PENGARUH KOMPETENSI KEAHLIAN AKUNTANSI 4.0 DAN PENGALAMAN PRAKERIN 4.0 TERHADAP KESIAPAN KERJA 4.0

Authors

  • Johan Rianto Universitas Bhinneka PGRI
  • Sulastri Rini Rindrayani Universitas Bhinneka PGRI

DOI:

https://doi.org/10.55681/economina.v2i7.684

Keywords:

Kesiapan Kerja 4.0, Kompetensi Keahlian Akuntansi 4.0, Pengalaman Prakerin 4.0

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui adakah pengaruh antara variabel Kompetensi Keahlian Akuntansi 4.0 (X1) dan Pengalaman Prakerin 4.0 (X2) terhadap Kesiapan Kerja 4.0 (Y). Metode pengumpulan datanya adalah kuesioner. Teknik sampling menggunakan proporsional random sampling. Dari hasil analisis data diperoleh Fhitung 4489,826 > F tabel 3,120 maka H0 ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan hasil dari uji koefisien determinasi diperoleh nilai 0,992 artinya secara simultan pengaruh X1 dan X2 terhadap Y adalah sebesar 99,2%. Dapat disimpulkan bahwa “Ada Pengaruh yang Signifikan antara Kompetensi Keahlian Akuntansi 4.0 dan Pengalaman Prakerin 4.0 terhadap Kesiapan Kerja 4.0 Siswa Kelas XI AK SMKN 2 Tulungagung Tahun Pelajaran 2023/2024. Hasil penelitian ini dapat dijadikan sebagai bahan referensi yang berkaitan dengan kesiapan kerja 4.0.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arif, I., Marji, M., & Patmanthara, S. (2021). Peran Disiplin Kerja Terhadap Kesiapan Kerja Siswa SMK. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 5(11), 1689. https://doi.org/10.17977/jptpp.v5i11.14207

Cahyaningrum, D., & Martono, S. (2019). PENGARUH PRAKTIK KERJA INDUSTRI, BIMBINGAN KARIR, PENGUASAAN SOFT SKILL, DAN KOMPETENSI KEJURUAN TERHADAP KESIAPAN KERJA SISWA. Economic Education Analysis Journal, 7(3), 1193–1206. https://doi.org/10.15294/eeaj.v7i3.28349

Eliyani, C. (2018). PERAN EFIKASI DIRI SEBAGAI VARIABLE MODERATING DARI PENGARUH PENGALAMAN PRAKTIK KERJA INDUSTRI TERHADAP KESIAPAN KERJA. Jurnal Mandiri, 2(1). https://doi.org/10.33753/mandiri.v2i1.30

Istikomah, H., & Subiyantoro, H. (2020). PENGARUH KOMPETENSI AKUNTANSI KEUANGAN DAN PENGALAMAN PRAKERIN TERHADAP KESIAPAN KERJA SISWA KELAS XII AK SMKN 1 REJOTANGAN TAHUN AJARAN 2020/2021. Literacy: Jurnal Pendidikan Ekonomi, 1(1), 9–14. https://doi.org/10.53682/literacyjpe.v1i1.3447

Lestari, M. D., Yuliani, T., & Nur’aini, T. A. (2019). PENGARUH PRAKTIK KERJA INDUSTRI (PRAKERIN) DAN MOTIVASI MEMASUKI DUNIA KERJA TERHADAP KESIAPAN KERJA PESERTA DIDIK KELAS XI AKUNTANSI SMK NEGERI 2 BALIKPAPAN TAHUN AJARAN 2018/2019. Jurnal Edueco, 2(2). https://doi.org/10.36277/edueco.v2i2.39

Nugroho, M. R. A., Murtini, W., & Subarno, A. (2020). PENGARUH PRAKTIK KERJA INDUSTRI DAN EFIKASI DIRI TERHADAP KESIAPAN KERJA SISWA DI SMK NEGERI 3 SURAKARTA. Jurnal Informasi Dan Komunikasi Administrasi Perkantoran, 4(1).

Nurhayati, & Kusmuriyanto. (2019). Pengaruh Kompetensi Produktif Akuntansi, Prakerin, dan Lingkungan Keluarga Melalui Efikasi Diri Terhadap Kesiapan Kerja. Economic Education Analysis Journal, 8(2).

Nurussyifa, R., & Listiadi, A. (2021). Pengaruh Mata Diklat Produktif Akuntansi, Kompetensi Siswa, dan Lingkungan Keluarga Terhadap Kesiapan Kerja Melalui Mediasi Efikasi Diri. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha, 13(1), 164. https://doi.org/10.23887/jjpe.v13i1.33011

Rahmawati, D. U., Muhtar, & Jaryanto. (2020). Hubungan Prestasi Belajar Kognitif Akuntansi dan Pengalaman Praktik Kerja Industri Dengan Kesiapan Kerja Siswa Kelas XII Akuntansi SMK Negeri X Surakarta. Tata Arta : Jurnal Pendidikan Akuntansi, 6(1).

Riyanti, S., & Kasyadi, S. (2021). Motivasi dan Pengalaman Praktek Kerja Industri Mempengaruhi Kesiapan Kerja Siswa: Studi pada SMK Swasta di Kabupaten Bogor. Jurnal Pendidikan IPS, 4(1).

Sari, R. E., & Wahyono, W. (2020). PENGARUH PRAKTIK KERJA INDUSTRI, MOTIVASI KERJA DAN KOMPETENSI SISWA TERHADAP KESIAPAN KERJA. Business and Accounting Education Journal, 1(2), 203–212. https://doi.org/10.15294/baej.v1i2.42197

Setiadi, S., & Sumaryoto. (2021). Motivasi Memasuki Dunia Kerja dan Pengalaman Praktik Kerja Industri Mempengaruhi Kesiapan Kerja Siswa. Jurnal Pendidikan IPS, 4(2).

Soebijono, T., & Erstiawan, M. S. (2020). Peranan Revolusi Industri 4.0 Terhadap Mutu Pendidikan Sekolah Menengah Kejuruan Jurusan Akuntansi. BIP’s JURNAL BISNIS PERSPEKTIF, 12(2), 115–122. https://doi.org/10.37477/bip.v12i2.97

Yusadinata, A. S., Machmud, A., & Santoso, B. (2021). Pengaruh Pengalaman Praktik Kerja Industri (Prakerin), Informasi Dunia Kerja dan Motivasi Memasuki Dunia Kerja terhadap Kesiapan Kerja Siswa SMK. EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 3(6), 4108–4117. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i6.1318

Downloads

Published

2023-07-11

How to Cite

Rianto, J., & Rindrayani, S. R. (2023). PENGARUH KOMPETENSI KEAHLIAN AKUNTANSI 4.0 DAN PENGALAMAN PRAKERIN 4.0 TERHADAP KESIAPAN KERJA 4.0. JURNAL ECONOMINA, 2(7), 1865–1875. https://doi.org/10.55681/economina.v2i7.684