PENGARUH MEDIA SOSIAL INSTAGRAM DAN TEMAN SEBAYA TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF MAHASISWA PENDIDIKAN EKONOMI DI UNIVERSITAS BHINNEKA PGRI

Authors

  • Laili Nur Endah Sari Universitas Bhinneka PGRI Tulungagung
  • Muhammad Anasrulloh Universitas Bhinneka PGRI Tulungagung

DOI:

https://doi.org/10.55681/economina.v2i7.660

Keywords:

Media Sosial Instagram, Perilaku Konsumtif, Teman Sebaya

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui Pengaruh Media Sosial Instagram dan Teman Sebaya terhadap Perilaku Konsumtif. Jenis Penelitian ini adalah kuantitatif korelasi. Populasi yang digunakan seluruh mahasiswa Pendidikan Ekonomi, dengan sampel 79 mahasiswa. Metode pengambilan data menggunakan kuesioner. Hasil penelitian secara parsial menunjukan jika media sosial Instagram tidak berpengaruh signifikan terhadap perilaku konsumtif dengan hasil thitung<ttabel sebesar 1,393<1,664, dan Teman Sebaya terhadap Perilaku konsumtif berpengaruh signifikan dengan nilai thitung>ttabel sebesar 6,980>1,664. Sedangkan secara simultan Media Sosial Instagram dan Teman Sebaya berpengaruh signifikan dan positif terhadap Perilaku Konsumtif dengan hasil Fhitung>Ftabel 64,008>3,117. Nilai Adjusted R2 sebesar 0.618 yang memiliki arti jika perubahan perilaku konsumtif dipengaruhi oleh perubahan media sosial Instagram dan teman sebaya sebesar 61,8%, dan sisanya 38,2% dipengaruhi faktor yang lain.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amaliya, L., Setiaji, K., Pd, S., Pd, M., & Artikel, S. (2017). Pengaruh Penggunaan Media Sosial Instagram,Teman Sebaya Dan Status Sosial Ekonomi Orangtua Terhadap Perilaku Konsumtif Siswa (Studi Kasus Pada Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Semarang) Info Artikel Abstrak.

Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik.

Ghozali, I. (2016a). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 23 (Edisi 8) Cetakan VIII. Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Ghozali, I. (2016b). Aplikasi Analisis Multivariete IBM SPSS 23.

Hurbania, I. (2021). Pengaruh Media Sosial Instagram, Teman Sebaya , Status Sosial Ekonomi Orang Tua, dan Gaya Hidup Terhadap Perilaku Konsumtif Siswa Kelas X SMAN 1 Tanjung Bumi. Thesis.

Khrishananto, R., & Adriansyah, M. A. (2021). Pengaruh Intensitas Penggunaan Media Sosial Instagram dan Konformitas Terhadap Perilaku Konsumtif di Kalangan Generasi Z. Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi, 9(2), 323. https://doi.org/10.30872/psikoborneo.v9i2.5973

Kurniawan, F., Hasibuan, I., William, M. J., Ps, I. V, Baru, K., Percut, K., Tuan, S., Serdang, D., & Utara, S. (2021). Pengaruh Pemanfaatan Media Sosial Instagram Terhadap Perilaku Konsumtif Remaja Usia 15-18 Tahun Di Lingkungan II Kelurahan Dwikora Helvetia. In Jurnal Pendidikan Luar Sekolah (Vol. 5, Issue 2).

Lestari, F. (2022). Pengaruh konsep diri, gaya hidup dan penggunaan media sosial instagram terhadap perilaku konsumtif remaja muslim di madiun. 2(2), 229–244.

Lindratno, N. E. N., & Anasrulloh, M. (2022). Pengaruh Gaya Hidup Dan Pengendalian Diri Terhadap Perilaku Konsumtif Masyarakat Tulungagung (Studi Kasus Pada Rumah Putih Coffee House). Jurnal Economina, 1(2), 272–284. https://doi.org/10.55681/economina.v1i2.43

Miranda, S., Evawani, P. :, Lubis, E., Jurusan, M. S., Komunikasi, I., Riau, U., Kampus, P., Widya, B., Soebrantas, J. H., 12, K., & Pekanbaru, S. B. (2017). Pengaruh Instagram Sebagai Media Online Shopping Fashion Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswi Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik Universitas Riau. Jom Fisip, 4(1), 1–14.

Mustomi, D., & Puspasari, A. (2020). Pengaruh Media Sosial Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa. CERMIN: Jurnal Penelitian, 4(1), 133. https://doi.org/10.36841/cermin_unars.v4i1.496

Ninik Srijani, K. ,. (2018). Pengaruh Media Sosial dan Teman Sebaya terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa. EQUILIBRIUM : Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Pembelajarannya, 6(1), 61. https://doi.org/10.25273/equilibrium.v6i1.2186

Raprayogha, R., Kara, M., & Dahlan, N. (2021). Pengaruh Media Sosial Instagram, Kelompok Teman Sebaya Dan Lifestyle Terhadap Perilaku Konsumtif Pada Mahasiswa Perguruan Tinggi Negeri Di Kota Makassar. Jurnal Lembaga Keuangan, Ekonomi Dan Bisnis Islam, 3(2), 2021.

Riduwan. (2014). Metode & Teknik Penyusunan Proposal Penelitian. Alfabeta.

Rozaini, N. R. (2021). Pengaruh Online Shop Instagram Dan Kelompok Teman Sebaya Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Angkatan 2017 Universitas negeri Medan. Niagawan, 10(1), 102. https://doi.org/10.24114/niaga.v10i1.23664

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta, CV.

Susanti, S. (2016). Pengaruh Pergaulan Teman Sebaya Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa Pendidikan Ekonomi FKIP Untan Pontianak. Jurnal Untan, 1–13.

Downloads

Published

2023-07-07

How to Cite

Sari, L. N. E., & Anasrulloh, M. (2023). PENGARUH MEDIA SOSIAL INSTAGRAM DAN TEMAN SEBAYA TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF MAHASISWA PENDIDIKAN EKONOMI DI UNIVERSITAS BHINNEKA PGRI. JURNAL ECONOMINA, 2(7), 1639–1652. https://doi.org/10.55681/economina.v2i7.660