi.org/10.24114/jpkm.v26i4.20646

Hermawan, A. S. (2016). Dampak Pengembangan Desa Wisata Nglanggeran Terhadap Ekonomi Masyarakat Lokal.

I Gde Pitana, K. S. D. (2009). Pengantar Ilmu Ekonomi. Yogyakarta: CV ANDI OFFSET.

Karimah, S., & Hastuti, H. (2019). THE DEVELOPMENT STRATEGY OF LAKE KELIMUTU TOURIST ATTRACTION IN ENDE REGENCY. Geosfera Indonesia, 4(2). https://doi.org/10.19184/geosi.v4i2.9222

Mu’tamirudin. (2020). ANALISIS STRATEGI PENGEMBANGAN KAWASAN WISATA CURUG MUNDING KECAMATAN GUNUNGKENCANA KABUPATEN LEBAK PROVINSI BANTEN. VISIONER : Jurnal Pemerintahan Daerah Di Indonesia, 12(1), 125–141. https://doi.org/10.54783/jv.v12i1.267

Ramadan, R., & Harudu, L. (2019). STRATEGI DINAS PARIWISATA DALAM MENGEMBANGKAN OBJEK WISATA PANTAI KATEMBE DI DESA MADONGKA KECAMATAN LAKUDO KABUPATEN BUTON TENGAH. Jurnal Penelitian Pendidikan Geografi, 4(4), 191. https://doi.org/10.36709/jppg.v4i4.9300

Safi’i, D. N. (2020). Strategi Pengelolaan Dan Pengembangan Objek Wisata Cowindo Dalam Upaya Meningkatkan Perekonomian Di Wilayah Sendang Kabupaten Tulungagung. Skripsi IAIN Tulungagung.

Soeswoyo, D. M. (2019). KONTRIBUSI SEKTOR PARIWISATA DAN REALISASI RENCANA INDUK PEMBANGUNAN KEPARIWISATAAN KOTA. JURNAL SOSIAL HUMANIORA, 10(2), 108. https://doi.org/10.30997/jsh.v10i2.2024

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: CV Alfabeta.

Surwiyanta, A. (2021). Dampak Pengembangan Pariwisata terhadap Kehidupan Sosial Budaya dan Ekonomi. Media Wisata, 2(1). https://doi.org/10.36276/mws.v2i1.30

Undang-Undang Nomor 10 tahun 2009 tentang Kepariwisataan. (2009). https://jdih.kemenkeu.go.id/

Yoeti, O. A. (2008). Ekonomi Pariwisata: Introduksi, Informasi dan Implementasi. Jakarta: Kompas Media Nusantara.

Yunika, F., & Suryaningsih, T. (2020). Strategi Peningkatan Perekonomian Masyarakat Sekitar Daerah Wisata Pantai Prigi Kabupaten Trenggalek Tahun 2020. Literacy: Jurnal Pendidikan Ekonomi, 1(1), 28–34. https://doi.org/10.53682/literacyjpe.v1i1.3446

Downloads

Published

2023-08-07

How to Cite

Christy, H., & Anasrulloh, M. (2023). PENGEMBANGAN OBJEK WISATA BERBASIS ALAM DALAM MENDUKUNG PERTUMBUHAN EKONOMI MASYARAKAT SEKITAR WISATA KEDUNG MINTEN. JURNAL ECONOMINA, 2(8), 1893–1902. https://doi.org/10.55681/economina.v2i8.691