PERBEDAAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK DENGAN METODE SMALL GROUP DISCUSSION (SGD) TERHADAP KEAKTIFAN SISWA KELAS IX SMP NEGERI 1 BOYOLANGU

Authors

  • Dinda Suci Dewi Ayu Universitas Bhinneka PGRI Tulungagung
  • Sulastri Rini Rindrayani Universitas Bhinneka PGRI Tulungagung

DOI:

https://doi.org/10.55681/economina.v2i8.688

Keywords:

Keaktifan, Proyek, Small Group Discussion (SGD)

Abstract

Paradigma kurikulum 2013 merubah tatanan cara pembelajaran dari konvensional yang hanya dilakukan di dalam kelas menjadi peserta didik yang aktif memanfaatkan berbagai sumber belajar. Metode pembelajaran yang tepat dapat membentuk perilaku saintifik, sosial dan rasa ingin tahu pada siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan model pembelajaran proyek dengan metode Small Group Discussion (SGD) terhadap keaktifan siswa. Metode pengumpulan data berupa angket (kuestioner) dengan rancangan penelitian eksperimen. Analisis data dengan menggunakan Uji Independent Samples T-Test. Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa terdapat perbedaan secara signifikan antara model pembelajaran proyek dan Small Group Discussion (SGD) dengan t hitung 2,531 > t tabel 1,666 dengan nilai  Sig.0,014 > 0,05 berarti H1 diterima. Hasil rata – rata keaktifan dari model pembelajaran berbasis proyek sebesar 62,89 dan Small Group Discussion (SGD) sebesar 68,00 dengan selisih nilai sebesar 5,1 sehingga  dalam penelitian ini metode Small Group Discussion (SGD) lebih efektif dalam meningkatkan keaktifan siswa karena dari hasil analisis data memiliki perbedaan lebih tinggi sebesar 68,00.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aminullah. (2017). Membangun Generasi Berkarakter Melalui Pembelajaran Inovatif. Prosiding Seminar Nasional Pendidik Dan Pengembang Pendidikan Indonesia, 43–51.

Arifin, M. J., Cahyanto, I., & Ulfa’ngin, N. (2021). Efektivitas Model Pembelajaran Small Group Discussion (SGD) dalam Meningkatkan Kemampuan Literasi Ekonomi Syariah Mahasiswa (Studi di Institut Agama Islam Negeri Ponorogo). Lisyabab : Jurnal Studi Islam Dan Sosial, 2(1), 1–10.

Arikunto, S. (2011). Prosedur Penelitian : Suatu Pendekatan Praktik (Ed. Rev. V). Rineka Cipta.

Ghozali, I. (2016). Aplikasi analisis multivariete dengan program IBM SPSS 23 (Cet. VIII). Universitas Diponegoro.

Marelan, V. S. A. (2023). Pembelajaran Small Group Discussion Untuk Meningkatkan Keaktifan Siswa Dikelas Pada Siswa Kelas. 3(2), 1693–1698.

Nana, S. (2017). Dasar - Dasar Proses Belajar Mengajar (Cet.14). Sinar Baru Algensindo.

Ngalimun. (2018). Strategi dan Model Pembelajaran (Kedua). Aswaja Pressindo.

Prijanto, J. H., & Kock, F. De. (2021). Peran Guru Dalam Upaya Meningkatkan Keaktifan Siswa Dengan Menerapkan Metode Tanya Jawab Pada Pembelajaran Online. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 11(3), 238–251.

Purwanti, S. (2020). Penerapan small group discussion untuk meningkatkan hasil belajar dan keaktifan mahasiswa PGSD UAD. DIALEKTIKA Jurnal Pemikiran Dan Penelitian

Putriawati, W. (2019). Penerapan Metode Pembelajaran Small Group Discussion untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Keaktifan Mahasiswa. Prisma Sains : Jurnal Pengkajian Ilmu Dan Pembelajaran Matematika Dan IPA IKIP Mataram, 7(1),

Reka & Syahru Ramadhan. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Small Group Discussion ( SGD ) pada Pembelajaran Tematik untuk Meningkatkan Keaktifan Berbicara.

Rindrayani, N. R. S. R. (2022). Pengaruh Gender Dan Model Pembelajaran Kreatif Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi. Jurnal Economia, 1, 1–10.

Sani, R. A. (2014). Pembelajaran Siantifik Untuk Implementasi Kurikulum 2013 (Y. S. Hayati (ed.); Pertama). PT Bumi Aksara.

Smith, S. (2016). The Interdisciplinary Journal of Problem-based Learning ( Re ) Counting Meaningful Learning Experiences : Using Student-Created Reflective Videos to Make Invisible Learning Visible During PjBL Experiences. 10(1), 9–15.

Soifah, U. (2019). Metode Small Group Discussion Untuk Meningkatkan Kompetensi Membaca Teks Hortatory Exposition. Tajdidukasi: Jurnal Penelitian Dan Kajian Pendidikan Islam,

Sugiyono, P. D. (2013). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta Bandung.

Utama, K. O. D. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Hasil Belajar dan Keaktifan Siswa di SMK Negeri 1 Ngawen. Jurnal Pendidikan Teknik Otomotif.

Widiarini, P., Pramadi, I. P. W. Y., & Mardana, I. B. P. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Proyek Berbantu Lab Virtual Terhadap Kreativitas Mahasiswa. Orbita,

Wulandari, R. (2021). Pengaruh Project Based Learning Berbantuan Lapbook terhadap Keaktifan Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan: Teori Penelitian , Dan Pengembangan.

Downloads

Published

2023-08-07

How to Cite

Ayu, D. S. D., & Rindrayani, S. R. (2023). PERBEDAAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK DENGAN METODE SMALL GROUP DISCUSSION (SGD) TERHADAP KEAKTIFAN SISWA KELAS IX SMP NEGERI 1 BOYOLANGU. JURNAL ECONOMINA, 2(8), 1884–1892. https://doi.org/10.55681/economina.v2i8.688