PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN KESADARAN WAJIB PAJAK TERHADAP KEPATUHAN MEMBAYAR PAJAK KENDARAAN BERMOTOR (Studi pada Samsat Konawe)

Authors

  • Angelina Yenny Ringan Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Enam Enam Kendari

DOI:

https://doi.org/10.55681/economina.v2i7.667

Keywords:

Kepatuhan Wajib Pajak, Kesadaran Wajib Pajak, Kualitas Pelayanan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh: 1) Kualitas pelayanan dan kesadaran wajib pajak terhadap kepatuhan membayar pajak kendaraan bermotor pada Samsat Konawe, 2) Kualitas pelayanan terhadap kepatuhan membayar pajak kendaraan bermotor pada Samsat Konawe dan 3) Kesadaran wajib pajak terhadap kepatuhan membayar pajak kendaraan bermotor pada Samsat Konawe. Penelitian ini dilaksanakan pada Samsat Konawe, Untuk menganalisis pengaruh kualitas pelayanan dan kesadaran wajib pajak terhadap kepatuhan membayar pajak pada Samsat Konawe. Populasi penelitian ini adalah seluruh wajib pajak kendaraan bermotor yang terdaftar di Samsat Konawe pada tahun 2020 sebanyak 89.835 orang. Penentuan sampel menggunakan rumus Slovin sehingga diperoleh jumlah sampel sebanyak 100 orang. Analisis data menggunakan analisis deskriptif dan regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Kualitas pelayanan dan kesadaran wajib pajak berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepatuhan membayar pajak kendaraan bermotor pada Samsat Konawe, 2) Kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepatuhan membayar pajak kendaraan bermotor pada Samsat Konawe dan 3) Kesadaran wajib pajak berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepatuhan membayar pajak kendaraan bermotor pada Samsat Konawe.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Akbar, M. A., Sebrina, N., & Taqwa, S. 2019. Pengaruh Kesadaran Wajib Pajak, Sanksi Administrasi Dan Pengetahuan Pajak Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Generasi Millenial Di Kota Padang. Jurnal Eksplorasi Akuntansi, 1(1), 306- 319.

Aprilliyana, Putri. 2017. Pengaruh Tarif Pajak, Kesadaran Dan Sanksi Perpajakan Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Kendaraan Bermotor Studi Pada Wpop Samsat Kota Surakarta. Skripsi Jurusan Akuntansi Syariah Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam Institut Agama Islam Negeri Surakarta.

Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta

Damas Dwi, Anggoro. 2017. Pajak Daerah dan Retribusi Daerah. Malang: UB Press

Devano dan Rahayu, 2016. Perpajakan: Konsep, Teori, dan Isu. Kencana. Jakarta.

Ely Suhayati., dan Siti Kurnia Rahayu. 2010. Auditing, Konsep Dasar dan Pedoman Pemeriksaan Akuntan Publik. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Eken Patmasari, Trimurti, dan Suhendro . 2016. Pengaruh Pelayanan, Sanksi, Sistem Perpajakan Kesadaran Wajib Pajak terhadap Kepatuhan Membayar Pajak Bumi dan Bangunan di Desa Tirtosuworo, Giriwoyo, Wonogiri. Seminar Nasional IENACO – 2016 ISSN: 2337 – 4349

Edi Sudiarto. 2020. Kesadaran Wajib Pajak, Sanksi Wajib Pajak Dan Pengetahuan Wajib Pajak Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Pada Kendaraan Bermotor Di Kota Malang. INSPIRASI; Jurnal Ilmu-ilmu Sosial Vol.17, No.2, 2020.

Ghozali, Imam. 2011. Aplikasi Analisis Multivariat Dengan Program SPSS. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Hardiansyah, 2011, Kualitas Pelayanan Publik; Konsep, Dimensi, Indikator, dan Implementasinya. Gava Media: Yogyakarta.

Irianto, Slamet Edi, 2015, Politik Perpajakan: Membangun Demokrasi Negara, UII Press, Yogyakarta.

Keputusan Menteri Keuangan Republik Indonesia Nomor 544/KMK.04/2000 Tentang Kriteria Wajib Pajak Yang Dapat Diberikan Pengembalian Pendahuluan Kelebihan Pembayaran Pajak.

Kilapong G. Ester dkk. 2017. Pengaruh Kualitas Pelayanan Pajak Dan Pengetahuan Wajib Pajak Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi Di Kelurahan Kleak Kecamatan Malalayang Kota Manado. Jurnal Riset Akuntansi Going Concern 12(2), 2017, 523-530.

Kotler, Phillip.2016. Manajemen Pemasaran edisi 12 Jilid 1. & 2.Jakarta: PT. Indeks.

Malhotra, Naresh K.2010. Riset Pemasaran (Marketing Research) (Edisi 4 Jilid 1).New Jersey,. Indonesia: PT. Indeks.

Mangkoesoebroto, Guritno. 2018. Ekonomi Publik. Yogyakarta: BPFE.

Manik, Asri Wuri. 2009. Pengaruh Kualitas Pelayanan, Biaya Kepatuhan Pajak, dan Kesadaran Wajib Pajak pada Kepatuhan Pelaporan Wajib Pajak Badan yang Terdaftar di Kantor Pelayanan Pajak Madya Denpasar. Skripsi Jurusan Akuntansi Pada Fakultas Ekonomi Universitas Udayana.

Nasution. 2011. Perpajakan. Jakarta: Bumi Aksara

Nana Adriana Erwis. 2012. Efektivitas Penagihan Pajak Dengan Surat Teguran dan Surat Paksa Terhadap Penerimaan Pajak Pada Kantor Pelayanan Pajak Pratama Makasar Selatan. Skripsi, Universitas Hasanuddin, Makassar.

Nofian Lepong Bulan dkk. 2019. Pengaruh Kesadaran Wajib Pajak Dan Akuntabilitas Pelayanan Publik Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Kendaraan Bermotor Pada Kantor Samsat Kota Kendari. Jurnal Progres Ekonomi Pembangunan (JPEP) Volume 5, Nomor 1, Tahun 2020 Page: 71-82 e-ISSN: 2052- 5171.

Nurmantu, Safri. 2015, Pengantar Perpajakan, Jakarta: Granit.

Nurus Sarifah. 2020. Pengaruh Kesadaran Wajib Pajak Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Kendaraan Bermotor Lima Tahunan (Studi di Kantor Bersama Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap Soebandi Kabupaten Jember. Jurnal Pendidikan Ekonomi: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi, dan Ilmu Sosial ISSN 1907-9990 | E-ISSN 2548-7175 | Volume 14 Nomor 2 (2020)

Safri Nurmantu, 2015, Pengantar Perpajakan, Jakarta: Granit

Rochmat Soemitro, S.H. 2012. Dasar dasar Hukum Pajak dan Pajak. Pendapatan. Bandung: Eresco.

Ratu Rima Marfila dkk. 2019. Pengaruh Kualitas Pelayanan Pajak dan Pengetahuan Pajak Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Dalam Membayar Pajak Kendaraan Bermotor (Survey Pada Wajib Pajak di SAMSAT Pajajaran Kota Bandung. Kajian Akuntansi Universitas Islam Bandung Volume 20 No.1, Maret 2019.

Rizky Fitra Ramdani dkk. 2019. Pengaruh Kesadaran Wajib Pajak dan Kualitas Pelayanan Pajak Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Kendaran Bermotor. Vol. 1, No. 1, Desember 2019, Halaman 72-95.

Situmorang, Syafrizal Helmi dan Muslich Lutfi, 2011. Analisis Data Untuk Riset. Manajemen Dan Bisnis, Edisi 2, USU Press, Medan.

Sri Putri, 2014. Pengaruh Sanksi Perpajakan, Kesadaran Perpajakan, Pelayanan Fiskus, Dan Tingkat Pemahaman Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi (Studi Empiris pada Wajib Pajak Orang Pribadi yang terdaftar di KPP Pratama Padang), Artikel Ilmiah, Universitas Negeri Padang.

Supadmi, Ni Luh. 2009. Meningkatkan Kepatuhan Wajib Pajak Melalui Kualitas Pelayanan. Jurnal Akuntansi & Bisnis, Vol. 4, No. 2, Hal:1-14.

Susilawati, dkk. 2013. Pengaruh Kesadaran Wajib Pajak, Pengetahuan Pajak, Sanksi Perpajakan Dan Akuntansi Pelayanan Publik Pada Kepatuhan Wajib Pajak Kendaraan Bermotor. Jurnal Akuntansi Universitas Udayana.

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif,. Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Tjiptono, Fandy. 2014. Pemasaran Jasa. Andi: Yogyakarta

Undang-Undang Nomor 22 tahun 1999 Tentang Pemerintahan Daerah

Undang-Undang Nomor 25 tahun 1999 Tentang Perimbangan Keuangan Pusat Dan Daerah

Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2009 tentang Pajak Daerah dan Retribusi Daerah

Waluyo. 2013. Perpajakan Indonesia. Jakarta: Salemba Empat.

Wardani, Dewi K dan Rumiyatun.2017. Pengaruh Pengetahuan Wajib Pajak, Kesadaran Wajib Pajak, Sanksi Pajak Kendaraan Bermotor, Dan Sistem Samsat Drive Thru Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Kendaraan Bermotor (Studi kasus WP PKB roda empat di Samsat Drive Thru Bantul). Jurnal Akuntasi Vol 5 (1).

Wahyuni, Ning. 2013. Pengaruh Kesadaran, Penerapan Self Assesment System dan Pemeriksaan terhadap Kewajiban Membayar Pajak Orang Pribadi. Jurnal Universitas Negeri Semarang.

Akbar, M. A., Sebrina, N., & Taqwa, S. 2019. Pengaruh Kesadaran Wajib Pajak, Sanksi Administrasi Dan Pengetahuan Pajak Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Generasi Millenial Di Kota Padang. Jurnal Eksplorasi Akuntansi, 1(1), 306- 319.

Aprilliyana, Putri. 2017. Pengaruh Tarif Pajak, Kesadaran Dan Sanksi Perpajakan Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Kendaraan Bermotor Studi Pada Wpop Samsat Kota Surakarta. Skripsi Jurusan Akuntansi Syariah Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam Institut Agama Islam Negeri Surakarta.

Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta

Damas Dwi, Anggoro. 2017. Pajak Daerah dan Retribusi Daerah. Malang: UB Press

Devano dan Rahayu, 2016. Perpajakan: Konsep, Teori, dan Isu. Kencana. Jakarta.

Ely Suhayati., dan Siti Kurnia Rahayu. 2010. Auditing, Konsep Dasar dan Pedoman Pemeriksaan Akuntan Publik. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Eken Patmasari, Trimurti, dan Suhendro . 2016. Pengaruh Pelayanan, Sanksi, Sistem Perpajakan Kesadaran Wajib Pajak terhadap Kepatuhan Membayar Pajak Bumi dan Bangunan di Desa Tirtosuworo, Giriwoyo, Wonogiri. Seminar Nasional IENACO – 2016 ISSN: 2337 – 4349

Edi Sudiarto. 2020. Kesadaran Wajib Pajak, Sanksi Wajib Pajak Dan Pengetahuan Wajib Pajak Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Pada Kendaraan Bermotor Di Kota Malang. INSPIRASI; Jurnal Ilmu-ilmu Sosial Vol.17, No.2, 2020.

Ghozali, Imam. 2011. Aplikasi Analisis Multivariat Dengan Program SPSS. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Hardiansyah, 2011, Kualitas Pelayanan Publik; Konsep, Dimensi, Indikator, dan Implementasinya. Gava Media: Yogyakarta.

Irianto, Slamet Edi, 2015, Politik Perpajakan: Membangun Demokrasi Negara, UII Press, Yogyakarta.

Keputusan Menteri Keuangan Republik Indonesia Nomor 544/KMK.04/2000 Tentang Kriteria Wajib Pajak Yang Dapat Diberikan Pengembalian Pendahuluan Kelebihan Pembayaran Pajak.

Kilapong G. Ester dkk. 2017. Pengaruh Kualitas Pelayanan Pajak Dan Pengetahuan Wajib Pajak Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi Di Kelurahan Kleak Kecamatan Malalayang Kota Manado. Jurnal Riset Akuntansi Going Concern 12(2), 2017, 523-530.

Kotler, Phillip.2016. Manajemen Pemasaran edisi 12 Jilid 1. & 2.Jakarta: PT. Indeks.

Malhotra, Naresh K.2010. Riset Pemasaran (Marketing Research) (Edisi 4 Jilid 1).New Jersey,. Indonesia: PT. Indeks.

Mangkoesoebroto, Guritno. 2018. Ekonomi Publik. Yogyakarta: BPFE.

Manik, Asri Wuri. 2009. Pengaruh Kualitas Pelayanan, Biaya Kepatuhan Pajak, dan Kesadaran Wajib Pajak pada Kepatuhan Pelaporan Wajib Pajak Badan yang Terdaftar di Kantor Pelayanan Pajak Madya Denpasar. Skripsi Jurusan Akuntansi Pada Fakultas Ekonomi Universitas Udayana.

Nasution. 2011. Perpajakan. Jakarta: Bumi Aksara

Nana Adriana Erwis. 2012. Efektivitas Penagihan Pajak Dengan Surat Teguran dan Surat Paksa Terhadap Penerimaan Pajak Pada Kantor Pelayanan Pajak Pratama Makasar Selatan. Skripsi, Universitas Hasanuddin, Makassar.

Nofian Lepong Bulan dkk. 2019. Pengaruh Kesadaran Wajib Pajak Dan Akuntabilitas Pelayanan Publik Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Kendaraan Bermotor Pada Kantor Samsat Kota Kendari. Jurnal Progres Ekonomi Pembangunan (JPEP) Volume 5, Nomor 1, Tahun 2020 Page: 71-82 e-ISSN: 2052- 5171.

Nurmantu, Safri. 2015, Pengantar Perpajakan, Jakarta: Granit.

Nurus Sarifah. 2020. Pengaruh Kesadaran Wajib Pajak Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Kendaraan Bermotor Lima Tahunan (Studi di Kantor Bersama Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap Soebandi Kabupaten Jember. Jurnal Pendidikan Ekonomi: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi, dan Ilmu Sosial ISSN 1907-9990 | E-ISSN 2548-7175 | Volume 14 Nomor 2 (2020)

Safri Nurmantu, 2015, Pengantar Perpajakan, Jakarta: Granit

Rochmat Soemitro, S.H. 2012. Dasar dasar Hukum Pajak dan Pajak. Pendapatan. Bandung: Eresco.

Ratu Rima Marfila dkk. 2019. Pengaruh Kualitas Pelayanan Pajak dan Pengetahuan Pajak Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Dalam Membayar Pajak Kendaraan Bermotor (Survey Pada Wajib Pajak di SAMSAT Pajajaran Kota Bandung. Kajian Akuntansi Universitas Islam Bandung Volume 20 No.1, Maret 2019.

Rizky Fitra Ramdani dkk. 2019. Pengaruh Kesadaran Wajib Pajak dan Kualitas Pelayanan Pajak Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Kendaran Bermotor. Vol. 1, No. 1, Desember 2019, Halaman 72-95.

Situmorang, Syafrizal Helmi dan Muslich Lutfi, 2011. Analisis Data Untuk Riset. Manajemen Dan Bisnis, Edisi 2, USU Press, Medan.

Sri Putri, 2014. Pengaruh Sanksi Perpajakan, Kesadaran Perpajakan, Pelayanan Fiskus, Dan Tingkat Pemahaman Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi (Studi Empiris pada Wajib Pajak Orang Pribadi yang terdaftar di KPP Pratama Padang), Artikel Ilmiah, Universitas Negeri Padang.

Supadmi, Ni Luh. 2009. Meningkatkan Kepatuhan Wajib Pajak Melalui Kualitas Pelayanan. Jurnal Akuntansi & Bisnis, Vol. 4, No. 2, Hal:1-14.

Susilawati, dkk. 2013. Pengaruh Kesadaran Wajib Pajak, Pengetahuan Pajak, Sanksi Perpajakan Dan Akuntansi Pelayanan Publik Pada Kepatuhan Wajib Pajak Kendaraan Bermotor. Jurnal Akuntansi Universitas Udayana.

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif,. Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Tjiptono, Fandy. 2014. Pemasaran Jasa. Andi: Yogyakarta

Undang-Undang Nomor 22 tahun 1999 Tentang Pemerintahan Daerah

Undang-Undang Nomor 25 tahun 1999 Tentang Perimbangan Keuangan Pusat Dan Daerah

Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2009 tentang Pajak Daerah dan Retribusi Daerah

Waluyo. 2013. Perpajakan Indonesia. Jakarta: Salemba Empat.

Wardani, Dewi K dan Rumiyatun.2017. Pengaruh Pengetahuan Wajib Pajak, Kesadaran Wajib Pajak, Sanksi Pajak Kendaraan Bermotor, Dan Sistem Samsat Drive Thru Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Kendaraan Bermotor (Studi kasus WP PKB roda empat di Samsat Drive Thru Bantul). Jurnal Akuntasi Vol 5 (1).

Wahyuni, Ning. 2013. Pengaruh Kesadaran, Penerapan Self Assesment System dan Pemeriksaan terhadap Kewajiban Membayar Pajak Orang Pribadi. Jurnal Universitas Negeri Semarang.

Downloads

Published

2023-07-09

How to Cite

Ringan, A. Y. (2023). PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN KESADARAN WAJIB PAJAK TERHADAP KEPATUHAN MEMBAYAR PAJAK KENDARAAN BERMOTOR (Studi pada Samsat Konawe). JURNAL ECONOMINA, 2(7), 1699–1718. https://doi.org/10.55681/economina.v2i7.667